Apakah Smartphone Anda Membuat Anda Merasa Bodoh?

Di era modern ini smartphone menjadi kebutuhan semua orang tidak peduli usianya, memang banyak sekali manfaat yang dapat Anda ambil dan maksimalkan penggunaannya. Tetapi perlu disadari jangan sampai Anda kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi.

2,186 views   |   1 shares
  • Judul artikel di atas dapat menghasilkan dua jawaban, "smartphone memang membuat saya merasa bodoh", jawaban lainnya "smartphone membuat saya menjadi lebih pintar dan berpengetahuan." Perkembangan teknologi smartphone dan fitur-fitur yang sangat cepat membuat sebagian kelompok usia di masyarakat merasa "bodoh" dan ketinggalan jaman. Bagi kalangan remaja, smartphone telah menjadi bagian dari jiwa mereka. Para remaja ini tidak akan menolak untuk dilarang nonton TV, tetapi jangan coba-coba melarangnya berpisah dengan smartphone nya! Mereka mengaku tidak bisa hidup tanpanya. Karena dengan koneksi internet yang mudah, mereka dapat menjelajahi isi dunia.

  • Smartphone

  • Sejak beberapa tahun yang lalu banyak smartphone atau ponsel pintar dan canggih yang memiliki kelebihan yang luar biasa bermunculan di sekitar Anda. Namun smartphone tidak banyak manfaatnya bila tidak tersambung dengan jaringan internet. Jaringan internet ini tidak gratis. Perusahaan penyedia telepon selular menetapkan tarif tertentu agar smartphone Anda tersambung ke jaringan internet. Dengan demikian Anda perlu menyiapkan anggaran khusus guna membayar kebutuhan tersebut.

  • Smartphone belum tentu smart, lho!

  • Kebanyakan orang tidak memiliki pengetahuan yang cukup dalam penguasaan teknologi baru. Sebagian besar orang kini memang mudah memiliki smartphone baru tapi bukan berarti mereka punya keterampilan yang cukup untuk mengoperasikan dan memanfaatkannya. Bila hal ini terjadi, maka biaya tambahan yang Anda bayar untuk mendapatkan layanan internet di smartphone Anda menjadi mubazir. Jadinya, smartphone Anda hanya berfungsi seperti telepon genggam "zaman dulu" saja, terbatas untuk menelepon dan mengirim SMS.

  • Kalangan anak muda saat ini memiliki ketergantungan terhadap ponsel dan tidak percaya diri serta merasa kehilangan sesuatu jika tidak membawa ponselnya. Karena sebagian dari mereka ternyata memilih smartphone untuk dapat selalu berhubungan dengan keluarga atau teman-temannya. Sangat disayangkan dari pengguna smartphone tidak paham mengoperasikannya. Situs jaringan sosial termasuk Facebook dan Twitter, Instagram adalah hal yang baru buat banyak orang. Yang memprihatinkan sedikit sekali mengetahui tentang hal itu. Dan sewaktu mereka berjumpa dengan teman-temannya baru sadar bahwa banyak fitur-fitur yang bermanfaat untuk digunakan. Sekarang terbukti masih banyak orang pada era digital ini masih belum smart dalam memanfaatkannya.

  • Advertisement
  • Smartphone bukan sekadar kemewahan

  • Jangan hanya menggunakan teknologi sebagai sarana tampil 'wah-wahan' di depan teman-teman Anda. Memakai teknologi canggih seperti smartphone dan beraneka ragam media lainnya bukan hanya supaya dibilang keren, kaya, gaul, dan hanya untuk penampilan semata karena hal ini bisa menjadikan Anda orang yang sombong.

  • Gunakan smartphone sesuai kebutuhan

  • Pakailah media yang ada seperti smartphone dan berbagai fasilitas lainnya untuk menunjang kebutuhan belajar dan mempermudah tugas, bukan membuat Anda malas belajar untuk hal-hal lain yang kurang bermanfaat bagi masa depan Anda. Tidak disangka lagi dunia maya banyak memberikan tawaran-tawaran yang menggiurkan Anda. Lihat saja sekeliling Anda atau bahkan Anda sendiri bisa saja terjebak dalam pornografi karena smartphone dan media lainnya. Betul sekali smartphone bisa membuat Anda terjebak dalam rutinitas yang tidak berguna. Sebagai anak muda, Anda harus mulai memikirkan masa depan Anda, bukan hanya saat ini saja. Jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter banyak menyita waktu hingga membuat sebagian remaja dan orang dewasa tanpa sadar membuang waktu mereka dengan percuma.

  • Dampak buruk smartphone

  • Bayangkan dalam sehari berapa jam yang dihabiskan untuk bermalas-malasan dan asyik dengan smartphone. Bahkan melalaikan tugas-tugas sekolah atau kuliah Anda karena keasyikan dengan dunia maya. Jejaring sosial membuat orang kecanduan dan tidak ada ide untuk melakukan yang lain. Diakui atau tidak dunia maya seolah-olah membuat Anda merasa tidak bisa hidup sehari saja tanpa ponsel dan internet. Banyak kejadian di masyarakat dalam menggunakan smartphone untuk eksis di jejaring sosial ketika sedang mengemudi hingga menimbulkan kecelakaan. Hal ini sangat berbahaya untuk keselamatan si pengguna dan orang-orang di sekitarnya.

  • Di era modern ini smartphone menjadi kebutuhan semua orang tidak peduli usianya, memang banyak sekali manfaat yang dapat Anda ambil dan maksimalkan penggunaannya. Tetapi perlu disadari jangan sampai Anda kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi di masyarakat. Tidak ada salahnya mengikuti perkembangan zaman, namun harus selalu ingat untuk menggunakan teknologi smartphone dengan smart. Bila Anda memiliki anak-anak, bimbinglah mereka untuk menikmati manfaatnya ke arah yang benar guna keberhasilannya di masa depan.

  • Advertisement
1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Falsafah hidup saya adalah "Jangan pernah menyerah, karena hidup harus maju terus"

Apakah Smartphone Anda Membuat Anda Merasa Bodoh?

Di era modern ini smartphone menjadi kebutuhan semua orang tidak peduli usianya, memang banyak sekali manfaat yang dapat Anda ambil dan maksimalkan penggunaannya. Tetapi perlu disadari jangan sampai Anda kehilangan kesempatan untuk bersosialisasi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr