Hal-Hal yang Dapat Anda Lakukan Ketika Si Kecil Sedang Bermain

Berilah kebebasan kepada anak-anak saat mereka sedang bermain, tugas Anda adalah memantau dan memerhatikan perkembangan mereka.

1,063 views   |   1 shares
  • Anak-anak kecil butuh bermain karena bermain dapat membantu tumbuh kembang mereka dan membuat mereka menjadi anak-anak yang cerdas. Cobalah lihat ke dalam diri Anda sendiri, apa yang Anda lakukan ketika si kecil sedang bermain. Kebanyakan orang tua akan mendampingi anak-anak mereka ketika mereka sedang bermain dan ketika anak-anak mulai agak besar orang tua mulai sedikit demi sedikit meninggalkan mereka bermain sendiri.

  • Berilah kebebasan kepada anak-anak saat mereka sedang bermain, tugas Anda adalah memantau dan memerhatikan perkembangan mereka. Bermain dapat dilakukan baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan orang tua ketika si kecil sedang bermain.

  • 1. Ikut bermain

  • Sering sekali anak-anak meminta kita sebagai orang tua untuk menemani mereka bermain. Sisihkanlah waktu Anda untuk bermain bersama mereka. Bermain bersama anak-anak dapat membangun ikatan yang erat antara orang tua dan anak-anak serta akan memberikan kebahagiaan bagi kedua belah pihak. Ketika Anda bermain bersama mereka, biarkan mereka yang mengatur Anda, jangan karena Anda merasa lebih tahu dan berpengalaman lalu Anda harus mengatur mereka. Berikan peran yang lebih besar kepada anak-anak Anda ketika mereka mengajak Anda bermain, dengan begitu kreatifitas dan daya imajinasi mereka akan berkembang.

  • 2. Sekadar menemani

  • Menemani anak-anak bermain memang cukup melelahkan. Energi anak-anak yang seakan tidak ada habisnya dapat membuat kita kewalahan untuk mengikuti gerakan mereka. Tetapi percayalah bahwa semua pengorbanan waktu Anda untuk menemani mereka bermain tidak sia-sia. Mereka akan terjaga keamanannya dan pastinya mereka akan merasa lebih percaya diri jika Anda berada bersama mereka.

  • 3. Mengajarkan mereka permainan baru

  • Ketika anak-anak menemukan permainan baru yang mereka tidak pernah lihat sebelumnya, mereka pasti akan bertanya kepada Anda. Ini adalah saatnya Anda mengajarkan mereka permainan baru. Beri tahu anak-anak Anda cara-cara bermain dan peraturan bermainnya jangan sampai permainan baru ini mencelakakan anak-anak Anda. Beri tahukan tip-tip yang aman ketika anak-anak Anda bermain permainan baru. Setelah mereka dapat melakukannya sendiri, Anda dapat membiarkan mereka untuk bermain sendiri tanpa pertolongan Anda. Ada baiknya Anda juga memperkenalkan permainan-permainan tradisional yang mungkin sudah jarang dimainkan oleh anak-anak kita sekarang ini.

  • 4. Memilih permainan untuk anak-anak Anda

  • Advertisement
  • Kita tidak boleh melarang anak-anak kita bermain, tetapi ada beberapa permainan yang mungkin cukup berbahaya bagi anak-anak kita. Di saat inilah kita harus membantu mereka untuk memilih permainan yang sesuai dengan usia mereka. Berhati-hatilah dalam memilih permainan untuk anak-anak Anda, karena, "salah-salah" justru Anda mengekang pertumbuhan kreatifitas dan imajinasi mereka. Ikut sertakan anak-anak Anda dalam memilih permainan yang mereka inginkan dan mereka sukai. Jika menurut Anda pilihan mereka tidak cukup aman untuk dimainkan, Anda dapat memberikan pengertian kepada mereka atau Anda dapat menemani mereka bermain.

  • 5. Mengawasi dari jauh sambil Anda melakukan pekerjaan Anda

  • Anda dapat tetap melakukan pekerjaan Anda sambil mengawasi anak-anak Anda dari jauh. Tetaplah berada dalam jarak pandang dan jarak dengar dari anak-anak Anda yang sedang bermain. Jangan sampai anak merasa sendirian, lagi pula jika mereka bermain sendiri dapat berisiko membahayakan diri mereka. Pilihlah permainan yang membuat mereka tenang di saat Anda melakukan pekerjaan Anda yang lain sehingga mereka juga tidak mengganggu kegiatan Anda. Yang paling penting jangan ada barang-barang berbahaya yang berada di sekitar anak-anak Anda ketika Anda tidak berada di dekatnya.

  • Ayah dan ibu, luangkanlah waktu Anda sedikit untuk bermain bersama buah hati Anda walaupun itu hanya sepuluh menit setiap harinya. Lagi pula bermain dapat mengurangi kebosanan bagi Anda dan anak-anak Anda. Mungkin ayah dan ibu sibuk dengan pekerjaan masing-masing tetapi Anda tentu ingin melihat anak-anak Anda tumbuh dan berkembang menjadi anak-anak yang penuh kreativitas dan imajinasi melalui bermain. Anda pasti akan tercengang jika suatu saat anak-anak Anda menggunakan imajinasi mereka dalam kehidupan mereka yang mereka peroleh dari permainan yang selama ini mereka mainkan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Hal-Hal yang Dapat Anda Lakukan Ketika Si Kecil Sedang Bermain

Berilah kebebasan kepada anak-anak saat mereka sedang bermain, tugas Anda adalah memantau dan memerhatikan perkembangan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr