5 Cara Membantu Seseorang Mengontrol Emosi

Jika seseorang yang Anda kenal kesulitan mengontrol amarahnya, luapan kemarahannya yang tidak menentu dan bergejolak dapat menakutkan dan tak terlupakan.

37,704 views   |   32 shares
  • Jika seseorang yang Anda kenal kesulitan mengontrol amarahnya, luapan kemarahannya yang tidak menentu dan bergejolak dapat menakutkan dan tak terlupakan. Anda mengasihi dan peduli kepada orang ini, namun sikapnya mungkin tidak dapat ditolerir. Menjaga hubungan baik dengan teman, pasangan atau anak Anda dengan bijaksana sementara membiarkan mereka mengetahui ada masalah besar yang menggunung adalah tugas yang rumit. Namun dengan pengetahuan dan cara yang benar, Anda dapat membantu orang yang Anda kasihi menerima bantuan untuk mengatasi kemarahannya.

  • 1. Meredakan

  • Anda mungkin mengetahui apa yang membuat orang yang Anda kasihi kesal, jadi hindari pemicu tersebut sebisa mungkin. Jangan dengan sengaja memicu pertengkaran. Jangan membangkitkan masalah atau perdebatan. Dan jika Anda mengetahui orang lain melakukannya, cobalah untuk menjadi penengah dan orang yang meredakan amarah orang yang Anda kasihi. Cobalah untuk tidak membiarkan orang lain dengan sengaja memicu kemarannya. Redakan ketegangan dan tensi ke tingkat pembicaraan normal, dari suhu didih ke suhu ruangan.

  • 2. Perspektif obyektif

  • Jadikan sudut pandang Anda bersih dan obyektif. Jangan bermain di dalam versi orang tersebut mengenai suatu peristiwa. Orang-orang dengan masalah amarah biasanya melihat diri mereka sebagai korban―dari keadaan, kecurangan, serangan dan emosi mereka sendiri. Pastikan Anda mengingatkan orang yang Anda kasihi mengenai suatu peristiwa sebagaimana yang terjadi, bukan seperti yang orang lain ingatkan kepada mereka. Jangan biarkan siapa pun mengaburkan pandangan Anda, atau menekan Anda untuk menjadi percaya hanya pada satu sisi dari cerita.

  • 3. Tenangkan

  • Selama atau setelah sebuah kejadian, biarkan kemarahan reda sebelum menghadapi mereka jika Anda bisa. Ambilah jeda, tinggalkan dia sendiri untuk sementara waktu. Jangan biarkan masalah berlalu, namun biarkan momennya berlalu. Berikan semua orang yang terlibat waktu untuk mengalihkan perhatian mereka, atau berkaca pada insiden yang mereka sebabkan terjadi.

  • 4. Pengendalian emosional

  • Ingatkan orang yang Anda kasihi bahwa setiap orang bertanggung jawab atas emosi mereka sendiri. Mereka tidak dapat mengendalikan apa pun di dunia. Mereka hanya dapat mengendalikan diri mereka sendiri. Jika seseorang marah terhadap sesuatu, itu adalah masalah yang hanya orang tersebut dapat atasi. Masalahnya bukanlah pada setiap orang, pada hal apa pun atau seluruh dunia. Masalahnya adalah amarah itu sendiri. Akan selalu ada banyak situasi yang tidak nyaman dan tidak diinginkan terjadi dalam kehidupan kita dan amarah tidak dapat menjadi reaksi utama kita terhadap semua hal itu.

  • Advertisement
  • 5. Mengatur amarah

  • Sarankan untuk mengikuti kelas anger management class. Jika luapan amarah dapat menyebabkan cidera fisik atau kerusakan barang-barang, hal ini dapat menyeretnya ke pengadilan. Namun adalah lebih baik bagi seseorang untuk mencari bantuan untuk masalah kemarahan dengan suka rela sebagai langkah pencegahan, alih-alih sebagai hukuman untuk perilaku kriminal mereka di masa lalu.

  • Saya pribadi menjaga jarak dari orang-orang yang terlihat memiliki kesulitan mengendalikan amarah. Itu adalah gejala bagi masalah yang lebih besar, suatu masalah yang orang itu harus bekerja keras untuk sembuhkan. Ketika seseorang di sekitar saya menjadi agresif, manipulatif, berteriak atau bertindak kasar, saya menjadikan perilaku tersebut terlihat jelas. Dan memberitahu orang tersebut bahwa saya tidak akan mentoleransi itu. Pada umumnya, tindakan itu menutup pintu pagi berkembangnya perilaku yang buruk tersebut. Orang-orang biasanya menyadari dengan cepat bahwa saya tidak akan menerima perilaku mereka yang tidak pantas dan mengubah perilaku mereka kepada saya di masa datang. Kadang-kadang orang-orang dengan sederhana mengalihkan emosi yang salah saat ini kepada orang lain. Seseorang yang mereka ketahui akan menerimanya.

  • Marah, orang yang bersikap kasar mengetahui siapa saja yang mereka dapat kasari, dan siapa yang mereka tidak dapat kasari. Jika Anda membiarkan mereka mengambil keuntungan dari waktu, perhatian dan kepedulian Anda, mereka akan mengambilnya. Tunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli kepada mereka, namun jangan biarkan mereka merenggut kebahagiaan Anda. Berikan mereka alasan untuk cukup peduli mengenai diri mereka sendiri dan orang-orang yang mengasihi mereka untuk mendapat bantuan. Semua yang mereka perlu lakukan adalah untuk meminta bantuan, atau menerimanya.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "5 ways to help someone control anger" karya Georgia Lee.

Baca, hidupkan, bagikan!

Georgia D. Lee is a graduate of the University of Miami School of Business and founder of www.Spiritual-Life-Skills.com, a multimedia self-help, self-actualization, spiritual education and personal empowerment system.

5 Cara Membantu Seseorang Mengontrol Emosi

Jika seseorang yang Anda kenal kesulitan mengontrol amarahnya, luapan kemarahannya yang tidak menentu dan bergejolak dapat menakutkan dan tak terlupakan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr