Pengganti Susu dan Manfaatnya

Susu merupakan sumber kalsium dan banyak vitamin lainnya, pelengkap dari susunan makan 4 sehat 5 sempurna. Namun ada orang yang alergi terhadap laktosa yang dikandung susu, setiap minum susu pasti diare.

3,031 views   |   1 shares
  • Susu merupakan sumber kalsium dan banyak vitamin lainnya, pelengkap dari susunan makan 4 sehat 5 sempurna. Namun ada orang yang alergi terhadap laktosa yang dikandung susu, setiap minum susu pasti diare. Orang seperti ini dapat mengonsumsi produk-produk dari susu sebagai penggantinya. Dengan demikian mereka tidak akan kehilangan vitamin dan mineral yang dikandung susu. Apa saja produk-produk itu dan apa kelebihannya?

  • Susu kedelai

  • Kedelai dapat dijadikan susu dengan cara merendamnya semalaman. Sesudah agak lunak, masukkan ke dalam blender dan haluskan. Beri air dan masak sampai mendidih. Saring supaya ampasnya tertinggal. Masak ampas itu dengan air sekali lagi dan saring. Jadilah susu kedelai yang dapat Anda minum, jika suka dapat Anda tambahkan gula. Sedangkan ampasnya dapat Anda olah menjadi perkedel.

  • Es krim

  • Semua orang pasti kenal dan suka es krim. Es krim coklat, es krim strawberry, apalagi tutti fruti. Di cuaca panas terik, es krim merupakan kudapan yang sangat didambakan. Es krim terbuat dari susu dan mudah dibuat di rumah bahkan bila Anda tidak mempunyai alat pembuat es krim. Pada dasarnya pakailah dua tempat, satu besar, satu kecil. Boleh dari kaleng, boleh dari plastik, bahkan kantong plastik. Tempat yang kecil untuk bahan dasar es krim dan segala tambahan rasanya yang sudah diblender/dikocok halus, tempat yang lebih besar untuk diberi es dan garam kasar. Lalu masukkan tempat kecil di tengah-tengah tempat yang lebih besar. Kocok-kocok tempat itu dan bekukan di kulkas bagian atas. Sesudah beberapa jam atau semalaman es krim itu dapat dinikmati. Resep-resep es krim dapat Anda temukan di banyak situs. Anda juga dapat menciptakan es krim dengan rasa kreasi Anda sendiri, seperti kacang hijau, kacang merah, kelapa muda, alpukat, durian, dan lain-lain.

  • Berbicara tentang es krim tentu kita tidak bisa lepas membahas tentang contong kuenya. Dari mana asal usul contong kue es krim? Contong kue itu ditemukan pada tahun 1904. Jadi sebelum itu orang-orang hanya makan es krim dari tempat yang tidak bisa dimakan. Mungkin ada juga orang yang makan es krim dengan meletakkannya pada roti atau kue tetapi hal ini tetap membutuhkan piring kecil atau mangkok. Ceritanya seorang pedagang kue waffle tipis, Ernest Hamwi, berjualan di pekan raya dunia di Roma, Italia. Dia melihat seorang penjual es krim diantri begitu banyak orang sehingga tidak sempat mencuci mangkok-mangkok es krimnya. Dia mendapat ide, dilipatnya kue wafflenya yang tipis menjadi contong dan diisinya dengan es krim. Sejak itu banyak orang meniru idenya. Selain contong kue, banyak hal lain yang enak untuk dimakan dengan es krim. Panekuk yang tipis dan berwarna-warni dihidangkan dengan es krim oleh seorang penjual es krim di Semarang dulu. Sekarang bila Anda pergi ke toko es krim, Anda dapat menambahkan sirup coklat kental, permen M&M mini, selai strawberry, meises warna warni, dan banyak penghias lainnya.

  • Advertisement
  • Yogurt

  • Yogurt bermanfaat karena mengandung bakteri berguna yang membantu pencernaan selain kandungan kalsiumnya yang tinggi. Yogurt juga mudah dibuat sendiri. Untuk biangnya, belilah yogurt putih tanpa rasa di kemasan kecil. Hangatkan dua liter susu sampai suam-suam kuku, masukkan yogurt dan blender atau kocok supaya rata tercampur. Diamkan satu malam sampai terlihat kental dan simpan di kulkas. Dapat dihidangkan dengan campuran buah-buah kaleng atau blender strawberry bersama. Bila malas membuat sendiri, banyak macam yogurt dijual di toko. Greek yoghurt salah satu di antaranya. Ada yang ditambah rasa blueberry, strawberry, persik, dan sebagainya.

  • Keju

  • Bagi orang yang tidak bisa minum susu, keju merupakan pengganti yang baik. Keju cheddar mengandung hanya 5% dari laktosa yang ada pada susu. Selain cheddar ada begitu banyak macam keju, Swiss, American, mozarela, cottage dan ratusan macam lainnya. Konon ada 1400 macam keju di 73 negara di dunia. Keju dapat dipadu dengan berbagai makanan gaya Barat seperti hamburger, spaghetti, pizza, lasagna dan banyak lagi. Keju juga enak digoreng bersama pisang, atau dibuat roti pisang keju. Ada yang makan anggur dengan keju. Dan banyak yang suka menaruh keju di atas biskuit asinnya. Bagi orang yang darah tinggi dianjurkan tidak makan keju banyak-banyak karena biasanya keju dibuat asin supaya awet. Anda juga dapat membaca artikel Pedoman Dasar Makanan Sehat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Pengganti Susu dan Manfaatnya

Susu merupakan sumber kalsium dan banyak vitamin lainnya, pelengkap dari susunan makan 4 sehat 5 sempurna. Namun ada orang yang alergi terhadap laktosa yang dikandung susu, setiap minum susu pasti diare.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr