Tips Menjaga Persahabatan

Persahabatan dapat menjadi suatu hubungan yang sangat rumit. Sahabat adalah keluarga yang Anda pilih sendiri. Setelah bertahun-tahun bersahabat dengan orang yang sama, hubungan persahabatan Anda sering kali mengalami pasang dan surut.

2,798 views   |   1 shares
  • Persahabatan dapat menjadi suatu hubungan yang sangat rumit. Sahabat adalah keluarga yang Anda pilih sendiri. Setelah bertahun-tahun bersahabat dengan orang yang sama, hubungan persahabatan Anda sering kali mengalami pasang surut. Terkadang sahabat Anda sangat pengertian dan tahu betul apa yang Anda butuhkan, tetapi terkadang orang yang sama itu dapat menjadi sangat tidak peka dan bahkan menyinggung perasaan Anda. Berikut adalah beberapa aturan yang dapat Anda terapkan untuk menjaga persahabatan Anda tetap erat dan langgeng sampai tua nanti.

  • 1. Jangan pernah berminat apalagi berkencan dengan kekasih sahabat Anda

  • Atau mantan kekasihnya. Atau pria yang ditaksirnya. Atau pria yang pernah ditaksirnya waktu di bangku SD dulu. Intinya, jangan pernah berminat apalagi berkencan dengan para pria yang pernah, sedang, dan akan menjadi kekasihnya. Ini adalah cara paling cepat untuk kehilangan sahabat Anda. Ada banyak pria di luar sana, jadi tidak ada alasan, pengecualian, pembenaran atau dalih apa pun yang dapat Anda gunakan untuk melakukan "pengkhianatan" semacam ini kepada sahabat Anda sendiri. Dan ingatlah, bagaimana perasaan Anda apabila sahabat Anda melakukan hal ini kepada Anda? Sakit, bukan?

  • 2. Jangan pernah memiliki lebih dari satu sahabat pada suatu masa dalam hidup Anda

  • Ketika Anda memiliki lebih dari satu sahabat dalam satu lingkungan pergaulan (misalnya di kampus) atau dalam suatu masa dalam hidup Anda (misalnya masa kuliah), maka Anda akan cenderung bertengkar setiap saat. Mengapa demikian? Karena Anda akan mengalami kesulitan membagi waktu dan perhatian Anda kepada sahabat-sahabat Anda. Akan ada satu atau dua sahabat yang merasa kurang diperhatikan oleh Anda. Sebaiknya Anda memiliki banyak teman, tetapi hanya satu sahabat.

  • 3. Jangan membicarakan tentang sahabat Anda di belakangnya

  • Apakah Anda sedang ingin curhat tentang sahabat Anda ke orang lain? Sebaiknya simpan dan kubur dalam-dalam di benak Anda sendiri. Sahabat Anda bagaikan orang tua Anda – mereka selalu tahu! Jika sahabat Anda belum tahu, dia pasti akan segera tahu bahwa Anda membicarakan tentang dia di belakangnya dan Anda akan menghabiskan sepanjang sisa masa persahabatan Anda dengannya membenarkan tindakan Anda atau meminta maaf kepadanya. Lagipula, jika Anda berdua memang sahabat sejati, Anda mestinya dapat langsung menegur dan menasihati sahabat Anda ketika dia bersalah kepada Anda atau orang lain.

  • 4. Selalu siap sedia ketika sahabat Anda sedang kesusahan

  • Advertisement
  • Salah satu contoh adalah ketika sahabat Anda baru putus cinta. Adalah kewajiban Anda untuk segera bersamanya dan menghiburnya semampu Anda. Tidak ada pengecualian sama sekali, bahkan jika Anda mestinya pergi kencan dengan Brad Pitt sekalipun! Memang ini terkadang terkesan merepotkan karena kabar buruk sahabat Anda merusak jadwal bersenang-senang Anda, tetapi percayalah, sahabat Anda akan melakukan hal yang sama ketika Anda sedang merasa sedih atau susah.

  • 5. Terkadang kejujuran bukanlah solusi terbaik

  • Sering kali bersikap jujur adalah hal yang terbaik untuk Anda lakukan, misalnya apabila sahabat Anda mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau kurang pantas untuknya atau apabila ada noda lipstik di giginya. Sahabat Anda akan bersyukur bahwa Anda telah bersikap jujur karena Anda hanya berniat baik untuk menyelamatkan dia dari rasa malu di depan umum.

  • Tetapi ada beberapa hal di mana kejujuran bukanlah solusi terbaik, terutama dalam urusan percintaan. Apabila Anda merasa sahabat Anda sedang PDKT atau berpacaran dengan seseorang yang menurut Anda kurang pantas untuknya (mungkin karena orang itu tidak pantas untuk sahabat Anda atau Anda tahu bahwa orang itu hanya memanfaatkan atau mempermainkan sahabat Anda), maka sebaiknya Anda menyimpan komentar Anda untuk diri Anda sendiri alias tutup mulut.

  • Anda mungkin akan berkata, "Tetapi saya harus memberitahu sahabat saya! Itu kan demi kebaikan dia! Dan itu adalah kewajiban saya sebagai seorang sahabat yang baik untuk memberitahunya!" Namun, ketahuilah ada beberapa kesalahan yang memang harus dibuat. Terlepas dari rasa sayang dan perhatian Anda kepada sahabat Anda, dia perlu membuat keputusan-keputusan yang kurang bijaksana dalam urusan percintaan agar dia dapat mengetahui pria seperti apa yang dia butuhkan – pria seperti apa yang layak untuk menjadi kekasih hatinya. Tugas Anda adalah untuk mendukungnya dan menghiburnya, terutama ketika hubungan cinta sahabat Anda kandas di tengah jalan.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Menjaga Persahabatan

Persahabatan dapat menjadi suatu hubungan yang sangat rumit. Sahabat adalah keluarga yang Anda pilih sendiri. Setelah bertahun-tahun bersahabat dengan orang yang sama, hubungan persahabatan Anda sering kali mengalami pasang dan surut.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr