Mengubah Persepsi Orang Lain Terhadap Kita

Memiliki reputasi yang baik adalah keinginan semua orang, tapi bagaimana jika kita memiliki reputasi yang buruk? Pasti hal itu akan menjadi batu sandungan kita dalam melakukan berbagai hal.

7,495 views   |   14 shares
  • Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, semua orang pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidupnya. Hal ini bukan menjadi alasan untuk kita dapat melakukan banyak kesalahan dan tidak mau berbuat baik. Akan tetapi sebisa mungkin kita harus dapat mengurangi kesalahan dan lebih banyak melakukan hal yang benar. Memiliki reputasi yang baik adalah keinginan semua orang, tapi bagaimana jika kita memiliki reputasi yang buruk? Pasti hal itu akan menjadi batu sandungan kita dalam melakukan berbagai hal. Memang susah untuk mengubah cara pandang orang lain kepada kita apalagi dahulu kita adalah orang yang mempunyai reputasi yang tidak baik. Sulit untuk meyakinkan lagi bahwa kita telah berubah menjadi pribadi yang lebih baik meskipun masih butuh proses lagi. Tidak semua orang mau menerima kita walaupun kita telah meninggalkan kehidupan lama kita, masih ada saja yang menghina dan mencibir kita. Hal tersebut terjadi sebagai konsekuensi atas apa yang telah kita lakukan dahulu. Mengubah cara pandang orang lain membutuhkan proses yang tidak mudah dan tidak sebentar. Bahkan ada yang bertahun-tahun masih belum bisa mengubahnya. Simak langkah-langkah berikut untuk mengubah persepsi orang lain terhadap kita.

  • 1. Introspeksi diri

  • Mengenali siapa diri kita yang sebenarnya membantu kita untuk mengatasi masalah ini. Cobalah untuk memahami diri sendiri dengan cara membuat daftar apa saja sifat buruk dan baik yang Anda miliki, tulislah sifat buruk mana yang membuat orang lain tidak suka kepada Anda, dan perbuatan apa yang telah Anda lakukan sampai orang tersebut membenci Anda.

  • 2. Benahi diri Anda dan meminta maaf

  • Setelah melakukan introspeksi diri, sekarang waktunya untuk membenahi diri. Ubah kebiasaan buruk yang membuat orang lain tidak suka dengan Anda, meskipun tidak mudah dan butuh proses yang panjang. Lalu cobalah untuk meminta maaf kepada orang yang pernah kita sakiti, walaupun orang tersebut tidak mau memaafkan tetapi kita sudah menunjukkan keberanian dan itikad baik kepada orang itu.

  • 3. Jangan sering mengingat masa lalu

  • Terkadang hal yang membuat orang tidak berhasil adalah terlalu memandang masa lalu. Mereka sering menyesali apa yang telah terjadi, dan menyalahkan diri mereka sendiri. Tidak ada salahnya kita untuk mengingat masa lalu kita sebagai bentuk introspeksi diri, tetapi jangan berlebihan juga. Banyak waktu Anda yang terbuang hanya untuk mengingat dan menyesali masa lalu Anda, sekarang waktunya Anda bangkit dan melihat masa depan. Gunakan waktu yang ada untuk menata dan memperbaiki diri sendiri.

  • Advertisement
  • 4. Tunjukkan sifat perubahan Anda dan berusaha untuk tidak melakukan kesalahan lagi

  • Jika Anda benar-benar ingin berubah, maka Anda harus menunjukkan hasil dari perubahan yang telah Anda lakukan. Orang tidak akan percaya jika hanya berbicara saja, perlu adanya tindakan nyata agar orang lain percaya kepada Anda. Dan juga usahakan untuk tidak mengulangi kesalahan masa lalu karena sekarang Anda sedang membangun reputasi atau imej baru. Memang tidak mudah, tapi berusahalah.

  • 5. Minta bimbingan kepada orang yang berpengalaman

  • Memiliki orang yang dapat dipercaya dan dapat memberi masukan sangat Anda butuhkan untuk mengatasi ketidaktahuan Anda. Jika bingung dan tidak tahu harus berbuat apa, cobalah untuk menceritakan permasalahan tersebut kepada orang yang Anda anggap berpengalaman menangani hal tersebut, misalnya guru spiritual, pemimpin rohani, tokoh agama, bahkan juga orang tua. Anda tidak akan bisa berdiri sendiri tanpa adanya dukungan dari orang sekitar.

  • 6. Menerima semua kritikan yang ada

  • Bukan hanya saran dan masukan yang Anda terima tetapi kritikan juga harus mau Anda terima. Kritikan membuat kita tahu kesalahan dan hal apa yang harus diperbaiki, sehingga menjadikan Anda pribadi yang lebih baik. Mungkin kritikan itu cukup menyakitkan tetapi ambillah sisi positif dari setiap kritikan.

  • 7. Berdoalah bagi orang yang belum bisa mengubah cara pandangnya tentang Anda

  • Setelah Anda melakukan banyak hal, sekarang waktunya Anda menyerahkan semuanya pada Tuhan. Biarkan sekarang Tuhan yang bekerja, berdoalah bagi mereka yang belum bisa memaafkan Anda agar hatinya dapat diubahkan.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Mengubah Persepsi Orang Lain Terhadap Kita

Memiliki reputasi yang baik adalah keinginan semua orang, tapi bagaimana jika kita memiliki reputasi yang buruk? Pasti hal itu akan menjadi batu sandungan kita dalam melakukan berbagai hal.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr