Menjaga Kehalusan Kulit Muka

Sebetulnya tidak hanya perempuan yang terobsesi dengan kehalusan kulit mukanya, kaum pria juga khawatir bila mukanya berjerawat atau cepat keriput.

82,068 views   |   70 shares
  • "Cantik betul perempuan itu ya, Pak, mukanya halus seperti marmer!" "Yah, kalau aku yang mengagumi nanti Ibu bilang mata keranjang, mata jalang." "Bukan begitu, Pak, aku ingin deh punya muka sehalus itu, apa rahasianya ya?" "Bilang saja ingin beli krim muka, Bu." "Yah, Bapak, kalau mukaku halus siapa yang senang coba?" "Kalau krimnya manjur sih tidak apa-apa, di meja rias Ibu saja botol krim bertumpuk seperti mau jualan." Percakapan seperti ini kadang-kadang terdengar di mall. Sebetulnya tidak hanya perempuan yang terobsesi dengan kehalusan kulit mukanya, kaum pria juga khawatir bila mukanya berjerawat atau cepat keriput. Muka yang halus dan bersih sedap dipandang dan enak dilihat. Oleh karena itu, para pembuat krim muka menghasilkan banyak uang, biar pun produknya tidak bergaransi betul-betul dapat melicinkan muka, bukan hanya kantong. Bagaimana menjaga kehalusan muka Anda tanpa banyak mengeluarkan uang?

  • Bersihkan setiap hari

  • Pertama-tama tentu saja membersihkan kulit muka setiap hari. Jangan memakai sabun biasa karena mungkin mengandung zat kimia yang keras. Pakailah sabun bayi dan sabun lunak lainnya. Jangan malas membersihkan muka sehabis keluar rumah, karena debu menyebabkan tersumbatnya pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Sekarang dijual banyak macam sikat halus untuk muka yang dijalankan dengan baterai atau listrik. Anda dapat menaruh air panas di panci dan menutup kepala dengan handuk sehingga uap mengenai muka Anda dan pori-pori agak membesar untuk memudahkan dibersihkan. Sesudah itu sikatlah muka Anda perlahan-lahan. Bila tidak mempunyai sikat semacam itu pakailah krim pembersih yang memakai butiran-butiran halus. Atau pakailah gula kasar dicampur minyak sedikit, gosok-gosokkan ke kulit muka sebentar untuk "mengamplas" kotoran dan kulit lama.

  • Masker

  • Membantu membersihkan muka dan mengencangkan kulit. Pakailah masker seminggu sekali yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti telur, alpukat, ketimun, dan buah-buah lainnya. Sebelum memakai masker jangan lupa membersihkan kulit muka lebih dulu. Untuk masker telur seperti ditunjukkan dalam video di atas, pisahkan putih dari kuning telur, masing-masing di sebuah mangkok. Kocoklah putih telur dengan garpu sampai berbusa. Oleskan secukupnya ke muka Anda dan biarkan kering. Bila Anda tidak bisa tersenyum, berarti masker sudah kering. Bersihkan dengan air hangat. Kemudian pakailah sedikit kuning telur untuk masker pelembab. Lakukan kembali tes senyum untuk mengetahui apakah masker sudah kering. Bersihkan lagi dengan air hangat. Pakailah sedikit krim muka dan gosokkan es untuk menyegarkan kulit.

  • Advertisement
  • Makanan

  • Banyak makan buah dan sayur membuat kulit muka lebih bersih dan segar. Buah-buah berry, anggur, dan sayur-sayuran hijau mengandung vitamin-vitamin yang membantu sel-sel tubuh untuk tetap sehat. Minum jus buah dan jus sayur menolong untuk memasup lebih banyak makanan sehat ini.

  • Air

  • Minum banyak air supaya kulit segar dan juga tubuh sehat. Dehidrasi dapat mendatangkan penyakit yang tidak boleh disepelekan. Di udara panas, dehidrasi dapat berakibat fatal, terutama bila sedang bermain olah raga atau bekerja. Pakailah juga air untuk menyiram muka dan badan di udara panas untuk membiarkan kulit menyerap air.

  • Pelindung

  • Untuk melindungi kulit muka dari sinar matahari yang terik, pakailah topi atau payung. Terlalu banyak terkena sinar matahari bukan saja menimbulkan bercak-bercak pada kulit, tetapi juga menyebabkan keriput serta kanker kulit. Kulit orang Asia lebih halus dibanding kulit orang Barat karena genetik tekstur kulit kelembaban udara, dan cara makan. Kebiasaan orang Asia makan gorengan menyebabkan kulit berminyak. Keuntungannya kulit lebih supel, kerugiannya dapat menimbulkan jerawat.

  • Hindari stres

  • Stres adalah musuh nomor satu yang menyebabkan muka cepat keriput. Wajah orang yang capai atau sedih kelihatan lebih tua daripada orang yang tersenyum atau ceria. Sebisa mungkin hindari stres dengan pekerjaan jasmani dan olah raga.

  • Lemak vs Botox

  • Banyak selebriti sekarang memakai botox untuk melicinkan muka namun hasilnya kadang-kadang mengecewakan. Kita lihat contohnya beberapa bintang film Hollywood yang mukanya kelihatan aneh gara-gara ingin menyembunyikan umur. Sebaliknya lemak yang wajar jumlahnya membuat wajah kelihatan segar daripada tulang yang terbalut kulit.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Menjaga Kehalusan Kulit Muka

Sebetulnya tidak hanya perempuan yang terobsesi dengan kehalusan kulit mukanya, kaum pria juga khawatir bila mukanya berjerawat atau cepat keriput.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr