Gagasan Memasak untuk Keluarga Besar dengan Anggaran Terbatas

Memasak untuk keluarga besar merupakan tugas yang terlihat menakutkan di bagian luarnya. Meskipun demikian, dengan perencanaan yang cermat hal itu dapat disiasati.

1,343 views   |   shares
  • Memasak untuk keluarga besar merupakan tugas yang terlihat menakutkan di bagian luarnya. Meskipun demikian, dengan perencanaan yang cermat hal itu dapat disiasati. Banyak orang tua, khususnya kaum ibu, menyukai tanggung jawab memasak untuk keluarga di rumah, namun bila keluarga cukup besar, beberapa hal mendasar perlu diperhatikan untuk membuat tanggung jawab besar ini menjadi menyenangkan.

  • Vida Adams, seorang wanita paruh baya, penjual minuman dan biskuit di sebuah universitas di Accra, memberi tahu saya mengenai kesulitannya, mengikuti anggaran yang telah terencana dengan baik bukanlah merupakan pilihan melainkan suatu keharusan. “Saya tidak akan dapat mendukung keluarga saya secara keuangan bila saya tidak memasak dengan anggaran yang terencana dengan baik,” tuturnya.

  • Berikut ini adalah dua metode yang dapat diandalkan yang barangkali berguna:

  • Rencanakanlah terlebih dahulu

  • Hal terpenting untuk dilakukan saat memasak bagi keluarga besar dengan anggaran terbatas adalah merencanakannya terlebih dahulu. Persiapkanlah daftar menu sebagai panduan Anda untuk memasak setiap minggu. Pergi ke tanpa daftar barang-barang belanjaan akan membuat anggaran Anda membengkak. Anda mungkin tergoda untuk membeli barang-barang tertentu yang sementara tidak dibutuhkan oleh keluarga Anda hanya karena Anda melihat harga barang-barang tersebut murah. Saya masih ingat secara jelas pertama kali saya berbelanja untuk keluarga tanpa daftar belanjaan, dan saya ingat saya menghabiskan sepuluh menit pertama saya atau lebih melihat harga barang-barang seperti biskuit, coklat, dan minuman yang tidak dibutuhkan keluarga; saya cuma tergoda oleh harga barang-barang ini, hingga akhirnya saya membeli sejumlah barang-barang tersebut. Akibat langsung dari tindakan saya yang kurang bijaksana ini yaitu uang saya tidak cukup untuk membeli semua barang yang penting ditambah dengan barang-barang yang tidak penting tersebut. Jadi saya harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk meniadakan barang-barang yang sangat tidak diperlukan ini agar mendapatkan lebih banyak barang-barang yang saya butuhkan. Punya daftar belanjaan tidak hanya membantu Anda memperoleh barang-barang yang Anda butuhkan atau mengendalikan anggaran Anda, tetapi juga membantu Anda menghemat waktu saat berbelanja barang-barang yang Anda tahu Anda inginkan dan membelinya.

  • Belilah bahan-bahan makanan dalam jumlah banyak

  • Hal membantu lainnya yang dapat Anda lakukan adalah membeli bahan-bahan makanan secara teratur dalam jumlah banyak. Barang-barang seperti tomat, bawang, serta sayur-sayuran lainnya yang Anda butuhkan setiap hari akan jauh lebih murah bila dibeli dalam jumlah banyak. Saya berkesempatan mengikuti program pertukaran pelajar di Finlandia, dan saya selalu memastikan bahwa saya membeli kentang, bahan makanan utama saya, dalam jumlah banyak. Hal itu terbukti sebagai cara yang sangat menolong meringankan beban uang saku saya. Vida Adams menguraikan, “Saya membeli bahan makanan dalam jumlah banyak sehingga di saat saya tidak mempunyai uang untuk saya berikan kepada anak-anak saya, saya masih bisa memasak makanan yang baik bagi mereka.”

  • Advertisement
  • Pertimbangan utama dalam membuat anggaran adalah bagaimana caranya mendapatkan yang terbaik bagi keluarga Anda tanpa harus mengeluarkan uang untuk yang tidak perlu; itu bukan bagaimana caranya mendapatkan barang-barang murah karena barang-barang murah pun belum tentu sehat bagi keluarga Anda. Tanpa keraguan, dua cara yang baik untuk memasak bagi keluarga besar dengan anggaran terbatas adalah merencanakan terlebih dahulu dan membeli kebutuhan sehari-hari Anda dalam jumlah banyak.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Indah Wajarsari dari artikel asli “Ideas on cooking for large families on a budget” karya Michael Ohene Aboagye.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Michael Ohene Aboagye lives in Accra,Ghana. He holds a BA degree in communications from the prestigious Ghana Institute of Journalism.

Gagasan Memasak untuk Keluarga Besar dengan Anggaran Terbatas

Memasak untuk keluarga besar merupakan tugas yang terlihat menakutkan di bagian luarnya. Meskipun demikian, dengan perencanaan yang cermat hal itu dapat disiasati.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr