Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bekerja di Rumah

Hal ini terjadi karena bekerja di rumah memiliki banyak keuntungan seperti bebas mengatur jam kerja, lebih banyak bertemu keluarga, menghemat biaya transportasi, dan lainnya.

1,177 views   |   0 shares
  • Pada zaman sekarang banyak orang memilih untuk bekerja di rumah daripada bekerja di tempat kerja. Hal ini terjadi karena bekerja di rumah memiliki banyak keuntungan seperti bebas mengatur jam kerja, lebih banyak bertemu keluarga, menghemat biaya transportasi, dan lainnya. Walaupun memiliki banyak keuntungan, bekerja di rumah rentan mengalami kebosanan dan rasa malas. Hal ini dapat menurunkan produktivitas Anda, sehingga pekerjaan menjadi kacau semua. Sebenarnya bekerja di rumah cukup mengasyikkan jika Anda memperhatikan hal-hal berikut:

  • 1. Perhatikan waktu kerja dan waktu istirahat

  • Karena kita bekerja di rumah, akan lebih bebas mengatur jam kerja kita. Bukan berarti kita memaksakan diri untuk terus bekerja tanpa beristirahat dengan tujuan agar pekerjaan tersebut cepat selesai. Hal tersebut bukan menjadi hal yang baik malahan dapat membahayakan kesehatan kita karena kurangnya istirahat. Waktu untuk bekerja dan waktu untuk istirahat memang menjadi perhatian utama saat memilih untuk bekerja di rumah. Anda harus dapat menetapkan waktu kapan Anda mulai bekerja dan kapan harus berhenti bekerja. Untuk itu diperlukan komitmen dan disiplin waktu untuk mempraktikkannya.

  • 2. Ruang kerja yang nyaman untuk bekerja

  • Ruang kerja juga tidak luput dari perhatian kita. Untuk menghindari rasa bosan dan jenuh saat bekerja, cobalah Anda mendekorasi ruang kerja Anda senyaman dan semenarik mungkin. Dengan ruangan kerja yang nyaman dapat meningkatkan produktivitas kita dalam bekerja. Jika Anda tidak memiliki ruangan khusus untuk bekerja di rumah, pilihlah ruangan di dalam rumah yang baik untuk bekerja. Seperti di ruang tamu, ruang keluarga, teras halaman belakang, kamar tidur, dan lainnya. Usahakan tempat yang Anda pilih mampu membuat suasana yang tenang dan nyaman untuk bekerja.

  • 3. Jangan lupakan kewajiban Anda di rumah

  • Jika Anda telah memilih untuk bekerja di rumah bukan berarti Anda bisa mengabaikan kewajiban Anda di rumah. Terkadang seseorang yang memilih bekerja di rumah akan susah untuk menjalankan pekerjaan dan kewajibannya, dikarenakan tidak adanya agenda kerja yang jelas. Untuk solusi masalah ini, coba buat rencana atau agenda kerja setiap harinya. Buat agenda kerja sebelum melalukan aktivitas, tulis dengan jelas durasi waktu yang diperlukan untuk mengerjakan suatu pekerjaan, dan buatlah skala prioritas yang harus diselesaikan dahulu. Dengan memiliki agenda kerja, aktivitas kita dapat berjalan seimbang antara pekerjaan dan kewajiban Anda.

  • Advertisement
  • 4. Jadwal libur

  • Seperti halnya para pegawai lainnya, di mana dalam satu minggu ada satu atau dua hari untuk libur. Demikian juga Anda walaupun bekerja di rumah Anda perlu meluangkan waktu untuk libur. Jangan terlalu memaksakan diri untuk bekerja terus.

  • 5. Jangan mengabaikan keluarga

  • Jika dipikirkan lagi pekerjaan Anda lebih beruntung daripada pegawai lainnya yang harus menunggu jam pulang kerja lalu dapat bertemu dengan keluarga mereka. Meskipun bekerja di rumah bukan berarti Anda bisa mengabaikan keluarga atau teman-teman Anda. Cukup luangkan waktu saat jam istirahat Anda untuk berinteraksi dengan mereka.

  • 6. Perhatikan penampilan

  • Memang bekerja di rumah tidak dituntut untuk berpakaian resmi atau seragam seperti pegawai lainnya. Tetapi cobalah untuk berpenampilan yang bersih dan rapi walaupun di rumah, karena badan yang bersih dan berpakaian yang rapi dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik sehingga kerja akan lebih baik lagi.

  • 7. Perhatikan pergaulan Anda dengan masyarakat dan teman-teman

  • Dengan bekerja di rumah bukan alasan Anda menjadi orang yang tertutup dan kurang bergaul. Ada saatnya Anda untuk keluar dan bersosialisasi dengan orang lain. Pergaulan juga hal yang penting dalam membangun kesuksesan Anda. Dengan bersosialisasi, kita mendapatkan hal baru yang belum kita dengar sebelumnya.

  • 8. Tetap jaga kesehatan Anda

  • Kesehatan adalah modal utama kita untuk bekerja. Sebisa mungkin jaga kesehatan mulai dari atur pola makan dan istirahat Anda. Perbanyak makan makanan yang menyehatkan, jika Anda bekerja di depan laptop perbanyak makan makanan yang menyehatkan mata. Jika perlu, konsumsi suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh. Jangan lupa untuk berolahraga untuk merelaksasi otot-otot yang tegang.

  • Jadi, sebelum memutuskan untuk bekerja di rumah coba perhatikan dahulu hal-hal di atas. Buatlah sistem kerja yang jelas walaupun Anda kerja sendirian, sesuaikan sistem kerja Anda dengan kepribadian dan kebiasaan Anda agar semuanya dapat berjalan dengan lancar. Selamat mencoba!

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Saya tidak dapat melakukan apa yang dapat kamu lakukan, tetapi saya dapat melakukan apa yang kamu tidak dapat lakukan, bersama - sama kita bisa melakukan hal yang besar - Bunda Theresia

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bekerja di Rumah

Hal ini terjadi karena bekerja di rumah memiliki banyak keuntungan seperti bebas mengatur jam kerja, lebih banyak bertemu keluarga, menghemat biaya transportasi, dan lainnya.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr