6 Hal yang Dapat Dilakukan dalam Menghadapi Peralihan dari Wanita Karir Menjadi Ibu Rumah Tangga

Bagaimana jika karena keluarga yang Anda cintai, Anda harus merelakan karir yang Anda cintai? Tentu saja tidak mudah. Namun keluarga atau pasangan hidup adalah hal yang lebih penting yang mesti Anda prioritaskan.

3,937 views   |   4 shares
  • Ketika Anda telah mencintai profesi Anda sebagai wanita karir, sangatlah sulit untuk melepaskan pekerjaan Anda itu, apalagi Anda telah mencapai karir yang baik dari proses yang cukup lama serta usaha yang tidak mudah.

  • Namun bagaimana jika karena keluarga yang Anda cintai, Anda harus merelakan karir yang Anda cintai? Tentu saja tidak mudah. Namun keluarga atau pasangan hidup adalah hal yang lebih penting yang mesti Anda prioritaskan. Meskipun pencapaian karir Anda sangat baik namun keluarga Anda tidak nyaman atau bahagia dengan keadaan itu, Anda sebaiknya melepaskannya. Banyak wanita akhirnya harus berhenti bekerja ketika telah menikah atau memiliki anak. Akan ada banyak tantangan-tantangan yang terjadi dalam menghadapi peralihan ini, dari menjadi wanita karir menjadi ibu rumah tangga. Jangan takut untuk melakukan peran ini, Anda tetap akan bekerja dan dapat melakukan banyak hal-hal positif. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk menghadapi peralihan ini:

  • 1. Mulai menyusun kegiatan harian

  • Setelah berhenti kerja dan menjadi ibu rumah tangga, tentunya Anda sedikit bingung akan apa yang harus Anda lakukan, apalagi ketika Anda tidak terbiasa melakukan pekerjaan rumah sebelumnya. Sekarang adalah waktunya Anda menyusun jadwal kegiatan harian yang dapat Anda lakukan setiap hari, misalnya pada pagi hari Anda berbelanja ke pasar atau menyiapkan sarapan untuk keluarga Anda, dan seterusnya. Buatlah jadwal kapan Anda harus menyiapkan makanan, membersihkan rumah, mencuci, mengurus anak, dan waktu istirahat untuk Anda bersantai serta menikmati waktu sendiri.

  • 2. Melakukan sesuatu yang tertunda

  • Mungkin banyak hal yang telah Anda rencanakan namun selalu tertunda di saat Anda dulunya sibuk bekerja. Sekarang waktunya untuk mewujudkan semua rencana Anda yang telah tertunda, misalnya berkunjung ke rumah keluarga, ke salon, atau berlibur bersama keluarga. Anda dapat menikmati waktu Anda yang sebelumnya tidak Anda miliki.

  • 3. Melakukan kegiatan positif

  • Saat menjadi wanita karir mungkin waktu Anda sangat terbatas untuk melakukan kegiatan-kegiatan positif, misalnya ikut bakti sosial atau acara amal lainnya. Sekarang adalah waktunya bagi Anda untuk menjadikan kegiatan-kegiatan positif ini sebagai jadwal rutin yang perlu Anda hadiri. Selain Anda dapat terus bersosialisasi dengan banyak orang, Anda juga akan mendapatkan pengaruh positif bagi hidup Anda.

  • 4. Lakukan kegiatan positif yang menguntungkan

  • Karir yang pernah Anda miliki pastinya mengajarkan Anda banyak hal. Meskipun saat ini Anda hanyalah ibu rumah tangga, sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan ilmu yang telah Anda terima dalam karir Anda kemarin. Di sela-sela waktu luang sebagai ibu rumah tangga, pastinya Anda memiliki waktu kosong. Pergunakan waktu luang itu untuk terus mengasah kemampuan kreatif Anda. Lakukan hal-hal positif yang dapat membantu Anda untuk tetap aktif, misalnya dengan mencari pekerjaan paruh waktu di internet atau freelance . Hal ini juga akan membantu Anda agar tidak bosan di rumah dan membuat rumah menjadi tempat yang tetap dapat menyenangkan bagi Anda.

  • Advertisement
  • 5. Kursus keterampilan

  • Saat menjadi ibu rumah tangga adalah saat yang paling tepat untuk Anda mengembangkan bakat Anda dan mengambil kursus keterampilan. Misalnya Anda mengambil kelas memasak atau membuat kue agar makanan atau kue yang Anda buat semakin enak sehingga suami dan keluarga menjadi lebih senang untuk makan di rumah ketimbang jajan di luar rumah, atau kursus menjahit agar Anda bisa membuat baju untuk anak-anak Anda. Dengan kursus keterampilan Anda dapat lebih menikmati waktu Anda menjadi ibu rumah tangga serta mendapatkan manfaat positif untuk keluarga Anda.

  • 6. Belajar menjadi istri atau ibu yang baik bagi keluarga

  • Kesempatan yang begitu besar yang dapat Anda rasakan ketika berhenti bekerja adalah dapat melayani keluarga yang Anda cintai. Ketika Anda dapat dengan sepenuh hati menjadi ibu yang baik bagi keluarga Anda, maka kebahagiaan akan menghampiri Anda. Belajarlah untuk selalu berusaha menjadi ibu rumah tangga impian bagi suami dan anak-anak Anda.

  • Tidak ada kebahagiaan yang lebih besar selain menikmati waktu yang istimewa bersama keluarga yang dicintai.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

6 Hal yang Dapat Dilakukan dalam Menghadapi Peralihan dari Wanita Karir Menjadi Ibu Rumah Tangga

Bagaimana jika karena keluarga yang Anda cintai, Anda harus merelakan karir yang Anda cintai? Tentu saja tidak mudah. Namun keluarga atau pasangan hidup adalah hal yang lebih penting yang mesti Anda prioritaskan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr