Apakah Teknologi Merusak Hubungan Anda?

Teknologi yang berkembang adalah wadah yang dapat memberikan Anda banyak informasi serta pengetahuan secara luas. Teknologi diciptakan untuk membantu umat manusia agar mempermudah dalam melakukan segala sesuatu.

3,045 views   |   29 shares
  • Teknologi yang berkembang adalah wadah yang dapat memberikan Anda banyak informasi serta pengetahuan secara luas. Teknologi diciptakan untuk membantu umat manusia agar mempermudah dalam melakukan segala sesuatu. Meskipun demikian, teknologi ternyata memiliki pengaruh yang negatif bagi manusia, salah satunya menjadikan manusia kurang proaktif dalam beraktivitas. Namun ternyata teknologi juga memiliki pengaruh bagi sebuah hubungan. Apa saja pengaruhnya itu? Berikut penjelasannya.

  • Pengaruh Positif

  • 1. Teknologi dapat menjaga komunikasi bagi pasangan yang sedang berjauhan

  • Bagi pasangan suami istri, keintiman mesti selalu dijaga. Terkadang suami istri harus berpisah jarak dan waktu, misalnya ketika suaminya harus bekerja di luar kota dalam beberapa minggu atau bulan, atau ketika seorang istri harus mengurus orang tuanya yang sedang sakit di luar kota selama beberapa hari, dan sebagainya. Ketika pasangan suami istri sedang berjauhan, dengan adanya teknologi yang maju baik telepon, video call, maupun bentuk komunikasi lainnya, bisa membantu hubungan mereka tetap dekat dan intim karena komunikasi yang selalu terjaga.

  • 2. Teknologi dapat memberikan informasi dan tips tentang hubungan

  • Ketika dalam masalah yang berhubungan dengan pernikahan, Anda sangat perlu tips dan saran agar Anda mendapatkan solusi untuk menyelesaikan persoalan yang Anda hadapi dalam pernikahan, dan mungkin Anda segan meminta pendapat orang tua atau kerabat terdekat karena Anda tidak ingin orang lain tahu masalah pernikahan Anda. Saat ini Anda tidak perlu lagi khawatir dalam mendapatkan saran atau tips bagi hubungan Anda karena teknologi telah memudahkan Anda untuk mendapatkan informasi tanpa batas. Anda hanya perlu jaringan internet untuk melakukan browsing untuk mencari solusi bagi masalah Anda.

  • 3. Teknologi dapat memampukan Anda mengetahui keberadaan pasangan Anda

  • Setiap pasangan yang saling mencintai tentu selalu mencemaskan dan tidak ingin terjadi sesuatu terhadap pasangannya, terutama ketika pasangannya sedang jauh atau pergi sendirian. Banyak kejadian kriminal yang terjadi saat ini, baik penculikan maupun penganiayaan. Anda pastinya tidak ingin orang yang Anda cintai menjadi korbannya. Saat ini Anda bisa menggunakan kecanggihan teknologi untuk memantau keberadaan pasangan Anda di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan GPS. GPS adalah teknologi canggih yang dapat mendeteksi keberadaan seseorang.

  • Pengaruh Negatif

  • Advertisement
  • 1. Teknologi dapat membuat seseorang kurang peka terhadap pasangannya

  • Ternyata teknologi tidak hanya memiliki pengaruh yang positif, tetapi juga memiliki pengaruh negatif bagi sebuah hubungan. Dengan adanya teknologi yang maju ini, banyak orang menjadi 'autis' karena mengutamakan gadget saja. Boleh saja Anda menggunakan teknologi untuk melihat update tentang informasi terbaru yang terjadi di sekitar Anda, namun jangan membuat teknologi menjadikan Anda tidak peka dan akhirnya tidak peduli terhadap pasangan Anda.

  • 2. Teknologi dapat membuat seseorang mudah marah pada pasangannya

  • Teknologi dapat membuat hubungan pernikahan menjadi mudah salah paham. Banyak orang yang sangat tergantung dengan teknologi setiap harinya. Waktunya dihabiskan untuk menggunakan teknologi ketimbang berbicara dengan pasangannya. Terkadang jika pasangan Anda lebih mementingkan gadget, kehadiran Anda sering kali tidak dianggap karena pasangan Anda lebih terfokus pada teknologi sehingga dapat membuat Anda mudah marah, bahkan sering membuat kesalahpahaman terjadi di antara kalian.

  • 3. Teknologi dapat membuat seseorang menjadi tidak peduli pada pasangannya

  • Teknologi dapat membuat kita merasa dekat dengan pasangan kita, namun teknologi juga dapat membuat kita menjadikan pasangan kita yang dekat menjadi jauh, bahkan seakan tidak ada. Ketika seseorang lebih mementingkan teknologi ketimbang pasangannya, dia menjadi tidak peduli terhadap pasangannya. Misalnya Anda sibuk dengan gadget Anda di saat pasangan Anda sedang sibuk membersihkan rumah, dan ketika dia meminta tolong di saat Anda sedang menikmati gadget Anda, Anda akan menjawab, tunggu. Akibatnya pasangan Anda lama kelamaan merasa Anda tidak peduli lagi terhadapnya.

  • Sebagai manusia, kita diberikan pengetahuan untuk bisa berpikir bijak, mana yang baik dan mana yang tidak. Anda mesti bersyukur dengan kemajuan teknologi yang dapat membantu kehidupan Anda menjadi lebih baik, namun Anda juga perlu bijaksana dalam mengunakan teknologi itu. Jangan sampai karena teknologi, Anda dapat merusak hubungan Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Apakah Teknologi Merusak Hubungan Anda?

Teknologi yang berkembang adalah wadah yang dapat memberikan Anda banyak informasi serta pengetahuan secara luas. Teknologi diciptakan untuk membantu umat manusia agar mempermudah dalam melakukan segala sesuatu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr