Resolusi Sehat untuk Tahun Baru

Di awal tahun, kita akan bersemangat untuk menjadi lebih sehat dan bugar. Berikut ini adalah beberapa resolusi sehat yang dapat Anda buat dan jalankan di tahun yang baru.

913 views   |   shares
  • Tahun yang baru menghadirkan semangat baru. Kita sering kali ingin menjadikan tahun yang baru sebagai awal yang baru, dengan cara menetapkan resolusi tahun baru. Resolusi tahun baru berisi hal-hal yang ingin kita wujudkan selama setahun ke depan yang berdampak sepanjang kehidupan kita. Ada berbagai macam resolusi yang biasanya kita buat, salah satunya adalah resolusi kesehatan. Di awal tahun, kita akan bersemangat untuk menjadi lebih sehat dan bugar. Berikut ini adalah beberapa resolusi sehat yang dapat Anda buat dan jalankan di tahun yang baru.

  • 1. Hentikan kebiasaan buruk

  • Di tahun yang baru ini, hentikan kebiasaan-kebiasaan buruk yang selama ini Anda lakukan, misalnya merokok, minum minuman beralkohol, malas berolahraga, sering begadang, atau terlalu banyak makan. Pertama-tama kurangi sedikit demi sedikit. Kemudian gantilah kebiasaan buruk di atas dengan kebiasaan sehat. Kemudian, hentikan sama sekali dan jangan pernah berpikir untuk kembali ke kebiasaan lama Anda.

  • 2. Kurangi konsumsi junk food

  • Jika di tahun lalu Anda sering mengonsumsi junk food atau makanan cepat saji, cobalah untuk menguranginya di tahun ini. Ingatlah dalam membuat resolusi kesehatan, kita harus bersikap realistis. Jadi, jika kita biasanya pergi ke restoran cepat saji setiap hari, kurangi menjadi seminggu sekali dengan harapan perlahan tapi pasti berkurang menjadi sebulan sekali dan selanjutnya hanya beberapa bulan sekali.

  • {junk food}

  • 3. Perbanyak asupan makanan bergizi

  • Senada dengan poin di atas, kurangi juga konsumsi makanan berlemak dan kudapan yang banyak mengandung penyedap rasa. Kurangi juga menggunakan makanan sebagai pelepas rasa bosan. Terkadang pegawai kantoran mengudap keripik atau coklat untuk menghilangkan rasa bosan dan kantuk di tempat kerja. Lain kali Anda ingin camilan, cobalah mengudap buah-buahan atau sayuran segar yang sudah dipotong-potong. Kita sebagai orang-orang yang tinggal di Indonesia sangat beruntung karena kita bisa mengudap rujak atau asinan sebagai camilan sehat, lezat, dan murah. Kita juga dapat minum jus buah segar dan susu rendah lemak alih-alih minuman bersoda atau minuman berkafein tinggi.

  • {eat healthy}

  • 4. Belajar mengendalikan stres

  • Advertisement
  • Stres dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari beban pekerjaan yang terlalu berat, ketidakharmonisan di dalam keluarga, sampai ke kondisi keuangan yang berantakan – ini adalah beberapa contoh dari distres (stres yang buruk). Namun, ada juga eustres (stres yang baik) yang juga harus dikendalikan. Informasi lebih lanjut tentang distres dan eustres dapat dibaca di artikel Eustress dan Distress – Tubuh Anda Mungkin Tidak Tahu Bedanya. Tetapkan juga resolusi untuk mengendalikan perasaan Anda, misalnya untuk tidak mudah marah, tidak gampang tersinggung, tidak menyimpan dendam, serta lebih cepat memahami dan mengampuni orang lain.

  • 5. Berolahraga secara rutin

  • Luangkanlah waktu untuk berolahraga, setidaknya sekali seminggu. Anda tidak perlu ikut bergabung dengan klub kebugaran atau membeli alat treadmill dengan teknologi terkini. Lakukanlah olahraga sederhana agar Anda tidak berkecil hati duluan dan menganggap olahraga hanya dapat dilakukan oleh orang-orang yang a) banyak uang atau b) banyak waktu luang. Di rumah, Anda bisa menetapkan resolusi untuk melakukan beberapa set push-ups, sit-ups, dan pull-ups. Di luar rumah, Anda bisa berlari di taman terdekat atau bersepeda ke tempat kerja.

  • 6. Kunjungi dokter secara teratur

  • Jika Anda belum melakukannya, pilihlah dokter pribadi Anda sekarang. Dokter yang baik adalah dokter yang mengetahui riwayat kesehatan Anda serta memerhatikan kesehatan tubuh dan pikiran Anda. Dokter yang baik adalah dokter yang tidak hanya mampu mengobati penyakit, tetapi juga mampu mencegah penyakit terjadi pada diri Anda, yaitu dengan memberikan Anda saran dan melakukan check-up kesehatan secara teratur.

  • Advertisement
  • 7. Miliki asuransi kesehatan

  • Pastikan Anda sekeluarga memiliki asuransi kesehatan, baik dari perusahaan tempat Anda bekerja maupun dari program kesehatan pemerintah, misalnya BPJS yang persyaratannya mudah dan harga preminya terjangkau. Cari tahu tentang opsi asuransi kesehatan yang Anda minati dan apa saja manfaat yang ditawarkannya. Sesuaikan juga dengan kemampuan Anda untuk membayar preminya.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Resolusi Sehat untuk Tahun Baru

Di awal tahun, kita akan bersemangat untuk menjadi lebih sehat dan bugar. Berikut ini adalah beberapa resolusi sehat yang dapat Anda buat dan jalankan di tahun yang baru.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr