Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Terkadang ada keluhan dari para pengguna smartphone yang berpendapat bahwa pulsa mereka cepat habis karena menggunakan berbagai aplikasi smartphone yang sangat mengandalkan koneksi internet.

10,062 views   |   2 shares
  • Di Indonesia, terutama di kota-kota besar, semakin banyak orang menggunakan smartphone. Ada berbagai merek smartphone dengan berbagai sistem operasi, yang terkenal misalnya Android atau iOS. Berbagai provider telepon seluler menawarkan akses internet yang cepat dan murah melalui paket kuota berbasis data atau berbasis waktu. Paket internet biasanya cukup terjangkau dan berlaku untuk periode tertentu, misalnya paket 3GB data per bulan biasanya sekitar Rp 50.000,- saja.

  • Namun terkadang ada keluhan dari para pengguna smartphone yang berpendapat bahwa pulsa mereka cepat habis karena menggunakan berbagai aplikasi smartphone yang sangat mengandalkan koneksi internet. Jika Anda tidak membeli paket internet, maka pulsa smartphone Anda akan terus tersedot, bahkan ketika Anda tidak menggunakan aplikasi atau mengakses internet, karena sebagian besar aplikasi ini dan bahkan sistem operasi smartphone Anda harus selalu menggunakan akses internet untuk update dan synchronization. Anda juga harus memastikan kuota internet yang Anda beli memadai untuk menghindari pulsa tersedot ketika kuota internet Anda habis. Anda dapat mengatasi ini dengan mengatur batas data smartphone Anda dan menghemat penggunaan paket data Anda.

  • Ada beberapa penyebab mengapa kuota internet Anda cepat habis, antara lain:

  • 1. Streaming dan mengunggah video

  • Melihat dan mengunggah video misalnya melalui YouTube menggunakan banyak kuota internet, apalagi jika pengaturan resolusi video Anda berkualitas tinggi, misalnya untuk mengunggah video beresolusi high-definition (HD) dapat menghabiskan sekitar 200 MB data per menit. Ada baiknya Anda menggunakan koneksi WiFi apabila Anda ingin mengunggah video.

  • Streaming video juga semakin sering dilakukan para pengguna smartphone, misalnya untuk melihat trailer dan teaser film bioskop terbaru atau bahkan menonton film utuh, misalnya melalui YouTube, iTunes, dan Vimeo. Streaming video sangat menyita kuota internet Anda, biasanya sekitar 50 MB data per menit. Apabila Anda hobi menonton video atau film, ada baiknya Anda mengunduhnya secara legal.

  • Advertisement
  • 2. Streaming musik

  • Selain streaming video dan film, para pengguna smartphone juga senang melakukan streaming musik favorit mereka, misalnya melalui Guvera Music atau Rdio Music. Mendengarkan musik seperti ini sangat praktis dan cepat. Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja, asalkan ada koneksi internet. Anda juga tidak perlu menyediakan ruang di dalam kartu memori smartphone Anda untuk menyimpan ratusan file musik. Meskipun demikian, streaming musik juga sangat boros kuota internet. Misalnya, apabila Anda mendengarkan lagu beresolusi 320 Kbps, itu akan menghabiskan sekitar 2,4 MB data per menit. Apabila Anda streaming musik selama satu jam, maka Anda akan menghabiskan 115 MB kuota internet Anda.

  • 3. Obrolan video

  • Banyak aplikasi smartphone menawarkan video chat gratis, misalnya Line, Skype, atau FaceTime. Tetapi fasilitas obrolan video ini tidak benar-benar gratis karena sebenarnya menghabiskan banyak bandwidth, biasanya sekitar 3 MB per menit. Ini juga tergantung pada aplikasi video chat yang Anda gunakan dan resolusi video chat Anda. Kurangi video chat dan gunakan chat biasa saja. Apabila Anda ingin melakukan video chat, mungkin Anda bisa melakukannya ketika terhubung dengan koneksi WiFi.

  • 4. Permainan online

  • Salah satu keuntungan smartphone adalah begitu banyaknya online games dan game application yang tersedia gratis. Anda dapat mengunduh games secara cuma-cuma melalui playstore. Tetapi lagi-lagi ini tidak benar-benar gratis, karena aplikasi permainan biasanya melakukan update otomatis hampir setiap hari dan update ini menggunakan kuota internet. Tidak apa-apa jika Anda memiliki satu permainan saja di smartphone Anda, tetapi jika Anda punya banyak permainan, maka ini akan sangat menyita kuota internet Anda. Perhatikan ukuran permainan sebelum Anda mengunduhnya, misalnya untuk mengunduh permainan anak Despicable Me Minion Rush akan menghabiskan 80,64 MB dari kuota internet Anda. Walaupun permainan ini sangat seru, tetapi permainan ini juga melakukan update hampir setiap hari dan mengonsumsi banyak kuota internet dari smartphone Anda. Selain itu, ketika Anda bermain online, perhatikan durasi permainan Anda untuk menghindari penggunaan kuota internet yang berlebihan, misalnya permainan Modern Combat 5 Blackout yang berbasis real-time menggunakan 1 MB data per menit.

  • Advertisement
  • Ada banyak penyebab lain kuota internet cepat habis, misalnya mengunduh lagu, mengunggah foto, dan menggunakan aplikasi jejaring sosial setiap saat. Semoga setelah Anda mengetahui berbagai penyebab ini, Anda akan semakin bijaksana dalam menggunakan kuota internet smartphone Anda.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Penyebab Kuota Internet Cepat Habis

Terkadang ada keluhan dari para pengguna smartphone yang berpendapat bahwa pulsa mereka cepat habis karena menggunakan berbagai aplikasi smartphone yang sangat mengandalkan koneksi internet.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr