Sejauh Mana Permintaan Seorang Anak Harus Dikabulkan?

Apakah Anda pernah berpikir bahwa pasangan Anda akan iri pada anak sendiri?

3,800 views   |   2 shares
  • Anda mungkin mempunyai sebelas orang anak atau dua orang saja sesuai anjuran pemerintah. Salah seorang anak Anda pasti pernah merengek minta dibelikan sesuatu. Entah itu video game atau hanya makanan kecil. Kebetulan Anda punya uang untuk memenuhi keinginannya itu, tetapi Anda mempunyai pertimbangan-pertimbangan lain. Sejauh mana Anda akan memenuhi permintaannya itu? Pertimbangan apa sajakah yang akan Anda pakai untuk menolak atau memenuhi permintaan tersebut?

  • Anggaran

  • Tentu saja setiap rumah tangga mempunyai anggaran, kalau tidak maka keuangan Anda akan morat-marit, kecuali Anda sekaya Bill Gates. Bahkan beliau pun pasti mempunyai seorang akuntan pribadi yang memonitor pengeluarannya. Karena yang penting bukanlah berapa pemasukan Anda, melainkan berapa pengeluaran Anda. Seberapa besar pun pemasukan bila pengeluaran lebih besar, maka Anda akan dililit utang. Oleh karena itu, begitu anak Anda merengek minta sesuatu, Anda akan membuka buku anggaran Anda dan melihat apa saja pengeluaran yang harus Anda bayar bulan itu. Katakanlah anak Anda meminta tablet untuk mengerjakan PR, maklum zaman sudah maju, dulu di tahun 1950-an yang perlu dibeli cuma batu tulis. Sekarang kalau Anda memberinya batu tulis, anak Anda akan memandangnya seperti benda dari zaman purbakala karena belum pernah melihatnya. Bila menurut pertimbangan Anda barang itu patut dibeli demi kemajuan anak Anda, Anda dapat menghemat pengeluaran yang lain untuk membeli tablet itu.

  • Keadilan

  • "Pak, beli dong video game Batman, teman-teman sudah punya, cuma Bary yang tidak!" Rengek putra sulung Anda. Anda berpikir kebetulan ada uang lembur, tetapi bila permintaan si sulung dipenuhi, adiknya perempuan pasti menuntut sesuatu juga. Anda hanya mempunyai uang pas untuk membeli video game. Apakah adiknya mesti mengalah sampai bulan depan? Anda khawatir dia akan merasa dianaktirikan. Karena itu Anda memutuskan untuk tidak membeli video game itu, kalau si sulung bersabar permintaannya akan dipenuhi bulan depan di hari ulang tahunnya.

  • Kedamaian

  • Apakah Anda pernah berpikir bahwa pasangan Anda akan iri pada anak sendiri? Tidak jarang bila ayah atau ibu selalu memenuhi tuntutan anaknya, pasangannya akan merasa dinomorduakan. Jangan sampai hal ini terjadi demi kedamaian rumah tangga. Pasangan Anda boleh jadi tidak akan berkata apa-apa karena merasa malu sebagai orang tua iri pada anak sendiri. Tetapi perasaan yang dipendam itu akan menggerogoti perasaannya dan terungkap secara tidak langsung dalam perilakunya. Jika dibiarkan saja, lama kelamaan akan timbul kericuhan dalam rumah tangga. Sebaiknya jangan sampai Anda dicap pasangan Anda terlalu memanjakan anak.

  • Advertisement
  • Kepentingan anak itu sendiri

  • Bayangkan bila setiap permintaan seorang anak dituruti, akan jadi orang macam apa anak itu? Dia akan menjadi anak manja yang tahunya hanya menuntut orang tua untuk setiap keinginannya. Bila suatu ketika karena suatu alasan tuntutannya tidak dapat Anda penuhi dia akan mengamuk dan menyalahkan Anda. Sebaiknya dia memahami sejak kecil bahwa tidak segala hal yang diinginkannya di dunia ini dapat diperolehnya. Ajarkan juga dia untuk berhemat. Ada hal-hal lebih penting yang harus diutamakan, seperti membayar sewa rumah, membayar uang sekolah, membeli makanan, tagihan listrik, dan lain-lain.

  • Uang saku

  • Di sinilah pentingnya uang saku. Untuk mengajar anak berhemat dan juga untuk mengajar dia mengatur anggaran. Bila dia dapat menabung uangnya untuk membeli hal-hal yang dibutuhkannya, dia tidak perlu selalu merengek minta sesuatu kepada orang tuanya. Jika yang diinginkannya agak mahal, Anda dapat membantunya bila perlu, tentu saja setelah pertimbangan di atas diterapkan. Baca juga artikel Berapa Uang Saku yang Pantas.

  • Kita sering melihat anak kecil yang menjerit-jerit di toko karena menginginkan sesuatu dan orang tuanya tidak memenuhi tuntutannya. Kalau Anda memenuhi permintaannya karena takut dia ngambek, dia akan memakai hal itu sebagai senjatanya. Lebih baik sebelum pergi beri tahu dia apa yang boleh dan tidak boleh dibeli. Dengan demikian, ada persetujuan bersama dan Anda tidak perlu lagi mempertimbangkan untuk mengabulkan keinginannya hanya karena malu hati kepada orang banyak yang menyaksikan keributan itu.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Sejauh Mana Permintaan Seorang Anak Harus Dikabulkan?

Apakah Anda pernah berpikir bahwa pasangan Anda akan iri pada anak sendiri?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr