Tips Belajar Efektif

Apakah Anda memiliki gol untuk menjadi siswa berprestasi? Apabila Anda ingin memperbaiki nilai Anda di sekolah atau di kampus, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memperoleh nilai akademis yang lebih baik.

1,046 views   |   shares
  • Apakah Anda memiliki gol untuk menjadi siswa berprestasi? Apabila Anda ingin memperbaiki nilai Anda di sekolah atau di kampus, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memperoleh nilai akademis yang lebih baik.

  • 1. Belajarlah membuat catatan yang lengkap

  • Banyak siswa merasa kewalahan mengikuti dikte pengajar di kelas. Untuk menyiasati hal ini, belajarlah untuk mencatat dengan cepat dan menggunakan kata-kata singkatan Anda sendiri, misalnya "Oleh karena itu," dapat Anda singkat menjadi "Oki," atau "Research and Development" dapat Anda singkat menjadi "R&D". Dengan demikian, Anda tidak akan ketinggalan mencatat informasi yang penting dari kelas Anda.

  • 2. Baca ulang catatan Anda dan tandai hal-hal penting

  • Sepulang dari sekolah, baca kembali catatan Anda hari ini. Kemudian tandai hal-hal penting yang perlu Anda ingat dengan marker (spidol) atau highlighter (stabilo) berwarna cerah. Simpanlah catatan Anda secara teratur berdasarkan mata pelajaran dan tanggal.

  • 3. Buatlah daftar things to do

  • Bahkan jika Anda biasanya selalu ingat apa yang harus Anda lakukan, akan ada saatnya ketika Anda lupa mengerjakan satu atau lebih tugas. Buatlah daftar things to do agar Anda tidak akan lupa mengerjakan PR. Apabila tugas Anda berat dan membutuhkan waktu berhari-hari, kerjakan tugas tersebut sedikit demi sedikit setiap hari agar Anda tidak merasa kewalahan mengerjakannya.

  • 4. Kerjakan PR dan tugas Anda sesegera mungkin

  • Kerjakan PR Anda ketika ingatan Anda tentang pelajaran yang dipelajari di sekolah masih segar di kepala Anda. Dengan mengerjakan PR segera setelah Anda pulang dari sekolah, Anda akan memiliki waktu luang untuk bermain dan bersantai sepanjang sore dan malam. Apabila Anda terbiasa belajar pada malam hari, tetaplah melakukan rutinitas tersebut. Namun, pastikan bahwa kegiatan belajar Anda pada malam hari tidak mengganggu jadwal tidur Anda.

  • 5. Jadikan belajar menyenangkan

  • Belajar adalah kewajiban Anda selama bertahun-tahun atau bahkan seumur hidup Anda. Oleh karena itu, jadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Pilihlah cara belajar yang paling nyaman dan efektif bagi Anda. Ada siswa yang belajar dengan baik apabila sambil mendengarkan musik. Ada siswa yang bisa belajar hanya ketika suasana di sekelilingnya hening seperti di perpustakaan. Ada siswa yang bisa memahami pelajaran ketika sedang berdiskusi dalam kelompok belajar bersama teman-teman. Temukan teknik belajar yang paling sesuai dengan Anda.

  • Advertisement
  • 6. Terhubunglah dengan pengajar Anda

  • Pengajar (guru atau dosen) tidak hanya bertugas untuk menyiksa Anda dengan setumpuk PR atau membebani Anda dengan soal ujian yang memusingkan kepala. Kewajiban pengajar adalah untuk membantu Anda belajar tentang dunia di sekitar Anda. Jangan cari muka, tetapi pastikan Anda terhubung dengan pengajar Anda, misalnya dengan berbincang-bincang singkat dengannya seusai kelas. Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh ketika Anda terhubung dengan pengajar Anda, misalnya Anda tahu apa yang dia harapkan dari siswa-siswanya, bagaimana cara mendapatkan nilai bagus darinya, dan sebagainya. Anda juga dapat memberitahunya tentang kelebihan dan kekurangan Anda dalam belajar agar pengajar Anda dapat mencari tahu cara terbaik untuk mengajar Anda.

  • 7. Beristirahatlah sejenak

  • Jangan membuat diri Anda lelah dengan tergesa-gesa mengerjakan tugas sekolah. Pastikan Anda beristirahat sejenak, terutama ketika Anda sedang mengalami kebuntuan atau kejenuhan dalam belajar. Anda dapat pergi jalan-jalan sebentar, tidur siang, mandi berendam air panas, atau menonton televisi sebentar untuk melepaskan rasa tegang dan jenuh. Jika memungkinkan, luangkan satu malam di mana Anda dapat beristirahat total dari kegiatan belajar. Setelah Anda beristirahat, pikiran Anda kembali segar dan siap mengatasi kebuntuan atau kejenuhan dalam belajar.

  • 8. Jaga kesehatan fisik dan mental Anda

  • Pastikan Anda berolahraga setidaknya seminggu sekali, tidur yang cukup dan makan makanan sehat secara teratur setiap hari. Memang terkadang, Anda akan merasa harus begadang ketika ada banyak PR atau sedang bersiap menghadapi ujian, tetapi Anda tetap harus memperhatikan kesehatan fisik Anda.

  • Pastikan Anda tidak merasa stres atau terbebani dengan goal untuk memperoleh nilai sempurna di sekolah. Jangan hiraukan kritikan dan cibiran teman atau keluarga. Jagalah kesehatan mental dan emosi Anda. Jangan takut untuk membuat kesalahan ketika Anda belajar karena kesalahan hanya akan membantu Anda bertumbuh menjadi siswa yang lebih baik.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Belajar Efektif

Apakah Anda memiliki gol untuk menjadi siswa berprestasi? Apabila Anda ingin memperbaiki nilai Anda di sekolah atau di kampus, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda memperoleh nilai akademis yang lebih baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr