Apakah Anda Siap?

Di dunia yang banyak ditimpa bencana alam dan bencana lainnya kita hendaknya mempersiapkan diri.

949 views   |   shares
  • Di dunia yang banyak ditimpa bencana alam dan bencana lainnya kita hendaknya mempersiapkan diri. Walau kadang-kadang bencana yang kita hadapi tidak terduga, namun bila kita sudah siap rasa panik yang timbul tidaklah separah bila kita tidak siap sama sekali. Anak-anak juga perlu kita didik dan latih supaya tahu apa yang harus mereka lakukan seandainya bahaya mengancam dan mereka terpisah dari orang tua mereka.

  • Perhatikan televisi

  • Karena orang sekarang jarang mendengarkan radio dan lebih sering menonton televisi bila ada peringatan bencana alam mungkin akan disiarkan di televisi. Ketika Anda mendengar siaran itu, sebelum bencana terjadi hendaknya Anda perhatikan baik-baik apa yang akan terjadi, di mana dan kapan. Apa yang harus Anda siapkan, bila Anda harus mengungsi apa yang dapat Anda bawa. Bila perlu jemputlah anak-anak jika mereka masih di sekolah. Lebih baik mereka kehilangan beberapa jam waktu sekolah sebelum keadaan kian genting dan sulit menjemput mereka.

  • Buatlah rencana kedua

  • Jangan hanya ada satu rencana, karena jika keadaan mendesak dan rencana ini tidak dapat dijalankan sama juga seperti Anda tidak mempunyai persiapan. Lebih baik memiliki dua atau tiga pilihan yang dapat dijalankan bila rencana pertama gagal. Misalnya Anda membuat rencana untuk tempat pertemuan bila keluarga terpaksa terpisah-pisah dalam keadaan darurat. Karena rumah Anda jauh dari pusat kota dan Anda bekerja di dekat pusat kota, begitu pun anak-anak bersekolah di area itu, Anda menentukan bahwa dalam keadaan darurat Anda semua harus ke rumah nenek yang tidak jauh dari situ. Ternyata ketika keadaan darurat muncul rumah nenek juga dikepung air bah, tidak ada jalan ke situ. Anak-anak tidak mungkin tetap berada di sekolah, Anda pun harus meninggalkan tempat kerja karena tidak aman. Di sinilah pentingnya rencana kedua, Anda sudah menetapkan semua anggota keluarga harus pergi ke gedung tertinggi di kota itu sebagai tempat mengungsi sementara.

  • Perhatikan jalan keluar dari rumah

  • Bila terjadi kebakaran semua orang pasti panik, tidak dapat berpikir dengan cepat. Karena itulah di gedung-gedung dan hotel besar selalu disediakan denah tempat itu supaya semua orang dapat melihat di mana mereka berada dan jalan keluar terdekat. Begitu pun di rumah, adakanlah latihan mengatasi kebakaran. Ajarkanlah anak-anak cara memakai alat pemadam api yang ada di rumah. Beritahu mereka bahwa bukan cuma api yang berbahaya tetapi juga asap dapat membuat orang sesak napas dan bahkan mati. Buatlah jendela-jendela yang dapat dibuka dengan mudah dari dalam untuk dijadikan jalan keluar darurat bila perlu. Ajarkan anak-anak cara membuka jendela itu. Pikirkanlah sebelumnya kemungkinan-kemungkinan yang ada untuk menyelamatkan diri dari bahaya. Anda dapat berkata bahwa kemungkinannya kecil sekali bagi keluarga Anda mengalami kebakaran. Tetap saja lebih baik Anda bersiap-siap dan jangan lupa memperingatkan anak-anak tentang kemungkinan kecil itu. Ajarkan kepada mereka akibat bermain api, geretan, bensin dan bahaya lainnya.

  • Advertisement
  • Siapkan surat-surat penting

  • Taruhlah dokumen-dokumen penting dalam sebuah tas yang mudah dijinjing dan di tempat yang mudah diambil (bukan berarti di depan pintu) supaya Anda dapat meraihnya bila Anda harus cepat-cepat menyelamatkan diri. Surat kelahiran, paspor, surat sekolah, KTP, dan surat-surat penting lainnya memang dapat dicari penggantinya namun menimbulkan sakit kepala ketika mengurusnya. Anda dapat juga menyimpannya di komputer dengan cara scanning, namun jangan hanya di hard drive Anda karena kemungkinan besar Anda tidak dapat membawa lari komputer itu dalam keadaan darurat. Simpanlah di surel atau i-cloud namun pastikan bahwa tempat itu aman dari serangan pembajak internet. Ini dapat Anda lakukan dengan foto-foto keluarga dan banyak hal lainnya yang mungkin tidak dapat diganti bila hilang.

  • Siapkan uang tunai secukupnya

  • Perkataan secukupnya di sini relatif, bila Anda mempunyai keluarga besar berapa biaya yang perlu untuk makan satu sampai tiga hari? Dalam keadaan darurat ada kemungkinan kartu bank Anda tidak dapat dipakai. Bila Anda sama sekali tidak mempunyai uang tunai, bagaimana Anda dapat membeli makanan? Katakanlah Anda mempunyai persiapan makanan yang cukup besar untuk hidup selama sebulan. Tetapi bila bahaya yang Anda hadapi adalah air atau api, Anda tidak dapat menyelamatkan persediaan makanan itu, namun Anda punya uang tunai. Taruhlah uang itu di tas yang Anda isi dengan dokumen-dokumen penting. Anda dapat memakainya dalam keadaan darurat keuangan, tetapi pastikan untuk menggantinya sesudah keadaan keuangan Anda memungkinkan.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Apakah Anda Siap?

Di dunia yang banyak ditimpa bencana alam dan bencana lainnya kita hendaknya mempersiapkan diri.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr