Komunikasi Efektif

Komunikasi baik saja tidak cukup. Itu harus efektif, artinya anak-anak Anda mempercayai apa yang sedang dibicarakannya dan menerapkan dalam hidup mereka.

627 views   |   shares
  • Halaman belakang rumah kembali putih tertutup salju. Puncak bukit di depan rumah juga. Atap semua rumah di kiri kanan pun telah memutih. Di lapangan kosong sebelah rumah yang biasa banyak ditumbuhi semak, kini telah gundul seperti padang putih dengan di sana sini diselingi pohon-pohon kekar. Udara mengalir membeku kembali. Namun pohon di halaman belakang tetap berdiri meskipun sudah gundul tanpa daun sepotong pun. Sekali-kali masih ada burung yang hinggap di situ. Rupanya tidak semua burung bermigrasi ke selatan. Jalan-jalan di perkampungan perumahan terlihat sunyi tak seorang anak pun terlihat bermain. Alam seperti tertidur nyenyak meskipun matahari terlihat masih memancar dengan terang seolah-olah semua gemgap gempita dunia telah terhenti.

  • Ini adalah sekadar perputaran musim, bergantinya orbit bumi terhadap matahari … hanya manusia yang memberi arti untuk semua peristiwa alam tersebut … itulah malam Natal putih.

  • Hari ini cuaca berubah lagi. Awan gelap menyelimuti kota Farmington dan air hujan menggantikan salju yang seharusnya turun di musim dingin ini. Gunung di depan rumah sudah tak nampak lagi. Ia tertutup kabut pekat. Udara tetap dingin membeku di luar sama seperti kejadian di awal tahun 2015 di kota Paris, Perancis di mana mereka membuat slogan 'je suis Charlie' (aku adalah Charlie) yang membuat darah setiap orang membeku di tengah jalan menyaksikan tragedi anak manusia.

  • Menurut kisah hidup dua teroris yang melakukan pembunuhan tersebut, Cherif dan Said Kuoachi terlahir sebagai anak yatim piatu di daerah paling keras di timur laut kota Paris. Cherif sempat keluar masuk penjara sebelum bergabung dengan aliran militan Muslim (nbcnews.com).

  • Tanpa membenarkan perbuatan kedua bersaudara tersebut, ini adalah skenario klasik hilangnya bimbingan orang tua yang mengasihi mereka. Pertumbuhan jiwa anak-anak itu kemudian diperparah dengan lingkungan keras tempat mereka tinggal. Dengan demikian mereka jatuh ke dalam tangan kelompok sebaya mereka yang penuh kekerasan pula, sehingga mereka lebih cocok dengan segala kekerasan. Anak-anak demikian akan cenderung menyelesaikan masalah mereka dengan singkat dan keras. Komunikasi bagi mereka adalah membuang waktu dan pecuma.

  • Tidak semua masalah harus ditanggapi dengan kekerasan. Masakan kalau mobil Anda mogok di tengah jalan lalu Anda menghancurkannya dengan menggunakan bulldozer? Sebagai orang waras, Anda tentu tahu bahwa kekerasan tersebut hanya akan memperparah kesulitan Anda yang ada di depan mata.

  • Advertisement
  • Oleh karena itu, kalau Anda memiliki anak-anak dan Anda mengasihi mereka, maka belajarlah menciptakan komunikasi yang efektif dalam keluarga. Komunikasi baik saja tidak cukup. Itu harus efektif, artinya anak-anak Anda mempercayai apa yang sedang dibicarakannya dan menerapkan dalam hidup mereka.

    • Biasakan membicarakan kehidupan sehari-hari setiap hari. Memang tidak semua orang tua memiliki kemewahan banyak waktu di rumah. Tantangannya adalah tetap berbicara kepada mereka 'setiap hari', bukan kalau ada waktu.

    • Luangkan waktu untuk saling bertukar pikiran dalam sebuah pembicaraan, jangan menunggu sampai ada yang penting. Carilah di sela-sela kesibukan Anda untuk bertukar pikiran dengan anak-anak. Ingatlah Anda yang membawa mereka datang ke dunia ini. Oleh karena itu, membimbing mereka dengan kasih bukan merupakan opsi tetapi kewajiban orang tua.

    • Mudah diajak bicara. Semoga Anda tidak 'terpaksa' membawa pulang pekerjaan, sehingga anak-anak 'dilarang' mendekati Anda sewaktu Anda sedang bekerja. Kalau pun Anda bekerja dari rumah, usahakan agar Anda masih mudah diajak berbicara. Jangan tergesa-gesa memberi wejangan atau memutus pembicaraan dengan mengambil kesimpulan sepihak kalau Anda tidak ingin anak-anak Anda menyembunyikan masalah mereka.

    • Tanggapi dengan serius semua keprihatinan atau pertanyaan anak-anak. Kalau pertanyaan mereka sulit buat Anda, berjanjilah dan tepatilah janji Anda untuk kembali membahasnya setelah Anda mempelajarinya, menanyakan kepada orang lain, atau menemukan jawabannya. Kalau menghadapi jalan buntu, ajaklah anak-anak Anda terlibat ke dalam penjelajahan mencari jawaban atas masalah yang dipertanyakan tersebut.

    • Kalau anak-anak berbicara, dengarkan dengan penuh perhatian seperti Anda mendengarkan rekan kerja Anda sedang berbicara. Bukankah mereka lebih penting daripada rekan kerja Anda? Hubungan dengan rekan kerja Anda akan berakhir sewaktu Anda pensiun, tetapi hubungan Anda dengan anak Anda akan berlangsung untuk selamanya. Biasakan untuk mendengarkan cerita mereka dengan serius kalau Anda ingin anak Anda memiliki kebiasaan mendengarkan Anda.

    • Kalau anak-anak membantah, kendalikan emosi Anda, jangan mematahkan pembicaraan dengan memintanya menutup mulut, atau menghukum anak-anak karena membantah. Mereka harus terbiasa membicarakan segala sesuatu tanpa menaikkan emosi mereka. Dalam setiap 'perbantahan' selalu memiliki sikap mental untuk mencari kebenaran bukan menang-kalah.

    • Kalau anak-anak masih belum menjalankan apa yang Anda minta, beri mereka waktu dan kesempatan agar mereka memutuskan sendiri untuk melakukannya. Misalnya, kalau mereka sedang malas mengerjakan PR mereka, katakan, "Jangan mengerjakan PR untuk saya, tetapi kerjakan untuk kamu sendiri. Itu adalah masa depan kamu bukan masa depan saya." Biarkan dia mengambil keputusan.

  • Advertisement
  • Upaya berkomunikasi secara efektif ini diharapkan agar anak-anak terbiasa untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya secara verbal dan selalu berada dalam sistem yang berlaku. Semoga mereka terbiasa untuk mencari jalan keluar dengan damai. Kalaupun sistem masyarakat telah disalahgunakan, mereka akan memperbaikinya dengan cara damai dalam sistem yang ada.

Baca, hidupkan, bagikan!

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Komunikasi Efektif

Komunikasi baik saja tidak cukup. Itu harus efektif, artinya anak-anak Anda mempercayai apa yang sedang dibicarakannya dan menerapkan dalam hidup mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr