Kenali Ciri-Ciri Memudarnya Cinta dalam Pernikahan Anda

Dalam hubungan pernikahan, komitmen bukanlah menjadi dasar pernikahan, meskipun Anda berkomitmen untuk bersama namun cinta telah memudar, pernikahan itu tidaklah akan bahagia.

100,928 views   |   590 shares
  • Dalam sebuah pernikahan, semakin lama waktu yang telah dilewati bersama pasangan dalam bahtera rumah tangga akan membuat pernikahan itu semakin kuat, atau sebaliknya. Banyak pasangan yang telah lama menikah berpendapat bahwa mereka merasakan cinta yang selalu meningkat dari hari ke hari kepada pasangan mereka, namun ada juga beberapa pasangan yang berpendapat sebaliknya, mereka merasakan cinta terhadap pasangan satu sama lainnya terasa memudar. Memudarnya cinta dalam sebuah pernikahan rentan terjadi, baik bagi sebuah pernikahan yang baru atau pun pernikahan yang telah terjalin selama berpuluh-puluh tahun lamanya. Banyak penyebab yang dapat membuat sebuah cinta memudar dalam pernikahan. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang perlu dikenali apakah cinta dalam sebuah pernikahan itu telah memudar.

  • 1. Mudah emosi terhadap pasangan

  • Saat pacaran atau sebelum menikah, semua yang dilakukan bersama pasangan selalu terasa indah. Namun setelah menikah, hal-hal kecil sering menjadi hal yang dipermasalahkan yang memicu amarah. Banyak orang terkadang menyepelekan hal ini dan menganggap itu biasa terjadi dalam sebuah pernikahan, padahal tidak demikian. Hal ini merupakan salah satu penyebab sebuah cinta pelan-pelan memudar.

  • 2. Tidak menjadikan pasangan prioritas utama

  • Saat ini banyak pasangan suami istri yang berkerja atau memiliki karir masing-masing. Banyak wanita menjadi pengusaha atau wanita karir setelah menikah dengan tujuan membantu kebutuhan keluarga mereka. Namun ada beberapa kejadian yang terjadi bagi pasangan suami istri yang bekerja, mereka terkadang tidak menyadari bahwa mereka tidak memprioritaskan pasangan mereka dan lebih fokus pada pencapaian sukses mereka dalam karir dan terkadang membuat hubungan cinta dalam pernikahan mereka memudar.

  • 3. Membicarakan kekurangan pasangan dengan orang lain

  • Biasanya ketika cinta Anda mulai memudar, Anda tidak lagi akan membangga-banggakan pasangan Anda namun sebaliknya. Seseorang yang cintanya telah memudar cenderung sering membicarakan kekurangan pasangannya dengan keluarga atau sabahabat mereka, misalnya dengan spontan mengucapkan "Suamiku itu sekarang tidak dapat aku andalkan" atau "Suamiku itu pemalas" dan sebagainya.

  • 4. Tidak lagi cemburu

  • Awal-awal pernikahan biasa kita sangat takut kehilangan pasangan kita sehingga kita mudah untuk cemburu ketika pasangan kita tidak membalas telepon kita atau ketika berjalan bersama di sebuah tempat umum kita akan selalu memegang erat tangan pasangan kita dengan tujuan agar seluruh dunia tahu bahwa kalian adalah pasangan sehingga tidak ada yang bisa menggoda pasangan Anda lagi. Tetapi ketika cinta telah memudar dalam penikahan, ini tidak terjadi lagi. Seseorang akan cenderung tidak peduli terhadap pasangannya dan tidak lagi cemburu.

  • Advertisement
  • 5. Lebih sering menyuruh daripada melayani pasangan

  • Hal yang sering terjadi ketika cinta mulai memudar dalam pernikahan adalah kecenderungan untuk selalu menyuruh pasangan daripada melanyani pasangan. Biasanya pasangan yang mengalami hal ini merasa dirinya lebih dominan sehingga bersikap seperti bos. Dalam hubungan pernikahan yang baik adalah ketika Anda dan pasangan dapat bekerjasama dalam melakukan segala hal, tidak ada atasan atau bawahan, tidak ada yang memerintah tetapi pengertian yang membuat Anda saling ingin melayani satu sama lain karena cinta.

  • 6. Selalu mengucapkan kata-kata yang menyakitkan

  • Ketika cinta mulai memudar, seseorang terkadang menjadi tidak romantis lagi untuk mengucapkan kata-kata romantis saat berdua. Sebaliknya mereka tidak sadar lebih sering mengucapkan kalimat yang menyakitkan karena tidak adanya lagi rasa menghargai terhadap pasangannya. Misalnya mengatakan bahwa pasangan Anda bodoh atau kalimat kasar lainnya.

  • 7. Tidak lagi bergairah saat bersama pasangan

  • Hal ini adalah salah satu penyebab terbesar memudarnya cinta dalam sebuah hubungan pernikahan. Dalam pernikahan bermesraan sangat perlu untuk tetap mempertahankan keharmonisan hubungan pernikahan. Bergairah dalam hal ini tidak hanya dalam hal bercinta, namun dapat juga diartikan dalam hal saling berpelukan, membelai pasangan Anda, atau berciuman ketika sedang bersama. Walaupun sudah tua sekalipun pasangan suami istri tetaplah perlu mempertahankan gairah cinta mereka.

  • Dalam hubungan pernikahan, komitmen bukanlah menjadi dasar pernikahan kalian, meskipun Anda berkomitmen untuk bersama namun cinta telah memudar, pernikahan itu tidaklah akan bahagia. Pernikahan didasarkan cinta dan didukung oleh komitmen yang dapat membuat pernikahan itu menjadi nyata. Jangan biarkan pernikahan Anda hanya berdasarkan komitmen saja. Jika cinta Anda mulai memudar, carilah cara untuk mengembalikan cinta seperti awal ketika jatuh cinta, dan teruslah meningkatkan cinta agar tidak memudar.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Kenali Ciri-Ciri Memudarnya Cinta dalam Pernikahan Anda

Dalam hubungan pernikahan, komitmen bukanlah menjadi dasar pernikahan, meskipun Anda berkomitmen untuk bersama namun cinta telah memudar, pernikahan itu tidaklah akan bahagia.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr