Mengatasi Rasa Sedih Akibat Kehilangan Orang Tercinta

Banyak orang yang tengah berkabung menyadari bahwa dengan tetap berkomunikasi dengan orang lain hal itu dapat melegakan perasaan mereka.

50,977 views   |   205 shares
  • Kehilangan orang tercinta untuk selama-lamanya adalah hal yang sangat menyedihkan bagi semua orang. Berbagai macam cara diupayakan untuk bisa segera bangkit dari perasaan sedih dan ketidakberdayaan. Namun, tak jarang langkah-langkah yang diambil justru salah dan semakin menjerumuskannya ke lembah dukacita yang makin mendalam.

  • Perasaan dukacita dapat mempengaruhi kehidupan seseorang baik secara langsung maupun tidak, tetapi bagi kebanyakan orang hal yang paling dirasakan adalah kesedihan secara emosi yang luar biasa. Seorang teman menyampaikan pengalamannya ketika ibunya meninggal akibat kecelakaan beberapa tahun yang lalu. Hari yang tak akan pernah dia lupakan ketika tiba-tiba seorang petugas kepolisian mendapatkan nomor teleponnya dan menghubunginya. Selama beberapa saat dia terdiam, antara percaya dan tidak, mendengarkan penjelasan demi penjelasan dari petugas kepolisian dan memintanya untuk segera datang ke rumah sakit.

  • Selama kurang lebih 6 bulan setelahnya dia tak bisa menyembunyikan perasaannya, tak bisa menangis ataupun tertawa. Sebuah pukulan telak yang begitu mengenai tepat keseluruhan isi relung hatinya, selama itu dia menganggap ibunya yang sangat dicintai masih berada di tengah-tenggahnya, dia terus menunggu dan menunggu berharap suatu hari dia akan datang untuk menemuinya. Selang satu tahun kemudian semenjak kepergian ibunya, perlahan-lahan namun pasti dia mulai bisa menerima kenyataan yang ada, dia mulai menangis sejadi-jadinya, meluapkan seluruh emosi dan kerinduan yang sudah dipendamnya selama satu tahun terakhir.

  • Tentu saja setiap orang pasti memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menghadapi peristiwa semacam ini dalam kehidupannya. Dukacita adalah proses untuk penyembuhan, namun dukacita yang begitu mendalam justru dapat berujung pada sebuah kondisi yang sangat merugikan diri secara mental, emosional maupun fisik.

  • Tak ada cara pasti yang dapat dilakukan supaya bisa segera terlepas dari jerat perasaan sedih karena dukacita. Bila saat ini ada diantara Anda sedang bergumul dengan perasaan sepi akibat ditinggalkan oleh orang yang paling Anda kasihi, ketahuilah, bahwa Andapun tidak sendirian. Alih-alih terus meratapi kesedihan Anda, ikutilah beberapa saran berikut ini supaya Anda bisa dengan segera bangkit dan menemukan kembali kebahagiaan yang dulu pernah Anda miliki:

  • 1. Bacalah tulisan suci

  • Penghiburan terbaik untuk mengatasi rasa pedih akibat kehilangan orang yang paling dicintai adalah dengan semakin meningkatkan keimanan kita kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Salah satu cara adalah dengan membaca tulisan-tulisan suci agama kita, bacalah dan temukan nasihat-nasihat terbaik dari tulisan suci kita supaya hati kita bisa dihangatkan kembali, sehingga rasa sepi tidak memiliki kekuatan untuk membuat kita terus menerus larut dalam kesedihan.

  • Advertisement
  • 2. Tetap berkomunikasi dengan orang lain

  • Jangan menutup diri Anda dan terus menerus larut dalam perasaan bersalah, tetaplah berkomunikasi dengan orang lain dan jangan menjauhi mereka. Banyak orang yang tengah berkabung menyadari bahwa dengan tetap berkomunikasi dengan orang lain hal itu dapat melegakan perasaan mereka.

  • 3. Menulis buku harian

  • Bagi sebagian orang terkadang mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan orang lain. Bila demikian jangan serta merta putus asa, ada cara lain yang tetap bisa Anda lakukan supaya tidak merasa kesepian, yaitu dengan cara menuliskan perasaan Anda ke dalam sebuah buku.

  • 4. Menangislah

  • Meskipun Anda laki-laki tegar dan berprinsip ketika Anda ingin menangis, maka menangislah. Menangis bukanlah sifat kekanak-kanakan, menangis adalah sebuah sistem pertahanan yang telah Tuhan berikan kepada manusia supaya manusia bisa merasakan kembali kelegaan tatkala sedang menghadapi beban hidup yang begitu berat.

  • 5. Perbanyak aktivitas

  • Perasaan sedih biasanya menghampiri seseorang ketika dirinya sedang terdiam dan tidak melakukan aktivitas apapun. Bila Anda tidak ingin mengalami hal ini, maka perbanyaklah beraktivitas karena aktivitas Anda akan membuat Anda tetap fokus dan melupakan kesedihan yang sedang Anda rasakan.

  • 6. Sharing atau curhat

  • Ungkapkan seluruh perasaan sedih dan kecewa Anda kepada orang lain, supaya hal ini dapat membuat perasaan Anda lega kembali. Anda bisa melakukannya kepada kakak Anda, adik, saudara, orang tua atau teman-teman yang Anda bisa percayai.

  • 7. Tetap mengonsumsi makanan sehat

  • Ketika sedang bersedih tubuh kita umumnya sedang menghadapi kondisi fisik yang lemah. Oleh karena itu dengan tetap mengonsumsi makanan sehat, maka tubuh kita akan tetap bisa berfungsi sebagaimana mestinya dan terhindar dari penyakit yang bisa kapan saja menyerang.

  • 8. Menyingkirkan barang-barang kenangan

  • Setiap kali melihat barang-barang yang bersangkutan dan hal itu membuat Anda sedih secara tiba-tiba, maka tidak ada cara lain yang bisa Anda lakukan kecuali menyingkirkannya. Tidak ada gunanya mempertahankan barang-barang tersebut, bila hal itu justru membuat Anda tidak bisa bangkit dari perasaan sedih karena kehilangan.

  • Dukacita adalah hal yang wajar dan hal ini dialami oleh semua manusia. Namun ketahuilah bahwa kesedihan yang begitu mendalam, bila Anda tidak segera memutuskan untuk bangkit, maka Anda akan semakin jatuh terperosok ke dalamnya. Seorang penulis pernah mengatakan bahwa, "Karena lihatlah, kehidupan inilah waktu bagi manusia bersedia untuk bertemu dengan Tuhan; ya, lihatlah masa kehidupan inilah masa bagi manusia untuk melaksanakan kerja mereka."

  • Advertisement
  • Kepada Anda semua yang saat ini sedang bersedih hati, hal ini memang tidak mudah, tetapi Anda harus segera bangkit, kehidupan Anda masih panjang di depan, jangan terus meratapi kepedihan Anda, kehidupan Anda jauh lebih berharga daripada apa yang bisa Anda bayangkan saat ini.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

Mengatasi Rasa Sedih Akibat Kehilangan Orang Tercinta

Banyak orang yang tengah berkabung menyadari bahwa dengan tetap berkomunikasi dengan orang lain hal itu dapat melegakan perasaan mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr