Kemarahan Akibat Putus Cinta

Menurut para ahli psikologi, kemarahan akibat jatuh cinta dapat diterangkan secara ilmiah.

1,591 views   |   shares
  • Sudah seratus kali Ana menelepon dan mengirim teks kepada pacarnya sejak bangun tidur tetapi tidak ada jawaban, bahkan akhirnya terdengar pesan bahwa nomor telepon itu sudah diputus. Perasaan penasaran, marah, dan sedih campur aduk jadi satu. Bagaimana tidak? Selama setahun sejak berkenalan mereka telah menjalin hubungan cinta yang indah. Ke mana-mana mereka pergi berdua. Bila ada Ana pasti ada Joni. Mereka main telepon dan teks seribu kali sehari. Belum yang mereka tulis serta foto-foto yang mereka pamerkan di FaceBook, Instagram, YouTube dan entah apa lagi untuk menunjukkan cinta mereka kepada dunia. Semula Ana merasa berada di langit ke tujuh, sekarang terbanting ke bumi dalam kenyataan pahit. Pacar yang dia cintai setengah mati sudah tidak peduli lagi kepadanya. Dunia rasanya ambruk. Dia ingin mati ditelan bumi. Tapi tunggu dulu, dia harus tahu apa yang sesungguhnya terjadi. Siapa tahu ada orang menculik pacarnya seperti dalam film Taken, dan membuang teleponnya. Siapa tahu pacarnya sakit keras dan teleponnya tanpa sengaja jatuh ke jamban. Juga dia tahu sebagai dokter, pacarnya sangat sibuk, mungkin mendadak dipanggil ke rumah sakit karena itu teleponnya tidak dihidupkan.

  • Ana memutuskan datang ke rumah pacarnya. Dia ketuk-ketuk pintu, mulanya perlahan akhirnya dia gedor seperti perampok sampai sendi-sendi tangannya sakit. Dia melihat lampu di dalam menyala tapi lalu dimatikan seolah-olah supaya memberi kesan bahwa tidak ada orang di rumah. Dia memanggil-manggil nama pacarnya, dari lembut penuh kasih sayang sampai berteriak-teriak sehingga bayi tetangga menangis. Tetap juga tidak ada jawaban dari dalam. Dia tahu Joni ada di rumah karena mobilnya masih nangkring di jalan. Saking kesal Ana kembali ke mobilnya yang terparkir di pinggir jalan di depan mobil Joni. Dia starter mobilnya dan menginjak gas keras-keras ke belakang sehingga bumper depan mobil Joni mental ke pekarangannya. Tetangga yang kaget mendengar suara benturan itu memanggil polisi yang tidak lama muncul dan menilang Ana. Polisi itu juga masuk ke rumah Joni. Entah apa yang mereka bicarakan, polisi itu tidak memberi Ana surat tilang tadi.

  • Kemarahan seperti yang ditunjukkan Ana adalah lumrah menurut pakar psikologis. "Halangan apa pun dalam hubungan cinta itu membuat lebih banyak dopamin diproduksi oleh otak," kata Helen Fisher Ph.D, ahli Biologi di Universitas Rutgers. "Anda menjadi lebih cinta dan penasaran untuk memenangkan hati pacar Anda kembali." Menurut Dr. Fisher otak orang-orang yang baru putus cinta "aktif di bagian yang ada kaitannya dengan kecanduan yang mendalam, seperti pada pecandu narkoba." Bagi mereka pacar dan cinta yang pernah diberikannya sudah menjadi seperti nikotin atau heroin yang membuat mereka ketagihan. Begitu semua itu hilang mereka mengalami withdrawal (sakau), sama seperti orang yang biasa merokok tiba-tiba harus berhenti. Ini menjelaskan perasaan obsesi tidak terkendali yang dialami banyak orang ketika kehilangan pasangannya.

  • Advertisement
  • Ada alasan sejak zaman purba di balik itu, alam telah mengaturnya supaya naluri berkembang biak terpicu. Jika otak membiarkan si kekasih pergi begitu saja, umat manusia sudah punah sejak ribuan tahun lalu. "Otak dirancang supaya memenangkan kembali hati si kekasih. Anda marah, berkata tidak akan pernah berbicara kepadanya lagi, dan sepuluh menit kemudian Anda kembali," tutur Dr. Fisher. Perilaku Ana didorong oleh putusnya hubungannya dengan pacarnya sebelum dia bertemu si dokter. Para pakar mengatakan bahwa tidak adanya penyelesaian yang tuntas dari putusnya cinta atau kejadian pahit di masa kanak-kanak mengakibatkan timbulnya reaksi berlebihan ketika mengalami putus cinta lagi. Perasaan putus asa, kemarahan dan ketagihan bergejolak dalam bagian otak yang menyimpan kenangan semasa kecil. Pengalaman Ana sebelumnya memicu reaksi Ana seperti tangki bensin.

  • Sesudah memahami hal di atas bukan berarti Anda dapat sesuka hati menyalurkan kemarahan Anda ketika putus cinta. Sebaliknya, sebagai manusia terpelajar Anda tidak perlu mengikuti dorongan naluri purbakala. Di jagad raya ini ada beberapa miliar manusia, putus satu tumbuh seribu begitulah kata-kata bijak orang kita. Selanjutnya, Anda dapat membaca artikel Obat Mujarab Patah Hati.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Kemarahan Akibat Putus Cinta

Menurut para ahli psikologi, kemarahan akibat jatuh cinta dapat diterangkan secara ilmiah.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr