8 Resolusi yang Perlu Kita Capai di Tahun yang Baru

Berbagai macam peristiwa serta kejadian di tahun yang lalu, entah itu baik maupun buruk, yang telah kita lewati, seharusnya mampu untuk semakin mendewasakan diri kita supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.

1,408 views   |   shares
  • Setiap kali menikmati momen pergantian tahun pernahkah terlintas di dalam pikiran kita, bahwa Tuhan telah begitu sangat baik dan setia dalam menjaga kita selama setahun yang telah berlalu? Berbagai macam karunia telah Dia limpahkan kepada kita berupa kesehatan, keselamatan, rezeki, napas kehidupan, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebagai perwujudan ungkapan rasa terima kasih kita kepada-Nya, maka sudah menjadi kewajiban kita untuk mengisi hari-hari yang akan datang, di tahun yang baru nanti, dengan hal-hal yang lebih baik lagi.

  • Seorang motivator handal, Mario Teguh, dalam sebuah acara pernah menyampaikan "Berbagai macam peristiwa serta kejadian di tahun yang lalu, entah itu baik maupun buruk, yang telah kita lewati, seharusnya mampu untuk semakin mendewasakan diri kita supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik." dan "Bahwa kegagalan tidak pernah datang mendadak, itu dimulai dari kebiasaan-kebiasaan buruk yang kecil-kecil, yang pada akhirnya tumbuh dan berkembang menjadi masalah yang lebih besar dan berakhir sebagai kegagalan."

  • Selama karunia nafas kehidupan ini masih Tuhan berikan ke dalam diri kita, maka tidak akan pernah ada kata terlambat untuk berubah. Akan tetapi yang perlu kita sadari adalah segala sesuatu ada masanya, kita tidak akan hidup selamanya di dunia ini, karena itu jangan pernah menyia-nyiakannya, jangan sampai kita justru menyesali tatkala kesempatan yang diberikan itu telah habis. Manfaatkanlah sisa waktu yang kita miliki ini dengan sebaik-baiknya, pertahankan apa yang telah berhasil kita capai dan segera perbaiki apa yang ingin kita ubah dalam kehidupan ini.

  • Semoga di tahun yang baru ini kita semua telah membuat resolusi bagi diri kita masing-masing supaya menjadi pribadi yang lebih baik. Namun bila belum, berikut ini ada 8 hal yang dapat kita mulai upayakan di bawah ini.

  • Jadilah pribadi yang lebih baik, rendah hati, sabar, dan tidak mudah emosi

  • Banyaknya kegagalan yang terjadi di dalam kehidupan ini dan rasa pahit yang sering dirasakan oleh hati kita terkadang bisa mengikis kerendahan hati, sikap sabar dan kontrol diri terhadap emosi kita. Oleh karena itu, bila ada di antara kita yang mengalami kejadian ini sepanjang tahun kemarin, maka di tahun yang baru ini marilah berusaha menjadi pribadi yang baru yang mampu berpikir secara positif bahwa tantangan yang pernah kita hadapi pasti memiliki akhir.

  • Berhentilah berpikir bahwa rumput tetangga selalu lebih hijau

  • Dalam kehidupan masyarakat Jawa ada sebuah kalimat yang menggambarkan keadaan ini, yaitu "Sawang Sinawang", kondisi di mana seseorang melihat keadaan orang lain lebih baik daripada keadaan dirinya sendiri. Berhentilah memiliki anggapan ini, bahwa kehidupan orang lain jauh lebih baik daripada kehidupan pribadi Anda, karena bentuk rasa iri hati demikian ini hanya akan membuat Anda merasa rendah diri dan tidak mampu bersaing dengan orang lain. Karena itu, di tahun yang baru ini, marilah mengubah pola pikir demikian dan mulai untuk lebih banyak bersyukur dengan apa yang sudah kita miliki.

  • Advertisement
  • Saatnya untuk menutup buku

  • Bertekadlah untuk menghapus segala kenangan lama yang membuat kita bagai katak di dalam tempurung dan mulailah lembaran baru untuk diisi dengan hal-hal baru yang jauh lebih baik dan bermanfaat.

  • Beranilah mengambil tantangan

  • Buang jauh-jauh segala kekhawatiran yang ada dan mulailah berani mengambil langkah untuk menghadapi tantangan. Intinya jangan takut sebelum berperang.

  • Jadilah diri sendiri

  • Perlu disadari bahwa orang lain tidak berhak menentukan kebahagiaan seseorang, karena kebahagiaan seseorang yang berhak menentukan adalah dirinya sendiri. Oleh karena itu, mulai saat ini tetapkanlah tekad serta milikilah keberanian dalam diri untuk mewujudkannya, dan ini berarti setiap dari kita berhak untuk mengevaluasi kembali apakah sudah merasa bahagia dengan dirinya, dengan pekerjaannya, dengan keluarganya, dengan pernikahannya, dan sebagainya.

  • Jangan meratapi kekurangan fisik

  • Bila selama ini kita hanya bisa meratapi kekurangan fisik, maka saat ini adalah waktu yang tepat untuk bangkit dan mulai mensyukuri keadaan tubuh kita apa adanya, karena di setiap kekurangan yang kita miliki Tuhan pasti telah memberikan kelebihan.

  • Mulailah untuk memiliki tujuan hidup

  • Pahamilah bahwa kehidupan ini hanya berlaku sekali untuk setiap orang. Segala bentuk penyia-nyiaan terhadap waktu hanya akan merugikan diri sendiri. Oleh karena itu, segeralah memiliki tujuan hidup, karena kebahagiaan masa depan kita hanya kita sendirilah yang menentukan.

  • Bangkit dari kegagalan

  • Sangat disadari kemampuan untuk bangkit dalam mengatasi kegagalan tidak dimiliki oleh setiap orang, namun pahami bahwa kegagalan bukanlah akhir dari segalanya, dan setiap orang pasti pernah merasakan pahitnya. Oleh karena itu, inilah saatnya untuk mulai bangkit dan berusaha menjadi lebih tahan banting dalam menghadapi kegagalan demi kegagalan yang mungkin akan kita alami lagi suatu hari nanti.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Saya seorang guide paruh waktu di Bali, anak kedua dari 5 bersaudara. Saya sangat menyukai alam dan bertemu dengan banyak orang dari berbagai negara.

8 Resolusi yang Perlu Kita Capai di Tahun yang Baru

Berbagai macam peristiwa serta kejadian di tahun yang lalu, entah itu baik maupun buruk, yang telah kita lewati, seharusnya mampu untuk semakin mendewasakan diri kita supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr