Menantang Diri Kita

Kita juga takut melakukan sesuatu di luar kebiasaan sehingga terkurung di lingkaran yang aman tetapi membelenggu kita dari kreativitas.

677 views   |   shares
  • Orang-orang yang jenius, orang-orang yang berhasil menemukan sesuatu yang baru, memiliki jalan pikiran yang berbeda dari orang biasa. Selain terpilih untuk menerima ilham, mereka juga berpikir di luar lingkaran. Manusia menjalankan hidupnya sesuai dengan segala sesuatu yang umum baginya. Seperti Shinta yang dilarang Rama keluar dari lingkaran yang dibuat untuk melindunginya dari hal-hal buruk dan jahat. Kita juga takut melakukan sesuatu di luar kebiasaan sehingga terkurung di lingkaran yang aman tetapi membelenggu kita dari kreativitas. Dalam hal apa saja kita bisa menantang diri kita dan keluar dari lingkaran?

  • Idol

  • Jika Anda pernah menonton tayangan Idol, baik American Idol maupun Indonesian Idol, Anda mungkin pernah mendengar juri berkata kepada peserta yang menyanyi dengan bagus bahwa dia harus keluar dari kenyamanannya. Maksudnya agar tidak menyanyikan lagu yang mudah baginya tetapi juga lagu yang sulit, yang memberinya tantangan untuk menyanyi lebih baik lagi. Begitu pula kita, janganlah kita memilih sesuatu yang gampang dikerjakan, tetapi cobalah mengerjakan sesuatu yang memberi tantangan bagi kita supaya menjadi lebih terampil. Seperti anak kecil yang belajar naik sepeda dengan menggunakan ban-ban kecil tambahan supaya tidak jatuh. Jika dia terus takut dan tidak mau ban-ban itu dilepas, dia tidak akan mampu naik sepeda selamanya. Dengan jatuh bangun dia belajar menguasai keterampilan naik sepeda.

  • Picasso

  • Seorang anak teman saya ditegur gurunya karena mewarnai daun dengan warna coklat. Gurunya ingin daun selalu digambar dengan warna hijau. Dia tidak menghargai kreativitas muridnya yang melihat bahwa daun di musim gugur banyak yang berwarna coklat. Bahkan di negara yang tidak memiliki empat musim daun-daun berguguran berwarna coklat karena kering. Kalau seorang pelukis semasa muda dilarang gurunya menggambar karena bentuknya tidak keruan, tidak ada Pablo Picasso yang terkenal itu.

  • Margaret Keane

  • Seorang pelukis Amerika yang terkenal dengan lukisan anak-anak bermata besar semula takut atas tekanan suaminya, Walter dan membiarkan suaminya mengakui karya-karyanya. Namun karena suaminya bertingkah semakin brutal, dia lari bersama anaknya meninggalkan rumahnya yang mewah, lukisan-lukisannya yang berharga mahal dan memulai hidup baru di Hawaii. Belakangan dia menuntut suaminya di pengadilan karena mengakui lukisan-lukisannya sebagai miliknya. Dia keluar dari lingkarannya yang nyaman karena tidak ingin berbohong, bahkan terhadap anaknya sendiri, lebih lama lagi. Cerita hidupnya yang menarik diangkat ke layar perak oleh sutradara kawakan Tim Burton, salah seorang penggemar lukisannya. Perjuangan Margaret dapat disaksikan dalam film Big Eyes.

  • Advertisement
  • Bung Karno

  • Para pahlawan negara kita bertekad untuk meninggalkan kenyamanan yang diberikan penjajah. Mereka keluar dari lingkaran untuk menantang diri mereka dan rakyat supaya berjuang demi kemerdekaan. Revolusi adalah keberanian untuk mengalami perubahan yang mendadak. Dari kenyamanan menjadi penuh penderitaan. Salah satu contohnya presiden pertama kita Bung Karno, yang memproklamirkan kemerdekaan negara kita. Dia dibuang ke Ende dan Bengkulu karena berani menantang penjajah. Pangeran Diponegoro dikejar-kejar Belanda dan meninggalkan kenyamanan hidupnya sebagai pangeran demi keluar dari penjajahan. Ibu Kartini memperjuangkan hak-hak kaum wanita karena merasa tertantang untuk berbicara membela kaum yang lemah.

  • Dua bersaudara Wright

  • Para penemu pesawat terbang, mungkin ditertawakan orang-orang yang mendengar cita-citanya. Tetapi mereka gigih menantang diri mereka untuk memperjuangkan cita-citanya. Begitu pula Alexander Graham Bell, bapak telepon, yang dengan ciptaannya berhasil mendekatkan hubungan antar manusia. Banyak lagi penemu lainnya yang harus kita hargai karena tanpa penemuan mereka kita akan tetap terbelakang. Selain diberkati dengan ilham yang luar biasa, mereka juga tekun menantang dirinya untuk berhasil dalam penemuannya.

  • Kini giliran Anda untuk menantang diri Anda dan keluar dari lingkaran Anda yang nyaman. Jangan khawatir dianggap sinting karena penemuan atau perjuangan Anda. Lihatlah contohnya, Lady Gaga, penyanyi kondang itu. Walaupun sebagian orang tidak menyukainya karena dandanannya yang aneh-aneh tetapi kenyataannya dia terkenal dan banyak dikagumi orang juga. Seandainya dia takut-takut mungkin sampai sekarang tidak seorang pun mengenal siapa dia.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menantang Diri Kita

Kita juga takut melakukan sesuatu di luar kebiasaan sehingga terkurung di lingkaran yang aman tetapi membelenggu kita dari kreativitas.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr