Tips Menghilangkan Pengar Alias Hangover

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu teman atau anggota keluarga (atau mungkin Anda sendiri) untuk pulih dari pengar atau hangover.

1,570 views   |   1 shares
  • Pengar atau hangover atau yang istilah medisnya veisalgia adalah efek samping fisik dan psikologis yang diakibatkan oleh konsumsi minuman berakohol. Pada umumnya, gejala pengar mencakup sakit kepala, mengantuk, mual, sulit berkonsentrasi, mulut kering, kelelahan, gangguan pencernaan, berkeringat, dan kecemasan berlebihan. Gejala-gejala ini biasanya muncul setelah efek memabukkan dari alkohol mulai pudar, yaitu pagi setelah malam sebelumnya minum berat.

  • Kalangan muda hari ini sering kali merayakan peristiwa penting seperti malam tahun baru atau pesta ulang tahun mereka dengan berpesta dan minum minuman keras atau beralkohol. Keesokan paginya, biasanya mereka bangun dengan rasa pengar yang menyiksa sehingga mereka bolos kerja atau kuliah. Biasanya mereka hanya tidur sepanjang hari sambil menunggu rasa pengar itu hilang sebelum bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.

  • Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu teman atau anggota keluarga (atau mungkin Anda sendiri) untuk pulih dari pengar atau hangover.

  • 1. Perbanyak minum air

  • Alkohol menyebabkan dehidrasi berlebihan sehingga Anda merasa pusing, lemas, dan mulut kering. Perbanyaklah minum air putih sesudah Anda bangun tidur. Minumlah sekitar 8 gelas setiap hari untuk mengeluarkan alkohol dan racun dari dalam tubuh. Selain air putih, Anda juga bisa minum air kelapa muda yang kandungan potasiumnya dapat memulihkan elektrolit tubuh.

  • 2. Cobalah minuman hangat

  • Apabila Anda merasa mual, minumlah ramuan jahe dan madu. Jika Anda tidak suka jahe, Anda bisa mencoba minum teh mint. Kedua minuman hangat ini mampu meredakan rasa mual dan gangguan pencernaan akibat terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol.

  • 3. Sarapan roti panggang

  • Siapkan sarapan ringan untuk meredakan rasa mual. Roti panggang, bagel, atau biskuit kering yang diolesi madu adalah solusi mujarab untuk perut Anda. Makanan yang mengandung karbohidrat seperti di atas dapat membantu mengembalikan tekanan gula darah Anda serta menetralkan sistem pencernaan Anda. Roti gandum juga mengandung vitamin B yang bermanfaat bagi hati (liver) Anda yang bekerja keras mengatur gula darah dan metabolisme alkohol dalam tubuh Anda. Sedangkan madu sarat dengan antioksidan dan fruktosa yang akan membantu mengeluarkan alkohol dari dalam tubuh Anda.

  • 4. Konsumsi buah-buahan

  • Jika Anda tidak sanggup membuat sarapan karena rasa pengar Anda, konsumsilah buah-buahan untuk sarapan Anda. Pisang adalah salah satu buah terbaik untuk menghilangkan pengar. Pisang mengandung potasium yang sangat diperlukan untuk hidrasi tubuh dan memulihkan fungsi otot. Selain itu, apel dan tomat juga merupakan solusi baik untuk menghilangkan pengar. Apel mengandung vitamin dan elektrolit yang penting bagi tubuh, sedangkan tomat mengandung fruktosa dan glutathion yang dapat mengeluarkan alkohol dan racun dari dalam tubuh. Apel dan tomat dapat dimakan begitu saja atau dibuat menjadi jus untuk menambah cairan tubuh.

  • Advertisement
  • 5. Menu makan siang sehat

  • Siapkan makan siang yang sehat untuk memulihkan kondisi tubuh. Ada beberapa saran untuk menu makan siang yang berkhasiat menghilangkan pengar. Salah satunya adalah telur. Telur mengandung protein yang dapat membantu menstabilkan gula darah, sedangkan asam amino dan cystine yang dikandung telur dapat membantu dalam proses detoksifikasi. Selain telur, cabe rawit, adas, dan jamur juga berkhasiat membantu fungsi hati (liver) dalam melakukan proses detoksifikasi.

  • Kacang-kacangan juga berkhasiat untuk memulihkan kondisi tubuh karena mengandung serat, asam folat, dan protein. Bayam yang kaya asam folat, vitamin C, dan sulfur, juga memiliki khasiat yang sama. Daun timi (thyme) dengan kandungan anti-inflamasinya sangat bagus untuk meredakan gangguan pencernaan. Daun timi dapat ditaburkan di atas telur dadar atau ditambahkan ke dalam bubur atau sup.

  • 6. Asparagus

  • Makan asparagus sebelum atau ketika sedang minum minuman beralkohol dapat membantu mencegah atau mengurangi rasa pengar pada keesokan paginya, menurut sebuah riset di Korea. Para ilmuwan menemukan bahwa ekstrak yang diambil dari daun dan batang asparagus meningkatkan produksi enzim yang diperlukan tubuh untuk mengurai alkohol. Jika Anda tidak ingat untuk makan asparagus sebelum atau ketika sedang minum-minum, makan asparagus ketika Anda sedang pengar juga berkhasiat serupa.

  • Direktur program Underage and College Drinking Prevention Research di National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism Amerika Serikat, Aaron White, PhD, menyarankan jika Anda berencana untuk berpesta dan minum minuman beralkohol, pastikan Anda makan terlebih dahulu karena dengan adanya makanan di dalam perut, maka akan memperlambat terserapnya alkohol ke dalam aliran darah Anda. Ini berarti lebih sedikit dampak bagi otak, lebih sedikit timbunan hasil sampingan beracun dari metabolisme alkohol, dan rasa pengar yang lebih dapat ditoleransi. Namun, jika Anda tidak ingin tersiksa oleh rasa pengar, solusi terbaik adalah untuk TIDAK minum minuman beralkohol sama sekali. Anda masih dapat berpesta dan bersenang-senang tanpa harus merasakan pengar keesokan paginya.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Menghilangkan Pengar Alias Hangover

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu teman atau anggota keluarga (atau mungkin Anda sendiri) untuk pulih dari pengar atau hangover.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr