Bahaya Minuman Energi bagi Kesehatan Keluarga Kita

Kebutuhan pokok bagi tubuh manusia adalah makan dan minum yang cukup, baik itu pada jumlahnya maupun nilai kadar gizinya.

3,834 views   |   shares
  • Kebutuhan pokok bagi tubuh manusia adalah makan dan minum yang cukup, baik itu pada jumlahnya maupun nilai kadar gizinya. Dapat dibayangkan jika tubuh manusia tidak terpenuhi asupan makanan dan minuman. Dampaknya akan sangat buruk bagi pertumbuhan tubuh manusia itu sendiri. Untuk itu agar tubuh sehat, kuat, dan berkembang dengan sempurna dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang alami dan tidak mengandung zat-zat kimia. Akhir-akhir ini banyak ditemui minuman-minuman berenergi yang mengandung zat-zat berbahaya yang dapat menyebabkan tekanan darah naik, jantung berdebar cepat, dan terkena stroke. Ini adalah efek samping dari minuman energi tersebut.

  • Jika terlalu banyak mengonsumsi minuman berenergi, risikonya sangat fatal yang dapat menyebabkan kematian. Jika Anda adalah seorang pekerja lapangan yang sering mengalami kelelahan dan kurang fit dalam menjalani aktivitas kerja, jangan minum minuman berenergi. Sebaiknya memperbanyak minum air putih yang lebih nyata manfaatnya bagi tubuh. Di bawah ini ada beberapa dampak atau bahaya jika terlalu sering mengonsumsi minuman energi bagi kesehatan.

  • 1. Minuman berenergi tidak dianjurkan untuk penderita hipertensi

  • Efek dari minuman berenergi adalah memacu jantung untuk bekerja lebih cepat dari biasanya agar dapat mempunyai energi yang lebih besar untuk mengembalikan energi yang hilang saat beraktivitas. Namun untuk Anda yang penderita hipertensi tidak dianjurkan untuk minum minuman berenergi karena dapat menimbulkan risiko yang tinggi seperti serangan jantung sampai kematian.

  • 2. Minuman berenergi mengandung kafein yang tinggi

  • Kafein yang sering dijumpai pada kandungan kopi, zat ini juga terkandung dalam minuman berenergi. Efek dari kafein adalah membangkitkan energi dengan cara menstimulasi sistem saraf pada otak dan jika berlebihan akan menyebabkan ketagihan untuk meminumnya terus-menerus. Efek samping dari kafein lainnya adalah dapat menyebabkan terjaga. Jika Anda ingin beristirahat di malam hari, sebaiknya hindari minum minuman berenergi. Minumlah air putih yang lebih nyata manfaatnya.

  • 3. Mengandung pemanis buatan

  • Pemanis buatan banyak dijumpai pada komposisi minuman berenergi. Pemanis buatan ini rendah kalori namun tinggi kadar lemaknya. Jika Anda terlalu sering mengonsumsi minuman berenergi, berat badan Anda akan semakin bertambah dan akan menyebabkan kegemukan. Terlalu banyak minum minuman berenergi dua sampai tiga gelas sehari akan menyebabkan konsentrasi menjadi terganggu dan hal itu akan berpengaruh pada aktivitas yang akan Anda lakukan sehari-hari. Seperti halnya jika Anda masih pelajar, Anda akan sulit untuk berpikir untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru Anda. Ataupun Anda yang sudah bekerja, Anda akan sulit berkonsentrasi untuk menyelesaikan pekerjaan Anda dengan benar.

  • Advertisement
  • 4. Mengandung pengawet buatan

  • Di dalam minuman berenergi juga terkandung pengawet buatan seperti Sodium Citrate. Terlalu banyak minum minuman berenergi menimbun pengawet buatan kedalam tubuh. Jika kebiasaan ini tidak segera diperbaiki maka akan menimbulkan risiko yang tinggi.

  • 5. Mengandung vitamin B buatan

  • Vitamin B buatan ini tidak ada manfaatnya bagi tubuh karena langsung dibuang ke saluran pembuangan. Lain halnya vitamin B ini didukung dengan vitamin-vitamin lainnya yang berfungsi untuk menjaga energi agar tidak cepat kelelahan saat beraktivitas, namun sulit dijumpai pada komposisi pada minuman berenergi yang mempunyai kandungan vitamin yang banyak.

  • 6. Mengandung zat yang dapat membius otak

  • Zat berbahaya lainya yang terkandung pada minuman berenergi adalah Taurine. Zat ini tidak begitu jelas manfaatnya namun efek sampingnya adalah langsung pada penurunan kinerja otak. Karena zat ini jika terlalu banyak dikonsumsi dapat membius otak untuk menstimulasi energi. Intinya energi yang diberikan itu hanya bersifat semu atau tidak nyata.

  • 7. Minuman berenergi dapat menyebabkan keguguran

  • Jika Anda seorang wanita yang sering mengonsumsi minum minuman berenergi, lebih baik hentikan kebiasaan buruk tersebut sejak dini, karena efek samping pada minum minuman berenergi dapat menyebabkan keguguran. Pada kandungan minuman berenergi terdapat kadar kafein yang tinggi dan jika terlalu banyak mengonsumsinya maka akan berisiko lebih besar mengalami keguguran.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Ari Supriadi lahir di Wonogiri dan adalah ayah dari 2 orang putra serta suami dari seorang istri yang sangat cantik. Hubungi saya di e'mail:

Bahaya Minuman Energi bagi Kesehatan Keluarga Kita

Kebutuhan pokok bagi tubuh manusia adalah makan dan minum yang cukup, baik itu pada jumlahnya maupun nilai kadar gizinya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr