Berolahraga Bersama Keluarga

Berolahraga bersama keluarga sangat menyenangkan karena dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga, selain juga dapat menyehatkan tubuh kita.

1,093 views   |   1 shares
  • Olahraga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita, tidak hanya berguna bagi orang dewasa tetapi olahraga juga penting bagi pertumbuhan anak-anak kita. Berolahraga bersama keluarga sangat menyenangkan karena dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga, selain juga dapat menyehatkan tubuh kita. Olahraga bersama keluarga dapat dilakukan pada hari libur, akhir pekan, atau bahkan dapat menjadi rutinitas sehari-hari. Carilah waktu yang tepat untuk menghabiskan waktu dan berolahraga bersama anak-anak Anda. Ada beberapa macam olahraga yang dapat dilakukan bersama keluarga baik secara gratis maupun berbayar.

  • 1. Lari atau jalan santai

  • Lari atau jalan santai adalah olahraga yang paling mudah dan dapat dilakukan di sekitar perumahan Anda. Anda dapat juga mencari taman yang memiliki jogging track. Perhatikan keselamatan anak-anak kecil Anda jika Anda melakukan olahraga lari atau jalan santai di kompleks perumahan Anda karena biasanya ada banyak kendaraan yang lalu lalang. Biarkan anak-anak kecil Anda berada di sisi jalan. Anda tidak perlu berlari atau berjalan cepat, karena justru akan mengurangi kenikmatan waku bersama keluarga. Nikmatilah pemandangan di sekeliling Anda.

  • 2. Bermain bola

  • Jika ada lapangan dekat rumah, Anda dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk bermain sepak bola, basket, ataupun sekadar lempar tangkap bola dengan anak-anak Anda. Jika Anda ingin lebih puas lagi, Anda dapat menyewa lapangan di pusat olahraga dekat rumah Anda untuk bermain bola. Tetapi biasanya jumlah anggota keluarga kita tidak cukup untuk membuat dua regu. Anda dapat mengundang keluarga lain untuk bergabung bersama Anda, misalnya keluarga kakak atau adik Anda.

  • 3. Berenang

  • Berenang adalah olahraga yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Hampir semua anak-anak menyukai olahraga renang walaupun mereka mungkin tidak menguasai gaya renang yang benar, tetapi biasanya anak-anak menikmati bermain air. Jangan lupa bawalah perlengkapan renang seperti baju renang, pakaian ganti, perlengkapan mandi, pelampung, makanan, dan minuman karena biasanya sehabis berenang akan terasa lapar. Pilihlah kolam renang yang paling disukai oleh keluarga Anda, di mana kolam untuk anak-anak kecil cukup aman dan menyenangkan. Perhatikan juga keberadaan petugas penjaga keselamatan di kolam renang untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan. Awasi selalu anak-anak kecil Anda. Jangan membiarkan mereka sendirian terutama jika kolam terlihat ramai.

  • Advertisement
  • 4. Bersepeda

  • Sama seperti berlari dan berjalan santai, bersepeda juga dapat dilakukan di sekitar rumah Anda dan Anda tidak perlu membayar. Jika Anda memiliki anak-anak yang masih kecil, jangan mengayuh sepeda Anda terlalu cepat karena anak Anda dapat tertinggal. Biarkan mereka mengayuh sepeda di depan Anda agar mereka selalu berada di bawah pengawasan Anda. Jika anak kecil Anda belum dapat bersepeda, Anda dapat memasang tempat duduk boncengan buat si kecil di depan atau di belakang sepeda Anda.

  • 5. Bulutangkis

  • Bulu tangkis dapat dilakukan di lapangan dekat rumah Anda atau menyewa lapangan di klub olahraga di sekitar rumah Anda. Anda hanya membutuhkan raket dan kok untuk dapat bermain bulutangkis, jika Anda bermain dengan anak-anak kecil Anda, Anda tidak harus menggunakan net karena biasanya pukulan anak-anak kecil tidak dapat melampaui tinggi net. Jangan memarahi anak Anda jika mereka belum mahir memukul kok, biarkan mereka belajar.

  • Jika Anda masih bingung untuk menghabiskan waktu Anda, Anda tinggal memilih salah satu olahraga di atas bersama keluarga. Ingatlah bahwa ketika Anda berolahraga bersama keluarga, Anda tidak ingin berkompetisi antar anggota keluarga, tetapi Anda ingin menikmati waktu yang menyenangkan bersama mereka. Tubuh menjadi sehat dan hati menjadi senang. Tidak ada hal yang lebih menyenangkan daripada berkumpul dan menghabiskan waktu bersama keluarga.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Indah Wajarsari is an Indonesian native and mother of two.

Berolahraga Bersama Keluarga

Berolahraga bersama keluarga sangat menyenangkan karena dapat mempererat hubungan antar anggota keluarga, selain juga dapat menyehatkan tubuh kita.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr