Menjaga Keamanan Anak-Anak di Mal

Walaupun kelihatannya mal adalah tempat yang bersih, aman, dan menyenangkan, tetapi tidak menutup kemungkinan banyak bahaya mengintai anak-anak kita yang masih kecil.

1,352 views   |   shares
  • Bagi sebagian keluarga modern, jalan-jalan ke mal sudah menjadi bagian rutinitas mereka. Saat ini mal sudah menjadi tempat rekreasi karena banyak keluarga yang menemukan kesenangan dan menghilangkan stres dengan berjalan-jalan di mal. Kita bisa mendapatkan berbagai kebutuhan keluarga dengan hanya berjalan-jalan di satu mal. Oleh karena itu banyak sekali mal dibangun untuk memenuhi kebutuhan keluarga-keluarga ini. Walaupun kelihatannya mal adalah tempat yang bersih, aman, dan menyenangkan, tetapi tidak menutup kemungkinan banyak bahaya mengintai anak-anak kita yang masih kecil. Sebagai orang tua, kita perlu berhati-hati ketika kita membawa anak-anak kita ke mal, jangan sampai kita yang hendak mencari kesenangan justru yang didapatkan adalah hal yang tidak diinginkan.

  • Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus diwaspadai ketika berada di dalam mal:

  • 1. Orang Jahat atau Penculik

  • Orang jahat yang berniat menculik anak-anak kecil banyak berkeliaran di mal. Mereka menyamar dengan berdandan rapi dan sangat tidak mencurigai sama sekali. Mereka mengincar keluarga yang membawa anak-anak kecil. Karena orang-orang jahat ini tahu bahwa biasanya orang tua yang sedang berbelanja terkadang lengah untuk tetap menjaga anak-anak mereka. Mereka sangat cepat bekerjanya. Oleh karena itu, jika Anda sedang berbelanja pastikan anak Anda tetap dalam gandengan Anda terutama anak-anak balita Anda. Jangan lepas pandangan Anda dari anak-anak kecil Anda, jika Anda tidak melihat mereka di sekitar Anda, cepat tinggalkan kegiatan Anda yang lain dan carilah mereka. Jangan takut jika Anda dikatakan paranoid, lebih baik Anda tetap waspada. Hindari melepas anak-anak kecil Anda ke kamar kecil sendirian, karena bisa saja orang-orang jahat tersebut menunggu di sekitar kamar kecil yang biasanya sepi dan berada di tempat yang agak menyempil. Fotolah anak-anak Anda dengan pakaian yang mereka pakai saat berada di mal, supaya orang-orang dapat mengenali ketika anak Anda mungkin terpisah dari Anda.

  • 2. Eskalator atau Tangga Berjalan

  • Eskalator sering kali menjadi penyebab kecelakaan yang terjadi terhadap anak-anak kecil di dalam mal. Entah itu karena kelalaian orang tua atau rancangan eskalator itu sendiri yang menyebabkan banyak anak-anak celaka. Kecelakaan yang banyak terjadi biasanya adalah anak-anak kecil terjatuh atau terjepit di lokasi eskalator. Perhatikan sepatu, sandal, atau pakaian yang dipakai oleh anak-anak Anda, jangan sampai sepatu, sandal, dan pakaian mereka terjepit di eskalator. Genggamlah tangan anak-anak kecil Anda ketika naik atau turun tangga. Ajarkan mereka cara naik dan turun eskalator secara benar. Jika tejadi kecelakaan dengan salah satu anggota keluarga Anda, cepatlah memencet tombol pengatur yang bisa menghentikan eskalator. Jika Anda tidak dapat dengan mudah meraih tombol, berteriaklah minta tolong orang-orang di sekitar Anda yang terdekat dengan tombol pengatur tersebut. Jangan membiarkan anak-anak kecil bermain di sekitar eskalator seorang diri karena keingintahuan mereka dapat menyebabkan kecelakaan, mereka bisa saja terjatuh. Jika Anda membawa bayi dengan kereta dorong, jangan menggunakan eskalator lebih baik Anda menggunakan lift yang tersedia. Jika tidak ada lift, turunkan bayi Anda dari kereta dorong dan gendong lalu lipat kereta dorong Anda.

  • Advertisement
  • 3. Lift

  • Lift juga dapat menjadi penyebab kecelakaan bagi anak-anak kita. Ada beberapa kejadian di mana anak-anak kecil terjepit pintu lift. Beberapa lift memiliki sensor di pintu yang dapat mengenali jika ada sesuatu yang menghalangi pintu tertutup tetapi beberapa lift tidak memilikinya. Bahkan terkadang tangan-tangan kecil si buah hati pun tidak dapat dikenali sensor lift sehingga menyebabkan tangan terjepit di pintu. Jika Anda ingin menggunakan lift tetaplah genggam tangan anak Anda, jangan membiarkan anak-anak Anda berdiri di dekat pintu, lebih baik mereka berdiri agak ke dalam. Ketika turun dari lift pun Anda tetap harus menggenggam tangan mereka supaya mereka tidak tersandung dan terdorong orang-orang yang ingin naik maupun turun lift.

  • 4. Pajangan Toko

  • Biasanya barang-barang yang dipajang di toko banyak yang ditumpuk terlalu tinggi. Bahkan tumpukan yang pendek pun dapat mencelakai si kecil. Katakan kepada anak-anak Anda untuk tidak menyentuh barang-barang yang berada di rak karena kita tidak tahu kekuatan rak-rak tersebut, jika tidak berhati-hati justru akan menimpa anak-anak kita. Jangan biarkan anak-anak merangkak di kolong tempat yang banyak pakaian digantung karena jika kaki mereka tersangkut pada pakaian-pakaian tersebut, rak tersebut bisa roboh dan menimpa anak Anda.

  • Tujuan kita bepergian ke mal adalah untuk bersenang-senang, namun janganlah lengah dan tetaplah waspada terhadap ancaman dan bahaya yang selalu mengintai di dalam mal yang terlihat bersih, aman, dan menyenangkan. Jangan sampai kegembiraan kita berubah menjadi sesuatu yang mendatangkan duka bagi keluarga. Barang-barang di mal tidak ada yang lebih berharga dibandingkan anak-anak kita.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Menjaga Keamanan Anak-Anak di Mal

Walaupun kelihatannya mal adalah tempat yang bersih, aman, dan menyenangkan, tetapi tidak menutup kemungkinan banyak bahaya mengintai anak-anak kita yang masih kecil.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr