Tips Mengelola Waktu dengan Efektif

Semua orang sukses adalah orang-orang yang dapat mengelola waktu mereka dengan baik. Ketika waktu belajar, mereka belajar dengan giat. Ketika waktu bermain, mereka bermain dengan riang. Ketika waktu bekerja, mereka bekerja dengan sungguh-sungguh.

3,360 views   |   2 shares
  • Bagaimana cara kita mengelola waktu adalah sangat penting. Waktu adalah berharga. Waktu adalah kehidupan kita. 24 jam berlalu menjadi 1 hari. 7 hari berlalu menjadi 1 minggu. 4 minggu berlalu menjadi 1 bulan. 12 bulan berlalu menjadi 1 tahun. Bertahun-tahun berlalu sejak Anda lahir sampai Anda meninggal nanti. Oleh karena itu, kita harus pintar mengelola waktu.

  • Semua orang sukses adalah orang-orang yang dapat mengelola waktu mereka dengan baik. Ketika waktu belajar, mereka belajar dengan giat. Ketika waktu bermain, mereka bermain dengan riang. Ketika waktu bekerja, mereka bekerja dengan sungguh-sungguh. Dan ketika waktu bersantai, mereka melupakan semua beban hidup mereka, bersantai, dan melakukan hobi mereka.

  • Kemampuan mengelola waktu dengan efektif harus dikembangkan sejak usia muda. Inilah yang disarankan di dalam buku 50 Cara Mengatur Waktu karangan Woon Young Ja. Berikut adalah beberapa tips mengelola waktu yang disarankan di dalam buku ini:

  • 1. Ketika bangun pagi, luangkan beberapa menit untuk merencanakan jadwal kegiatan hari ini

  • Pagi hari adalah saat penting untuk mengawali sebuah hari. Bagaimana kita menghabiskan waktu di pagi hari akan sangat memengaruhi kegiatan kita dalam sehari. Apabila kita mengawali hari tanpa perencanaan terlebih dahulu, kita tidak akan tahu apa yang akan kita kerjakan, bagaimana cara mengerjakannya, dan tidak tahu apa yang akan kita lakukan selanjutnya. Satu hari akan berlalu begitu saja tanpa hasil yang produktif. Kalau terus menerus seperti ini, kehidupan kita akan berlalu tanpa arah dan tujuan. Jadi mulai besok, luangkan beberapa menit di pagi hari untuk merencanakan kegiatan Anda.

  • 2. Buatlah jadwal kegiatan

  • Jadwal kegiatan adalah jadwal yang berisi perencanaan kerja dan pembagian waktu dalam suatu periode tertentu. Buatlah jadwal kegiatan dengan bijaksana. Membuat jadwal yang sangat padat akan membuat Anda merasa lelah dan tidak bersemangat. Sedangkan membuat jadwal yang terlalu longgar akan membuat Anda malas dan menunda-nunda pekerjaan. Buatlah jadwal kegiatan tertulis dan jika sempat, hiaslah agar jadwal kegiatan Anda terlihat menarik.

  • 3. Jangan menunda, kerjakan sekarang

  • Salah satu penyebab utama waktu terbuang percuma adalah kebiasaan menunda pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Ketika pekerjaan sering ditunda, itu akan semakin menumpuk, dan pada akhirnya akan dikerjakan dengan tergesa-gesa dan asal-asalan. Kemungkinan terburuk adalah menyerah dan berkata, "Ah, sudahlah. Sampai di sini saja. Saya sudah tidak sanggup lagi." Jadi, kalau ada pekerjaan yang harus diselesaikan, kerjakan sekarang juga. Pekerjaan apa pun pada awalnya terasa berat, tetapi jika kita segera mulai mengerjakannya dengan sungguh-sungguh, maka kita pasti bisa menyelesaikannya.

  • Advertisement
  • 4. Berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan apapun

  • Apabila kita berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu, hasilnya akan lebih baik. Selain itu, dengan berkonsentrasi, pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan.

  • 5. Sediakan waktu luang

  • Setiap selesai mengerjakan sesuatu, sediakan waktu untuk beristirahat sejenak. Dengan demikian, kita akan lebih berkonsentrasi dan lebih bersemangat melakukan pekerjaan selanjutnya. Manusia bukanlah mesin yang bisa bekerja tanpa henti. Ketika kita tidak cukup istirahat, kita justru akan banyak melakukan kesalahan dalam bekerja.

  • 6. Luangkan waktu dalam sehari untuk menolong orang lain

  • Kembangkan kebiasaan memanfaatkan waktu luang sebaik-baiknya. Apabila digunakan untuk hal yang jujur dan benar, akan menjadi waktu yang luar biasa. Sebaliknya, jika digunakan untuk hal yang sia-sia, akan menjadi waktu yang buruk. Salah satu cara menjadikan waktu kita berharga adalah dengan menolong orang lain. Kehidupan ini dan waktu kita bukan hanya untuk diri kita sendiri, melainkan untuk menjadikan diri kita bermanfaat bagi orang lain. Menolong orang lain adalah waktu yang paling indah dalam kehidupan kita.

  • 7. Jangan sampai lupa waktu saat menggunakan internet

  • Anak-anak zaman sekarang semakin sering menghabiskan waktu bermain game online. Setiap pulang sekolah anak-anak langsung menyalakan komputer dan duduk berjam-jam bermain game online atau surfing di internet. Saking asyiknya menggunakan internet, anak-anak tidak lagi menjawab ketika orang tua memanggil, lupa makan, dan prestasi sekolah merosot. Orang dewasa juga rentan melakukan kebiasan buruk ini. Sebelum mulai menggunakan internet, ingatkan diri Anda sendiri, "Main game atau surfing internet 30 menit saja, setelah itu mengerjakan tugas!" Selain itu, daripada hanya bermain game online atau surfing di internet, lebih baik mencoba mencari informasi penting di internet untuk membantu mengerjakan tugas sekolah atau menambah wawasan pengetahuan umum.

  • 8. Biasakan selalu membuat memo

  • "Sepertinya tadi ada yang harus saya kerjakan, deh. Tapi apa ya?" atau "Ada tugas apa?! Kok saya tidak tahu ya?" Pernahkah Anda mengalami situasi seperti ini? Kalau pernah, sebaiknya Anda mulai menulis memo. Dengan membuat memo, tidak akan ada hal-hal yang terlupa. Memang kalau kita membuat jadwal kegiatan serapi apa pun, pada kenyataannya, masih ada hal-hal penting lainnya yang harus dikerjakan. Ketika kita terbiasa membuat memo, hal-hal mendadak dapat ditangani dengan baik. Catatlah hal-hal mendadak di luar jadwal rutin Anda di memo kecil. Hanya dengan melihat catatan singkat di memo kecil itu akan mengingatkan kita apa saja yang harus kita kerjakan.

  • Advertisement
  • 9. Datanglah tepat waktu

  • Ketika kita berjanji untuk menemui seorang teman atau menghadiri acara tertentu, datanglah tepat waktu. Ketika kita tepat waktu, kita akan dipercaya orang lain dan segala hal yang kita lakukan akan berjalan lancar. Ketika kita terlambat, orang lain akan merasa kecewa kepada kita dan jadwal kegiatan kita akan menjadi berantakan. Di sisi lain, ketika kita terlalu awal, maka waktu yang kita habiskan untuk menunggu menjadi waktu yang terbuang percuma. Sebaiknya kita tiba 5 menit lebih awal.

  • 10. Pergi ke manapun pakailah jam tangan

  • Agar dapat mengelola waktu dengan efektif, pastikan kita tahu waktu, yaitu dengan selalu mengenakan jam tangan. Sekarang ini banyak jam tangan yang memiliki fungsi alarm. Nyalakan fungsi alarm ini untuk mengingatkan kita untuk melakukan kegiatan sesuai jadwal.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Mengelola Waktu dengan Efektif

Semua orang sukses adalah orang-orang yang dapat mengelola waktu mereka dengan baik. Ketika waktu belajar, mereka belajar dengan giat. Ketika waktu bermain, mereka bermain dengan riang. Ketika waktu bekerja, mereka bekerja dengan sungguh-sungguh.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr