Upaya-Upaya untuk Mempertahankan Pernikahan Tetap Harmonis

Ucapan yang lemah lembut, saling bertegur sapa, membantu pekerjaan pasangan, memberikan perhatian di kala dia sakit, dan sebagainya, adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda tunjukkan untuk bisa membuat pasangan Anda selalu merasa senang.

29,233 views   |   107 shares
  • Memiliki kehidupan pernikahan yang harmonis adalah dambaan dari setiap pasangan, akan tetapi dalam kenyataannya, hal tersebut tidak semudah membalik telapak tangan. Setiap pasangan harus memahami bahwa untuk bisa mewujudkan pernikahan yang harmonis mereka harus mampu bekerjasama untuk mengatasi setiap tantangan yang ada. Bila hal ini tidak dapat dilaksanakan, maka mustahil kehidupan pernikahan yang harmonis bisa terwujud.

  • Ada banyak saran tentang bagaimana cara supaya tetap bisa mempertahankan keharmonisan pernikahan. Berikut ini ada beberapa hal yang perlu diupayakan oleh setiap pasangan agar pernikahan mereka selalu harmonis. Namun sekali lagi perlu diingat, saran tetaplah saran, semuanya dikembalikan lagi kepada setiap pasangan, bila saran-saran tersebut tidak dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka hasilnya pasti akan mengecewakan. Oleh karena itu, bila Anda serius menginginkan kehidupan pernikahan yang harmonis, maka upayakan saran-saran berikut dengan segenap hati.

  • 1. Upayakan untuk saling mengenal dan memahami

  • Ingat bahwa Anda berdua adalah pribadi yang berbeda. Anda juga dibesarkan dari keluarga dengan tradisi serta kebiasaan yang berbeda pula. Oleh karena itu, semenjak Anda berdua saling berkenalan dan kemudian memutuskan untuk menikah, maka berupayalah selalu untuk tetap saling mengenal dan memahami satu sama lain. Hilangkanlah segala keegoisan diri karena dalam kehidupan pernikahan tidak ada lagi kata aku dan kamu, tetapi kita.

  • 2. Upayakanlah perasaan timbal-balik

  • Sebagai rekan, Anda berdua diharapkan mampu untuk saling tolong menolong dan memahami satu sama lain dengan baik. Karena itu, latihlah kepekaan insting serta perasaan Anda terhadap pasangan, sehingga Anda berdua dapat saling memberikan perhatian satu sama lain secara timbal-balik.

  • 3. Upayakan untuk saling menghormati

  • Dalam kehidupan pernikahan sering kali kesedihan timbul karena tidak adanya sikap saling menghormati di antara para pasangan. Hal ini bila tetap dibiarkan, maka dapat mengarahkan pernikahan mereka ke ujung jurang kehancuran. Karena itu, bila Anda sangat mencintai pasangan Anda, maka hal terutama yang perlu Anda lakukan untuk bisa mempertahankan pernikahan yang harmonis adalah dengan cara menghormati secara tulus pasangan Anda.

  • 4. Upayakan untuk selalu menyenangkan pasangan

  • Untuk bisa menyenangkan pasangan tidak selalu harus dengan memberikan hadiah. Ucapan yang lemah lembut, saling bertegur sapa, membantu pekerjaan pasangan, memberikan perhatian di kala dia sakit, dan sebagainya, adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda tunjukkan untuk bisa membuat pasangan Anda selalu merasa senang.

  • Advertisement
  • 5. Upayakan untuk selalu mengatasi setiap persoalan secara bersama

  • Setiap orang pasti memiliki masalah, karena itu tanamkan dalam diri Anda masing-masing bahwa "masa lalu Anda adalah masa lalu Anda, tetapi masa depan Adalah milik Anda berdua." Dengan selalu mengupayakan penyelesaian masalah secara bersama-sama, maka permasalahan seberat apapun akan nampak ringan dan Anda dapat dengan lebih mudah menemukan kata sepakat serta kesepahaman ide untuk menyelesaikannya.

  • 6. Upayakan untuk selalu berterus-terang

  • Dalam mewujudkan pernikahan yang harmonis tidak boleh ada sesuatu yang ditutup-tutupi, kejujuran haruslah menjadi landasan utama yang setiap pasangan wajib junjung tinggi. Berterus teranglah apa adanya, bila ya katakan ya dan bila tidak katakan tidak, karena ketidakjujuran apapun bentuknya, bila tetap ditutupi, maka suatu saat pasti akan terbongkar dan hal itu dapat sangat melukai perasaan pasangan Anda.

  • 7. Upayakan sikap toleransi

  • Di dunia ini tidak ada seorangpun yang sempurna, karena itu kesalahan demi kesalahan suatu hari nanti pasti akan dilakukan oleh pasangan Anda. Ini adalah ujian terbesar bagi kepribadian Anda, tetapi dengan selalu mengupayakan sikap toleran dalam setiap sendi kehidupan Anda, maka Anda akan bisa menerima dengan lapang dada kelemahan-kelemahannya.

  • 8. Upayakan sikap peduli dan solidaritas

  • Kehidupan ini hanya sekali, bila Anda memutuskan untuk tidak bahagia di kehidupan ini, maka itu terserah kepada Anda. Akan tetapi ketahuilah, bahwa setiap orang diberi potensi serta kesempatan yang sama untuk bahagia. Rekan Anda adalah sumber dari kebahagian itu, karena bersamanya Anda akan menghabiskan sisa hidup Anda. Oleh karena itu, bersikaplah peduli kepadanya, tingkatkan rasa solidaritas di antara Anda berdua. Bila Anda berdua bisa melakukannya niscaya pernikahan Anda akan selalu harmonis.

  • 9. Upayakan kearifan

  • Perlu dipahami bahwa setan memiliki beragam cara untuk menghancurkan pernikahan, mereka mengetahui bahwa dengan menghancurkan keluarga-keluarga rencananya bisa berhasil. Namun, dengan meningkatkan kearifan serta keimanan Anda, maka Anda dapat menggagalkan segala rencana dari si jahat tersebut.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Upaya-Upaya untuk Mempertahankan Pernikahan Tetap Harmonis

Ucapan yang lemah lembut, saling bertegur sapa, membantu pekerjaan pasangan, memberikan perhatian di kala dia sakit, dan sebagainya, adalah beberapa cara sederhana yang bisa Anda tunjukkan untuk bisa membuat pasangan Anda selalu merasa senang.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr