Alergi Pada Anak-Anak

Tidak saja orang dewasa tetapi anak-anak juga bisa mengalami alergi.

831 views   |   shares
  • Tidak saja orang dewasa tetapi juga anak-anak bisa mengalami alergi. Ada yang alergi pada udara dingin, sehingga bersin-bersin dan ingusan tanpa berhenti atau timbul benjolan-benjolan yang disebut biduran, maupun warna merah-merah pada kulit. Ada pula yang alergi terhadap makanan seperti kacang, ikan laut, strawberry dan lain sebagainya. Alergi seperti ini dapat berakibat fatal bila benjolan timbul di tenggorokan dan menutupi jalan napas. Bagaimana cara mencegah supaya ini tidak terjadi?

  • Apa itu alergi

  • Alergi adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang bagi orang lain tidak berbahaya. Pada tubuh orang yang alergi, sistem imunitas tubuh memperlakukan pemicu alergi sebagai musuh yang menyerang dan memberikan reaksi berlebihan, sehingga menimbulkan gejala-gejala yang mengganggu bahkan bisa fatal. Dalam usaha melindungi tubuh, sistem imunitas dari orang yang alergi memproduksi antibodi yang menyebabkan sel-sel alergi melepaskan unsur-unsur kimia (termasuk histamin) ke dalam darah untuk melawan pemicu alergi. Unsur-unsur kimia inilah yang mengakibatkan reaksi alergi yang berdampak pada mata, hidung, tenggorokan, paru-paru. kulit atau pencernaan. Bila tubuh terkena pemicu alergi itu maka akan timbul reaksi yang sama. Alergi dapat menjadi penyakit keturunan walau tidak selalu berarti orang tua yang terkena alergi anak-anaknya akan alergi juga. Mereka hanya memiliki kecenderungan terkena alergi. Anak-anak dapat terkena alergi meski tidak ada seorang pun dalam keluarganya yang alergi.

  • Penyebab

  • Bila sudah diketahui penyebabnya lebih mudah untuk mencegahnya. Anak-anak dapat diajar untuk menghindari penyebab-penyebab alergi mereka. Misalnya Anda melihat sesudah anak Anda makan kacang timbul gatal-gatal yang membuat mereka menggaruk tidak berhenti, bahkan benjolan-benjolan kemerahan di kulit. Anda harus memberi mereka pengertian bahwa mereka tidak boleh makan kacang lagi karena berbahaya bagi keselamatan mereka. Tetapi bila tidak diketahui penyebabnya Anda hendaknya membawa anak Anda ke dokter untuk dilakukan tes apa penyebab alergi itu.

  • Pencegahan

    • Menghindari pemicu alergi. Bila pemicu alergi itu berupa makanan, sebaiknya makanan itu tidak dihidangkan di rumah. Sekeluarga hendaknya mendukung kesehatan anak itu dengan menghindari memakan pemicu alergi di depan anak itu. Jangan memelihara kucing bila alergi si anak dipicu oleh kucing. Bertentangan dengan pendapat orang banyak, bukan bulu kucing atau anjing yang menyebabkan alergi. Alergi itu timbul karena anjing atau kucing suka menjilat badannya. Ketika air liur itu kering, partikel-partikelnya lepas di udara, inilah yang menyebabkan alergi.

    • Bagi anak balita yang belum begitu mengerti Anda dapat membuat kaos untuk anak itu dengan tulisan "Aku alergi terhadap (kacang, strawberry, gluten)." Atau "Jangan beri aku makan (kacang, strawberry, gluten)." Kaos ini dapat dipakai bila anak itu pergi pertama kali ke sekolah atau pergi piknik dengan sekolahnya. Dengan demikian orang yang bertemu dengan anak itu tidak akan memberi makanan yang terlarang baginya.

    • Ajarkan anak itu bila dia sudah dapat memahaminya apa saja yang tidak boleh dimakannya. Terangkan akibat-akibatnya dan berikan contoh untuk memudahkan dia memahaminya. Misalnya neneknya yang menderita diabetes harus terus meminum obat atau menyuntik dirinya dengan insulin dan tidak boleh makan makanan yang manis, begitu pun dia harus menghindari pemicu alerginya atau minum obat.

    • Siapkan obat selalu. Bila Anda siap dan suatu ketika tanpa disadari anak Anda makan sesuatu yang mengandung pemicu alerginya, Anda dapat memberi dia obat segera. Mungkin suatu ketika kita lupa bahwa es krim merah jambu tidak hanya mengandung pewarna, tetapi juga strawberry asli. Juga kue ada yang mengandung almon atau pekan, sejenis kacang-kacangan. Atau bila anak itu alergi terhadap ikan laut dan tanpa sadar Anda menghidangkan gorengan yang berisi udang di dalamnya. Karena itu sebaiknya selalu sediakan obat alergi bagi anak Anda di rumah mau pun bila sedang menempuh perjalanan.

    • Bersihkan rumah dari debu. Seringlah mencuci seprei, sarung bantal, sarung guling dan selimut. Banyak kutu kecil-kecil yang kasat mata berdiam di situ dan menjadi pemicu alergi. Kecoak juga bisa menyebabkan anak-anak alergi, bahkan asma.

  • Advertisement
Bantu kami menyebarkan

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Alergi Pada Anak-Anak

Tidak saja orang dewasa tetapi anak-anak juga bisa mengalami alergi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr