Bagaimana Mengatasi Takut Air?

Biasanya anak kecil takut akan air karena ketika berada di dalam air, dia merasa tidak ada batasan dan terombang-ambing oleh gerakan air.

5,795 views   |   7 shares
  • Bila Anda seorang yang gemar berenang, Anda tentu frustrasi menghadapi anak Anda yang takut akan air. Dia tidak takut bermain dengan air di pancuran, tetapi bila Anda berusaha mengajaknya masuk ke kolam renang dia akan berusaha keras menolak. Seperti kucing yang takut akan air dia lari menjauh. Anda mencoba membujuknya susah payah, namun tetap saja dia menolak belajar berenang.

  • Mengapa takut?

  • Ada anak yang penakut, ada anak yang pemberani. Seorang nenek berbagi pengalaman berikut, "Dua orang cucu lelaki saya yang masih kecil, mempunyai keberanian yang berbeda. Kakaknya agak takut, hanya berani bermain di pinggiran kolam. Sementara adiknya dengan lincah bermain di tengah-tengah kolam tanpa rasa takut sama sekali. Keduanya memiliki kemampuan renang yang sama, tetapi keberanian mereka berbeda kadarnya. Si kakak lebih berhati-hati karena dia sudah lebih memahami bahaya tenggelam, sedangkan adiknya tidak memikirkan hal itu." Suhu air juga mempengaruhi, air yang dingin tentu saja membuat orang segan berenang.

  • Berilah pengertian

  • Anak Anda merasa takut karena dia merasa air berbahaya. Karena itu berilah pengertian bahwa Anda akan selalu mengawasinya dan tidak akan membiarkan dia berada dalam bahaya. Anak-anak biasanya suka main air. Mulailah dengan mengajaknya bermain di tempat yang tidak dalam dan membandingkannya dengan baskom besar di rumah. Atau Anda dapat membeli kolam plastik kecil yang dapat ditaruh di halaman. Dia boleh berpura-pura menganggap itu kolam renang. Bila sudah terbiasa, Anda dapat mengajaknya ke kolam sungguhan. Berilah jaket pelampung yang berwarna cerah dan bergambar lucu sehingga menambah minatnya untuk ke kolam renang. Ban renang dan pelampung di tangan kurang aman bagi anak-anak kecil.

  • Peraturan main

  • Sedikit rasa takut terhadap air tidak ada salahnya, hal ini akan membuat anak-anak lebih berhati-hati. Tetapi bila orang tua merasa takut walaupun tidak ditunjukkan terang-terangan, anak-anak akan merasakannya. Buatlah 3 peraturan ini:

    1. Orang tua harus masuk ke air lebih dulu

    2. Jangan pernah berenang sendirian

    3. Jangan terjun ke kolam dengan kepala lebih dulu

  • Jangan memaksa

  • Jangan sekali-kali mengangkat anak Anda ke kolam dan memaksanya masuk ke air, itu akan menambah rasa takutnya. Biasanya anak kecil takut akan air karena ketika berada di dalam air, dia merasa tidak ada batasan dan terombang-ambing oleh gerakan air. Lebih-lebih bila Anda bertamasya ke tepi pantai, anak Anda akan lebih takut melihat lautan yang luas. Anda dapat menuntunnya di tempat yang dangkal, tidak lebih dari semata kaki, serta memegang tangannya erat-erat. Ketika dia melihat orang-orang bermain dengan gembira di pantai, dia akan tertarik untuk mengikuti jejak mereka.

  • Advertisement
  • Bangkitkan semangatnya

  • Jika Anda berniat mengunjungi tempat peristirahatan, pantai, atau kolam renang umum, beberapa hari sebelumnya ceritakanlah betapa menyenangkannya tempat itu supaya menggugah semangat anak itu untuk berenang. Seorang ibu berbagi pengalaman pribadinya, "Ada sebuah cerita lucu yang tidak pernah saya lupakan tentang adik saya ketika dia masih balita. Setiap akhir pekan kami pergi ke kolam renang umum. Malamnya sebelum pergi adik saya dengan penuh semangat bercerita bahwa dia akan berenang besok. Dia tengkurap di ranjang dan memperagakan gaya renangnya. Tetapi besoknya bila kakak saya mengangkat dia untuk diajak masuk ke kolam renang dia akan berteriak sekencang-kencangnya dan berontak ketakutan. Begitulah yang selalu terjadi, apapun bujukan kami. Namun suatu hari dia melihat anak sebayanya berenang dengan riang ke sana ke mari, akhirnya dia menyadari bahwa belajar berenang itu menyenangkan."

  • Ajarlah berenang

  • Dengan menguasai keterampilan berenang, anak Anda akan merasa percaya diri dan tidak takut lagi akan air. Dia pasti mau berenang setiap hari bila sudah mahir. Anda dapat memilih guru renang yang handal bila Anda sendiri merasa kemampuan Anda kurang memadai untuk mengajar. Juga ajarkan tanda-tanda orang tenggelam supaya mereka dapat berjaga-jaga serta memerhatikan orang lain. Baca juga Mengenali Tanda-Tanda Orang Tenggelam. Walaupun mereka tidak dapat membantu secara langsung, mereka dapat memberitahu orang dewasa untuk segera memberi pertolongan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana Mengatasi Takut Air?

Biasanya anak kecil takut akan air karena ketika berada di dalam air, dia merasa tidak ada batasan dan terombang-ambing oleh gerakan air.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr