Manfaat Menjadi Orang yang Ingin Serba Tahu

Jika seseorang mampu mengarahkan rasa ingin tahu kepada hal-hal yang positif, sifat tersebut akan menjadi keuntungan bagi kita. Tetapi jika rasa ingin tahu tersebut digunakan untuk hal-hal yang negatif sifat tersebut bisa menjadi bumerang untuk kita.

4,283 views   |   13 shares
  • Memiliki rasa ingin tahu yang besar adalah sebuah anugerah yang diberikan Tuhan. Hal ini bukan suatu kutukan ataupun bencana, banyak orang yang beranggapan orang yang memiliki sifat seperti ini adalah orang yang suka mengurusi kehidupan orang lain dan mengganggu orang lain. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Jika seseorang mampu mengarahkan rasa ingin tahu kepada hal-hal yang positif, sifat tersebut akan menjadi keuntungan bagi kita. Tetapi jika rasa ingin tahu tersebut digunakan untuk hal-hal yang negatif sifat tersebut bisa menjadi bumerang untuk kita. Banyak ilmuwan atau penemu adalah orang yang memiliki rasa ingin tahu yang besar. Mereka terus memelihara rasa ingin tahunya tersebut agar mereka dapat menciptakan suatu teori baru atau penemuan baru. Jika kita dapat mengembangkan dan mengelola rasa ingin tahu kita dengan baik, kita mungkin dapat menjadi seperti mereka juga. Berikut adalah manfaat dari menjadi orang yang serba ingin tahu.

  • Menjadi lebih aktif

  • Orang yang memilki rasa ingin tahu yang besar akan lebih aktif, mereka akan terus bertanya atau berusaha mencari jawaban atas pertanyaannya sampai ia benar-benar puas dengan jawaban tersebut. Dengan keaktifannya, mereka mampu mencairkan suasana yang tegang sehingga proses interaksi menjadi lebih menarik lagi.

  • Menambah wawasan dan ilmu

  • Karena rasa ingin tahunya yang besar akan berbagai hal, secara otomatis informasi dan ilmu yang didapatkannya juga akan lebih banyak lagi. Mereka akan lebih menghargai ilmu yang telah mereka dapatkan dan mengingatnya sebaik mungkin. Mereka juga adalah teman berbicara yang baik karena mereka memiliki wawasan yang luas dan mampu membahas apapun walaupun hanya sekadar tahu dan tidak terlalu mendetail, sehingga berbicara dengan mereka tidak akan menjadi membosankan.

  • Menjadi pendengar yang baik

  • Orang dengan sifat seperti ini juga adalah seorang pendengar yang baik pula. Seseorang dengan sifat seperti ini akan lebih senang mendengar daripada berbicara karena sifat mereka yang selalu ingin tahu. Mereka akan menanyakan pertanyaan yang dapat memicu lawan bicaranya untuk berbicara terus sementara dia mendengarkan sampai mendapatkan informasi yang dia butuhkan.

  • Memiliki banyak pengalaman

  • Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tidak hanya ilmu yang mereka dapatkan tetapi juga pengalaman. Seperti yang kita ketahui bahwa seseorang dengan sifat seperti ini akan tertantang untuk melakukan hal-hal yang belum pernah dia lakukan sebelumnya. Mereka penasaran akan hal tersebut yang dikarenakan rasa ingin tahunya yang besar.

  • Advertisement
  • Orang yang bisa diandalkan

  • Orang-orang yang berada di sekitar seseorang yang memiliki sifat ini akan merasa nyaman karena mereka adalah orang yang bisa diandalkan. Karena dibekali ilmu yang luas dan pengalaman yang cukup, orang yang serba ingin tahu akan lebih mudah memecahkan masalahnya. Mereka akan berusaha bagaimana dapat menyelesaikan masalah agar cepat selesai.

  • Mampu bersosialisasi dengan baik

  • Rasa ingin tahu yang besar juga mendorong seseorang untuk berinteraksi dengan orang lain. Mereka yang memiliki sifat seperti ini akan menganggap bahwa peran orang lain sangat penting untuk dirinya. Mereka bisa menghargai dan menjalin hubungan yang baik dengan orang lain karena mereka membutuhkan orang lain untuk menjawab semua ketidaktahuan mereka.

  • Berani mengambil risiko

  • Tidak semua orang berani mengambil risiko di kehidupannya. Mereka lebih nyaman dengan keadaannya yang sekarang dan tidak ingin mengubahnya. Tidak hanya para pengusaha yang berani mengambil risiko, tetapi orang yang serba ingin tahu juga memiliki sifat yang serupa. Rasa penasaran itu mendorong mereka untuk melakukan hal tersebut agar mereka mengetahui hasil yang diperolehnya, baik itu sebuah kesuksesan maupun mungkin kegagalan.

  • Kreatif

  • Rasa ingin tahu adalah langkah awal seseorang menemukan hal yang baru. Rasa ingin tahu yang besar dapat memotivasi untuk terus mau belajar. Rasa ingin tahu juga menghantarkan seseorang kepada ide-ide baru yang dapat membangkitkan minatnya. Einstein saja pernah mengatakan bahwa ia tidak lebih cerdas dari Anda, tetapi ia hanya lebih curious. Semakin besar rasa ingin tahu Anda, semakin besar pula peluang munculnya kreativitas itu.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Manfaat Menjadi Orang yang Ingin Serba Tahu

Jika seseorang mampu mengarahkan rasa ingin tahu kepada hal-hal yang positif, sifat tersebut akan menjadi keuntungan bagi kita. Tetapi jika rasa ingin tahu tersebut digunakan untuk hal-hal yang negatif sifat tersebut bisa menjadi bumerang untuk kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr