Makanan Istimewa Penunjang Kesehatan di Pasar Kita

Pasar tradisional menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari para pedagang dan pembeli. Menawarkan produk seperti sayuran dan buah-buahan segar, ikan, daging, serta kebutuhan produk lainnya sebagai sumber segala macam vitamin dan mineral.

2,098 views   |   shares
  • Pasar tradisional menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari para pedagang dan pembeli. Menawarkan produk seperti sayuran dan buah-buahan segar, ikan, daging serta kebutuhan produk lainnya sebagai sumber segala macam vitamin dan mineral. Bahan makanan tersebut mengandung serat yang bermanfaat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit yang sedang menjamur saat ini. Alangkah baiknya mengonsumsi makanan sehat dan alami dengan proses masak yang benar tanpa bahan pengawet atau zat kimia. Kebiasaan memanfaatkan hasil pangan di pasar dan memasaknya di rumah sangat baik untuk kesehatan.

  • Buah-buahan

  • Khasiat buah pepaya tidak pernah diragukan. Anda dapat dengan mudah menemukan pepaya di setiap pasar. Buah ini kaya akan beta karoten dan vitamin C. Selain itu ada nanas, pisang, jeruk, belimbing, dan alpukat yang kesemuanya memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Buah-buahan memiliki kandungan serat baik untuk kulit serta melancarkan pembuangan sisa-sisa makanan.

  • Sayuran

  • Ketika Anda masih kecil, orang tua sering mengingatkan untuk makan sayur. Dan sayur bayam paling dikenal juga kangkung, kecipir dan sayuran lainnya. Kebiasaan makan sayur perlu Anda ajarkan sejak dini kepada anak-anak karena sayuran diandalkan sebagai sumber mineral bagi tubuh. Salah satunya zat besi yang banyak terkandung pada sayuran berwarna hijau seperti daun ubi jalar. Beberapa sayuran juga mengandung vitamin C dan A. Bagi orang Sunda yang memiliki kegemaran makan lalapan sangat baik sekali karena banyak mengandung anti-oksidan yang dapat melumpuhkan senyawa radikal bebas penyebab kanker.

  • Tempe dan Tahu

  • Tempe dan tahu adalah salah satu menu favorit di kalangan masyarakat sekarang. Makanan ini berbahan dasar kedelai sangat baik untuk tubuh karena mengandung protein yang diperlukan tubuh Anda. Kadar protein dalam kedelai ternyata hampir dua kali dari daging. Kualitasnya pun mendekati protein hewani sedangkan harganya lebih murah. Tahu dan tempe yang sering Anda konsumsi mengandung asam lemak tidak jenuh yang berfungsi untuk menjaga pertumbuhan yang normal, pernapasan organ-organ vital tubuh, dan mempermudah transportasi oksigen oleh darah ke semua jaringan tubuh. Produk tersebut banyak ditemukan di pasar dan sebaiknya Anda makan setiap hari. Bagi orang tua, tempe dan tahu dapat menghancurkan timbunan kolesterol dalam pembuluh darah. Perlu diperhatikan dalam pengolahannya ketika Anda memasak.

  • Ikan

  • Protein yang satu ini sangat baik untuk otak. Dengan sering mengonsumsi ikan akan mengurangi risiko sakit jantung dan stroke. Minyak ikan kaya akan asam lemak tak jenuh dikenal dengan Omega-3 yang menurunkan kadar kekentalan darah dan meningkatkan fleksibilitas sel darah merah. Selain itu, ikan juga memiliki kelebihan khusus untuk otak, baik sekali untuk anak-anak dan lanjut usia. Yang paling baik adalah pengolahan dengan dikukus atau dipanggang.

  • Advertisement
  • Telur, daging sapi, atau ayam tanpa lemak

  • Produk telur, daging, dan ayam tanpa lemak banyak mengandung protein. Semua itu mengandung asam amino tirasin yang meningkatkan kadar neurotransmitter , dopamine dan norepinefrin bahan kimia otak untuk "bangun" dan "bertindak". Anda bisa menemukan bahan-bahan ini di pasar tradisional. Menjalankan kebiasaan pola hidup yang baik seperti tidur cukup, makan teratur, buang air lancar, berolah raga, dan makan makanan bergizi untuk meningkatkan energi tubuh Anda. Hindari makan daging sapi maupun ayam secara berlebihan. Bahan makanan ini tidak baik untuk tubuh bila memasaknya dengan digoreng.

  • Makanan sehat secara benar

  • Untuk mendapatkan makanan sehat perlu diperhatikan dalam pengolahannya. Sajikan makanan dengan menggunakan bumbu-bumbu seperti sereh, lada, kencur, ketumbar, kemiri, kunyit, jahe, laos, dan gula yang akan memberikan cita rasa tersendiri. Selama ini otak Anda selalu ingin sekali menikmati rasa lezat dari lemak, gula dan garam. Tetapi ubahlah dengan pola pikir sehat karena kepedulian yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Bila Anda ingin makan, tanyakan diri Anda sendiri, "Apa yang terkandung di dalam makanan yang disantap? Apakah itu sehat bagi tubuh saya?"

  • Jalin kebersamaan dengan anak-anak Anda dan ajarkan untuk menyantap hidangan sehat di rumah daripada mengajak mereka makan di restoran cepat saji. Mengajarkan anak tentang hidup sehat akan berguna bagi masa depan agar menjadi produktif dan pintar.

  • Tanamkan selalu pada anak-anak bahwa makanan buatan rumah lebih baik daripada makanan cepat saji, kesehatan lebih penting dari keinginan untuk jajan di luar.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Makanan Istimewa Penunjang Kesehatan di Pasar Kita

Pasar tradisional menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari para pedagang dan pembeli. Menawarkan produk seperti sayuran dan buah-buahan segar, ikan, daging, serta kebutuhan produk lainnya sebagai sumber segala macam vitamin dan mineral.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr