Persiapan Lulus Sekolah

Masuk perguruan tinggi negeri, masa depan yang cerah, tidak dapat diraih dengan dibayangkan saja.

485 views   |   shares
  • Sejak kelas dua sekolah menengah atas, para siswa sudah dipersiapkan untuk lulus. Biasanya mereka mulai mempertimbangkan perguruan tinggi mana yang akan mereka tuju nantinya. Masuk perguruan tinggi negeri, masa depan yang cerah, tidak dapat diraih dengan dibayangkan saja. Semua itu membutuhkan perjuangan keras dimulai dengan taat masuk kelas, mengerjakan tugas-tugas sekolah, memperoleh nilai-nilai bagus untuk tes, dan prestasi-prestasi lainnya. Apa saja yang harus mereka lakukan dalam persiapan untuk lulus? Di bawah ini ada beberapa petunjuk yang dapat membantu.

  • Jangan banyak absen

  • Mulailah memikirkan masa depan dengan serius. Masa remaja memang masa untuk menikmati semua kegembiraan yang ada. Tetapi tidak setiap hari dalam seminggu. Ada harinya untuk pergi ke sekolah, ada harinya untuk liburan. Jangan membiasakan diri bolos sekolah, tugas akan bertumpuk dan ini akan membuat Anda ketinggalan pelajaran. Sebagai manusia, tentu saja sakit kadang-kadang tidak bisa dihindari. Bila terpaksa absen karena sakit, usahakan untuk mengejar ketinggalan. Pinjamlah catatan dari teman. Tanyakan kepada guru apakah dapat mengambil tes pengganti. Mintalah kelonggaran untuk menyerahkan proyek yang terlambat.

  • Catat tanggal penting

  • Pakai atau buatlah sendiri kalender besar untuk mencatat tanggal untuk tes, tanggal untuk mengajukan beasiswa, tanggal untuk menyerahkan tugas, dan tanggal lain yang penting. Gantungkan kalender itu di tempat yang mudah dilihat. Dengan banyaknya kesibukan, tanggal-tanggal ini gampang sekali terlupakan. Suatu hari kamu datang ke sekolah dan terkejut ketika guru membagikan kertas tes. Kamu mengira itu tes mendadak tetapi teman-teman yang lain tampak siap. Carilah keterangan dari sekolah tentang tanggal untuk mengambil tes persiapan masuk perguruan tinggi atau tanggal untuk mengajukan beasiswa. Jangan menunggu sampai saat terakhir karena ada kemungkinan komputer tidak bekerja, surat terlambat dalam perjalanan, dan lain-lain.

  • Beberapa tips untuk persiapan mengambil tes:

    1. Setiap saat adalah saat yang tepat untuk persiapan dan latihan. Tidak ada mukjizat yang dapat menggantikan persiapan. Dengan mempersiapkan diri jauh sebelum waktunya, Anda akan lebih percaya diri dan dapat berpikir tenang ketika mengerjakan tes. Sebaliknya jika tidak siap, keringat dingin akan menetes dan kegelisahan membuat otak makin sulit berpikir.

    2. Carilah tempat yang tenang untuk belajar. Bila di rumah terlalu berisik dengan segala kesibukan dan keributan rumah tangga, carilah tempat lain. Mungkin Anda perlu pergi ke perpustakaan dan belajar di situ. Anda juga dapat meminjam buku dan komputer kalau perlu.

    3. Adakan kelompok belajar seminggu sekali untuk bertukar pikiran dan mempelajari bersama soal-soal yang sulit. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, jangan hanya mengobrol dan bercanda.

    4. Pelajarilah tes-tes yang sudah lalu untuk membiasakan diri. Sekolah dapat membantu memberikan soal-soal ujian tahun-tahun yang sudah lewat. Dengan demikian Anda siap dan tahu apa yang akan Anda hadapi nantinya di saat ujian.

    5. Jangan merencanakan liburan. Betapa pun menariknya, tidaklah bijaksana untuk pergi berlibur menjelang saat-saat ujian walau hanya di akhir pekan. Itu dapat dilakukan nanti ketika sekolah usai.

    6. Mintalah petunjuk dari guru tentang cara-cara yang dapat membantu untuk mengerjakan tes. Selain bahan-bahan tes dari tahun-tahun lalu, guru Anda mungkin dapat memberi ilham dari pengalamannya sebagai guru.

    7. Tidur yang cukup sangatlah penting sebelum mengambil tes karena otak yang kekurangan oksigen membuat mata mengantuk dan sulit berpikir. Bila Anda merasa belum siap, tidak ada gunanya belajar sampai larut di malam hari sebelum ujian.

    8. Makan pagi yang cukup, supaya rasa lapar tidak mengganggu ketika mengerjakan tes. Tetapi juga jangan terlalu banyak makan supaya tidak mengantuk. Makan terlalu banyak menyebabkan oksigen dikerahkan ke perut untuk mencerna sehingga otak kekurangan oksigen dan timbul rasa mengantuk. Selain itu makan terlalu banyak juga dapat menyebabkan sakit perut.

    9. Baca dengan teliti petunjuk dan pertanyaan serta pilihan-pilihan untuk jawaban sebelum menjawabnya. Jangan lupa membalik kertas sesudah selesai dengan sisi depan, untuk memastikan bahwa tidak ada pertanyaan terlewat. Siapa tahu tes itu dicetak di kedua sisi kertas, yaitu depan dan belakang.

    10. Tulislah jawaban dengan tulisan yang dapat dibaca, jangan dengan tulisan dokter. Bila orang yang memeriksa tidak dapat membaca jawaban Anda, dia akan menganggapnya salah.

  • Advertisement
Bagikan kepada teman-teman Anda!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Persiapan Lulus Sekolah

Masuk perguruan tinggi negeri, masa depan yang cerah, tidak dapat diraih dengan dibayangkan saja.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr