Bagaimana Memenuhi Tekad Tahun Baru

Setiap tahun baru kita membuat sebuah tekad, entah untuk menguruskan badan, lebih sering menghubungi orang tua, maupun mengurangi makan manis dan banyak macam tekad lainnya

754 views   |   shares
  • Setiap tahun baru kita membuat sebuah tekad, entah untuk menguruskan badan, lebih sering menghubungi orang tua, maupun mengurangi makan manis dan banyak macam tekad lainnya. Tetapi berapa lama tekad itu Anda jalankan? Satu, dua bulan atau bahkan satu, dua minggu saja? Bagaimana Anda dapat lebih tekun menjalankan tekad itu? Ada beberapa saran di bawah ini yang dapat membantu Anda.

  • Buatlah tekad yang sesuai kemampuan

  • Ketika Anda merencanakan tekad itu, janganlah terlalu muluk dan jauh melebihi kemampuan Anda. Memang tidak ada salahnya memberi diri Anda tantangan, tetapi jika terlalu sulit untuk dijangkau Anda bisa patah semangat. Marilah kita mengambil contoh tekad yang ada pada peringkat teratas yaitu mengurangi makan atau mengurangi berat badan. Tekad ini membuat banyak tempat senam diserbu di bulan Januari. Tetapi biasanya pada bulan-bulan berikutnya jumlah anggota menurun. Sekarang misalkan berat Anda 200 kg dan Anda bertekad untuk menghilangkan 100 kg. Untuk berhasil Anda harus mencari pelatih pribadi atau ikut kontes The Biggest Loser di televisi. Tanpa hal-hal itu, tantangan tersebut sulit dicapai. Jauh lebih baik bila Anda bertekad menurunkan berat 25 kg. Jika itu berhasil tahun berikutnya Anda dapat meneruskan tekad Anda. Berat yang hilang dalam sekejap sering kali kembali dalam sekejap pula, itulah yang disebut diet yoyo, naik turun. Anda tidak perlu berdiet ketat, misalnya makan salad melulu, tetapi Anda dapat membuat tekad untuk makan sekadarnya. Jangan terlalu kenyang dan jangan menambah, cukup satu porsi setiap kali makan.

  • Libatkan orang lain

  • Buatlah tekad bersama-sama sehingga Anda dapat mempunyai dukungan ketika semangat mengendor. Misalkan Anda ingin lebih sering menghubungi orang tua yang biasanya hanya Anda telepon setahun sekali. Beritahu saudara Anda atau bahkan orang tua Anda sendiri bahwa Anda ingin melakukan hal itu. Ketika Anda malas menelepon orang tua Anda, saudara Anda dapat mengingatkan Anda. Atau jika Anda bersama teman-teman berjanji untuk lebih sering ke gym dan memilih hari tertentu, Anda cenderung untuk menepatinya karena teman-teman akan bertanya bila Anda tidak muncul.

  • Berikan hadiah

  • Setiap kali Anda menjalankan tekad Anda, berilah hadiah sebagai insentif, misalnya masukkan uang dalam kotak atau celengan. Bila Anda berhasil mempertahankannya selama setengah tahun hadiahi diri Anda dengan liburan. Dan bila Anda bertahan sampai akhir tahun, Anda patut merayakannya dengan pesta kecil.

  • Advertisement
  • Jauhi godaan

  • Ada saja hal-hal kecil maupun besar yang dapat menggagalkan tekad Anda, karena itu hindarilah godaan sebisa mungkin. Misalnya Anda bertekad mengurangi berat badan, janganlah makan-makan di luar terlalu sering, batasilah sebulan sekali paling banyak. Pilihlah makanan yang sehat dan tidak mengandung banyak kalori. Bila Anda merasa malas senam atau berolah raga, masuklah perkumpulan yang mewajibkan pembayaran bulanan. Dengan begitu Anda merasa sayang bila kesempatan itu dilewatkan begitu saja, sama saja buang-buang uang. Sebaliknya bila Anda memanfaatkannya baik-baik, uang yang Anda keluarkan itu berjasa membantu Anda meraih tekad Anda dan membuat Anda lebih bugar. Tentu saja biayanya hendaknya tidak melebihi kemampuan Anda.

  • Jurnal

  • Tulis dalam jurnal Anda setiap kali Anda berhasil mengalahkan godaan apa pun yang menghalangi tekad Anda. Anda akan merasa lebih mendapat dorongan setiap kali Anda menuliskan catatan itu dan membacanya kembali.

  • Poster

  • Buatlah poster dengan gambar-gambar yang Anda tempel dari guntingan majalah atau jika Anda mempunyai bakat artis, gambarlah sendiri poster itu untuk memberi dorongan dalam mencapai tekad Anda. Misalnya tekad Anda adalah menghubungi orang tua Anda lebih sering. Tempellah poster itu dengan foto orang tua Anda dan gambar telepon atau komputer bila Anda memakai Skype. Taruhlah poster itu di tempat yang mudah dilihat, misalnya di kulkas.

  • Gantungan kunci

  • Taruhlah sesuatu di gantungan kunci Anda yang mengingatkan Anda akan tekad Anda. Misalnya bila Anda menjadi anggota klub senam, gantungkan kartu keanggotaan di kunci itu. Gantungkan juga di kaca mobil, supaya setiap Anda naik mobil, Anda diingatkan akan tekad itu.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Bagaimana Memenuhi Tekad Tahun Baru

Setiap tahun baru kita membuat sebuah tekad, entah untuk menguruskan badan, lebih sering menghubungi orang tua, maupun mengurangi makan manis dan banyak macam tekad lainnya
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr