Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah Kita

Buruknya kualitas udara perkotaan, ditambah lagi dengan kurangnya lahan terbuka hijau, menjadi penyebab utama pasien ISPA setiap harinya mengalami peningkatan.

1,598 views   |   0 shares
  • Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, menghidap penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas atau ISPA sangat sering dialami. Buruknya kualitas udara perkotaan, ditambah lagi dengan kurangnya lahan terbuka hijau, menjadi penyebab utama pasien ISPA setiap harinya mengalami peningkatan.

  • Sangat diperlukan kesadaran dari setiap lapisan masyarakat serta pemerintah, untuk bersama-sama peduli menciptakan lingkungan hidup dengan kualitas udara yang bersih. Setiap orang harus ikut andil untuk bisa mewujudkan hal ini, memulai dari langkah yang terkecil, namun bila dilakukan secara bersama-sama, maka hasilnya pasti akan sangat memuaskan.

  • Cara termudah untuk memulainya adalah dengan meningkatkan kualitas udara di rumah kita masing-masing. Bayangkan saja, bila setiap kepala rumah tangga mampu mengoordinasi setiap anggota keluarganya supaya peduli dengan kualitas udara yang mereka hirup, maka tidak menutup kemungkinan kualitas udara secara global akan mengalami perubahan pula. Oleh karena itu, demi mewujudkan keinginan supaya bisa memiliki kualitas udara yang baik bagi pernafasan kita, maka upayakanlah beberapa hal berikut ini di rumah kita masing-masing:

  • 1. Membangun rumah yang ramah lingkungan

  • Jika diperhatikan secara saksama, saat ini sudah ada banyak para pengembang perumahan yang menerapkan konsep bangunan ramah lingkungan. Istilah lain yang sering diperkenalkan adalah Green Architecture dan Green Building. Konsep Green Architecture pada dasarnya tidak berfokus pada satu jenis desain, akan tetapi lebih memfokuskan pada penggunaan material bangunan yang ramah lingkungan. Sedang konsep Green Building sendiri adalah usaha untuk mengurangi dampak negatif dari bangunan terhadap lingkungan serta kesehatan para penghuninya. Ciri-ciri sebuah Green Building biasanya ditandai dengan tersedianya banyak ruang terbuka hijau bagi tanaman untuk tumbuh dan memiliki banyak ventilasi supaya udara dan cahaya dapat masuk dengan mudah ke seluruh ruangan.

  • 2. Kurangi penggunaan AC

  • Meskipun AC dapat membuat kondisi suhu ruangan menjadi sejuk, akan tetapi kita tidak pernah tahu dengan kualitas udara yang dihasilkannya. Karena itu, bila kita ingin meningkatakan kualitas udara di dalam rumah kita menjadi lebih baik, maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan cara mengurangi penggunaan AC dan lebih mengupayakan cara atau alternatif lain seperti membangun plafon yang lebih tinggi dan memperlebar jendela-jendela.

  • Advertisement
  • 3. Membersihkan perabotan dari debu

  • Sering kali kita tidak terlalu mempedulikan dengan kondisi perabotan di dalam rumah kita, apalagi yang letaknya susah dijangkau. Perlu diketahui bahwa perabot yang kotor dan tertutup debu akan menyebabkan kualitas udara di dalam rumah menjadi tercemar. Karena itu jangan menunggu hingga ada dari keluarga Anda sakit gara-gara debu yang menempel di perabotan, bersihkanlah sekarang juga dan lakukan secara berkala.

  • 4. Jangan merokok di dalam ruangan

  • Merokok adalah sebuah kebiasaan yang sangat merugikan kesehatan, tidak hanya bagi kesehatan si penghisap rokok tetapi juga kesehatan orang-orang yang berada di sekelilingnya. Karena itu, untuk meningkatkan kualitas udara di dalam rumah, bagi Anda para perokok, usahakan untuk tidak melakukannya di dalam rumah Anda, merokoklah di luar ruangan atau bila memungkinkan jangan melakukannya sama sekali.

  • 5. Kurangi penggunaan bahan-bahan kimia

  • Sebisa mungkin kurangi penggunaan cairan pembersih lantai, cairan pembersih toilet, pengharum ruangan, obat nyamuk semprot, dan sebagainya, karena barang-barang tersebut mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan terutama paru-paru kita. Efek negatif biasanya memang tidak langsung dirasakan, akan tetapi dalam penggunaan jangka panjang baru akan terasa.

  • 6. Perhatikan hewan kesayangan kita

  • Terutama bagi yang memiliki hewan kesayangan berbulu seperti anjing, kucing, dan kelinci perhatikan selalu kesehatan bulu dan tubuhnya. Ketahuilah bahwa bulu-bulu hewan kesayangan yang menempel dan berterbangan bila tidak diwaspadai, maka bisa membahayakan kesehatan pemiliknya. Karena itu, bersihkan secara rutin bulu-bulu yang menempel di karpet rumah, dan mandikan secara berkala hewan kesayangan kita, ini adalah cara supaya udara di rumah kita tetap terjaga bersih.

  • 7. Rutin mengganti sarung bantal dan sprei

  • Sering kali sarung bantal dan sprei luput dari perhatian kita, kita kerap kali beralasan bahwa sarung bantal dan sprei masih cukup bersih dan belum perlu diganti, padahal di tempat-tempat inilah debu dan tungau paling suka berkumpul. Oleh karena itu, gantilah secara berkala sarung bantal dan sprei kita, supaya kita tetap selalu sehat dan udara di dalam rumah juga selalu terjaga kebersihannya.

  • 8. Gunakan cat tembok anti jamur

  • Di musim penghujan seperti saat ini jamur-jamur sangat mudah sekali menyerang rumah kita, apalagi bila kondisi rumah lembab dan minim pencahayaan. Spora-spora jamur yang dilepaskan dapat mempengaruhi kebersihan udara di dalam rumah, karena itu cara yang disarankan untuk mencegahnya adalah dengan mengecat kembali tembok rumah kita dengan menggunakan cat tembok anti jamur.

  • Advertisement
  • 9. Jangan menggunakan tutup plafon yang terbuat dari asbes

  • Diketahui bahwa asbes dapat menyebabkan gangguan pada pernafasan, juga asbes dapat menyebabkan terjadinya kanker pada paru-paru kita. Karena itu, bila memungkinkan jangan lagi memakai bahan yang terbuat dari asbes untuk digunakan di dalam rumah, terutama sebagai tutup plafon.

  • 10. Jangan memanasi kendaran di dalam ruangan

  • Memanasi kendaraan pada pagi hari bisanya menjadi kebiasaan kita sebelum berangkat kerja, namun cara yang kita lakukan terkadang salah, yaitu melakukannya di dalam rumah. Perlu diketahui bahwa asap yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor sangatlah beracun, karena itu jangan melakukannya di dalam ruangan karena dapat mencemari udara bersih yang berada di dalam ruangan.

  • 11. Menanam pohon di sekeliling rumah

  • Menanam pohon adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas udara di rumah kita. Pepohonan akan menyerap Karbondioksida (CO2) dan menggantinya dengan Oksigen (O2) yang sangat diperlukan bagi pernafasan kita, dan pada musim kemarau pepohonan juga dapat melindungi rumah kita dari terpaan debu dan senantiasa akan membuat rumah kita selalu terasa sejuk.

Bantu kami menyebarkan

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Tingkatkan Kualitas Udara di Rumah Kita

Buruknya kualitas udara perkotaan, ditambah lagi dengan kurangnya lahan terbuka hijau, menjadi penyebab utama pasien ISPA setiap harinya mengalami peningkatan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr