Obat Mujarab Patah Hati

Hampir setiap orang pernah putus cinta dan mengalami patah hati.

4,324 views   |   2 shares
  • Patah hati sering menjadi tema dari lagu-lagu populer antara lain di tahun 60-an dinyanyikan oleh almarhum Rahmat Kartolo. Beberapa orang pernah putus cinta dan mengalami patah hati. Bahayanya kalau yang mengalami masih belia kadang bisa berakibat bunuh diri. Bagaimana mengatasi kesedihan akibat patah hati? Ada satu obat paling mujarab untuk itu, bukan yang dijual Tabib Fahrudin, atau Jamu Nyonya Meneer tetapi dapat diperoleh cuma-cuma.

  • Fatima ditinggal pacarnya gara-gara dia tidak mau diajak kawin muda, dia sendiri masih ingin sekolah. Seharian dia menangis sedih, hampir seminggu hilang nafsu makannya sampai badannya kurus kering. Dia suka duduk termenung, tidak lagi mau bergaul dengan teman-temannya. Ibunya yang melihat keadaan putri tunggalnya ikut bersedih. Dia mencoba menghibur anaknya yang semata wayang itu tetapi usahanya tidak ditanggapi oleh Fatima. Dia lebih suka mengurung diri di kamar, jarang mau diajak bicara. Ibunya khawatir sekali jangan-jangan karena stres berat dia gantung diri. Keadaan ini berlangsung beberapa bulan sehingga sang ibu akhirnya pergi minta nasihat "orang pintar". Oleh si mbah dukun ibunya Fatima cuma diberi wangsit berupa bisikan. Luar biasa bisikan itu manjur ketika dijalankan terhadap Fatima. Dia segar kembali, mau makan sehingga pipinya kembali merah seperti buah delima yang matang. Mau tau apa sih yang dibisikkan si mbah dukun? "Kenalkan saja sama anak mbah yang cakep!" Begitulah mereka bikin janji buat ketemu berempat di pasar hari Sabtu. Ibu Fatima setengah memaksa mengajak anaknya yang ayu seperti Cinta Laura itu belanja sayur. Betul saja di sana sudah menunggu mbah dukun dengan anaknya yang tinggi ganteng mirip Robert Pattinson (padahal mbah dukunnya jelek). Melihat senyum si Pattinson luluhlah kebekuan hati Fatima yang sudah dipetieskan berbulan-bulan. Lupalah dia kepada mantannya yang pendek item belangsak.

  • Tidak ada yang dapat mengobati hati yang patah karena putus cinta selain cinta itu sendiri. Karena itulah timbul istilah 'rebound' yang maksudnya jatuh cinta sehabis patah hati hanya untuk bangkit kembali dan biasanya tidak tahan lama. Tetapi itu tidak menjadi soal, biar cuma sebulan dua bulan bila cinta lain sempat singgah di hati lupalah sudah memori tentang si mantan. Karena begitu hati dipenuhi dengan minat baru, minat lama cenderung tersingkir jauh. Tidak ada tempat bagi dua orang di hati biar seluas lapangan Banteng. Itu sudah normal bagi sifat manusia, datang yang baru yang lama pun sirna ditiup angin. Yang diperlukan cuma kesediaan membuka hati karena biar datang yang baru bila pintu hati tertutup rapat dan kuncinya sudah dibuang ke laut, mana bisa masuk?

  • Advertisement
  • Karena itu jangan suka mengikuti novel atau film tragedi kalau sedang patah hati, salah-salah kejadian yang tragis itu dijalankan sendiri. Lebih baik mencari hiburan yang lucu, segar dan memberi inspirasi sehingga paling tidak kesedihan terlupakan. Carilah kegiatan sehat yang dapat membantu orang lain. Cara terbaik untuk melupakan diri sendiri adalah dengan mengalihkan perhatian ke orang lain. Belas kasihan yang semula tumplek ke diri sendiri akan digantikan dengan belas kasih buat orang lain. Kalau perlu buatlah proyek kemanusiaan, boleh dinamai GTH (singkatan dari Go To Hell) P(atah) H(ati). Proyek ini bertujuan membantu orang lain yang bersedih karena patah hati. Mengikuti Alcohol Anonymous di mana orang-orang yang kecanduan alkohol berkumpul untuk saling menguatkan dan bertukar pengalaman, GTHPH bertemu seminggu sekali untuk saling tukar pikiran dan siapa tahu ada yang kecantol.

  • Menulis jurnal juga dapat membantu. Bila mempunyai teman baik uneg-uneg boleh dituang, tetapi tidak ada yang sebaik buku harian karena tidak ada komentar, tidak ada keluhan yang tidak tertampung. Selain itu membaca tulisan sendiri membuat seseorang menyadari bahwa suasana hatinya sedang tidak nyaman dan mungkin dia dapat menyortir pikirannya supaya tidak ruwet. Tidak dibutuhkan bahasa yang canggih, asal yang menulis dapat memahami apa yang ditulisnya, itu sudah cukup. Setiap orang mampu membuat buku harian.

1 menit saja untuk membagikan artikel ini..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Obat Mujarab Patah Hati

Hampir setiap orang pernah putus cinta dan mengalami patah hati.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr