Tips Berbelanja Online

Kita dapat memanfaatkan kemudahan yang telah internet berikan bagi kehidupan kita dalam berbelanja, tetapi kita juga perlu waspada dan teliti saat melakukan pembelanjaan melalui internet.

1,502 views   |   shares
  • Sekarang ini internet telah menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Internet juga semakin mudah untuk dinikmati bagi siapa saja. Hampir setiap orang telah dapat mengakses internet, baik melalui komputer, laptop, tablet, maupun telepon genggam. Internet telah memberikan banyak kemudahan bagi kehidupan setiap orang, kemudahan untuk berkomunikasi, kemudahan dalam mencari informasi baik informasi ilmu pengetahuan, hiburan, bahkan yang telah menjadi tren masa kini, internet telah dapat digunakan sebagai sarana untuk berbelanja.

  • Kemajuan Internet ini membuat banyak orang atau perusahaan dagang memanfaatkannya untuk berbisnis dengan cara berjualan secara online. Kita telah mengetahui saat ini banyak situs-situs yang menyediakan jasa ini. Selain dapat menghemat waktu, berbelanja online juga dapat menghemat tenaga kita. Akan tetapi dalam berbelanja online juga memiliki dampak negatif. Telah banyak kasus penipuan yang terjadi dari penyediaan jasa penjualan melalui internet, sehingga dalam berbelanja online kita mesti waspada. Berikut adalah tips yang dapat kita perhatikan dalam melakukan pembelanjaan online atau melalui internet.

  • 1. Berbelanja pada situs-situs yang resmi dan sudah terkenal

  • Jika Anda adalah seorang pemula dalam hal berbelanja melalui internet, tips ini akan sangat membantu Anda terhindar dari penipuan. Berbelanjalah pada situs-situs seperti yang telah terkenal seperti amazon.com, ebay.com, lazada.co.id, berniaga.com, tokobagus.com atau situs-situs lainya yang telah dilengkapi dengan sistem keamanan yang terjamin. Ketika Anda berbelanja di sana, Anda sudah dilindungi oleh hukum penjualan dengan sistem onlineMereka juga memberikan pengiriman khusus untuk pembelanjaan Anda dan memberikan garansi pada pembelanjaan Anda.

  • 2. Periksa cara pembayaran yang tersedia

  • Ada beberapa cara yang disediakan bagi Anda untuk melakukan pembayaran pembelanjaan Anda.

  • Kartu kredit

  • Kebanyakan situs-situs resmi menyediakan cara pembayaran melalui kartu kredit. Tetapi banyak juga penipuan melalui situs-situs nakal yang sengaja menyediakan cara pembayaran ini untuk mendapatkan informasi kartu kredit Anda. Walaupun penggunaan kartu kredit telah dilindungi dengan keamanan yang canggih, Anda harus tetap waspada dalam melakukan pembayaran dengan kartu kredit secara online. Anda perlu meneliti situs penjual tersebut dan juga kredibilitasnya.

  • Transfer ke rekening bank

  • Pembayaran yang lain adalah menggunakan sistem transfer rekening, sistem ini sangat riskan karena Anda belum menerima produk tersebut sebelum melakukan transaksi. Teliti dahulu rekening bank yang akan Anda transfer dengan cara menghubungi pihak bank dari rekening tersebut dan menanyakan kredibilitasnya.

  • Advertisement
  • Transfer uang melalui wesel pos

  • Pembayaran ini tidak dianjurkan untuk dilakukan pada saat Anda pertama kali melakukan pembelanjaan secara online. Anda tidak mengenal si penjual dan memiliki informasi kontak yang sedikit biasanya hanya melalui surat elektronik (e-mail). Penjual bisa saja mengambil uang Anda dari wesel pos yang dikirimkan dan membawa lari uang Anda tanpa melakukan pengiriman produk.

  • Pembayaran langsung

  • Pembayaran terjadi ketika Anda bertemu dengan penjual secara langsung dan melakukan transaksi jual-beli. Anda dapat langsung mendapatkan produk yang Anda pesan dan tidak perlu khawatir bahwa seseorang akan membawa lari uang Anda. Pastikan Anda melakukan transaksi di tempat ramai atau di tempat yang Anda ketahui untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • 3. Murah bukan berarti baik

  • Mungkin Anda akan melihat produk-produk yang mewah dengan harga yang murah, jangan mudah tertipu dengan godaan tersebut. Jika produk tersebut dijual di situs-situs resmi, mungkin itu adalah hari keberuntungan Anda. Tetapi jika tidak, Anda perlu berhati-hati sebelum melakukan transaksi. Banyak penipuan yang berkedok menjual produk-produk murah. Orang akan langsung mengira bahwa itu transaksi yang menguntungkan dan tidak akan berpikir dua kali untuk membeli produk tersebut. Anda juga tidak mengetahui kualitas dari produk dijual jadi jangan kaget ketika Anda tidak puas dengan produk yang Anda terima.

  • 4. Memeriksa garansi dan pengiriman uang kembali

  • Situs-situs resmi menyediakan garansi untuk produk-produk yang mereka jual. Biasanya jangka waktu garansi berkisar antara 7–30 hari dari tanggal pembelian. Periksa jangka waktu garansi yang tersedia sebelum Anda melakukan transaksi. Beberapa situs juga menyediakan jasa pengiriman uang kembali yang memungkinkan Anda untuk mengirimkan produk kembali kepada penjual dan menerima uang Anda kembali.

  • Kita dapat memanfaatkan kemudahan yang telah internet berikan bagi kehidupan kita dalam berbelanja, tetapi kita juga perlu waspada dan teliti saat melakukan pembelanjaan melalui internet.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Tips Berbelanja Online

Kita dapat memanfaatkan kemudahan yang telah internet berikan bagi kehidupan kita dalam berbelanja, tetapi kita juga perlu waspada dan teliti saat melakukan pembelanjaan melalui internet.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr