Waspada Kejahatan Saat Menumpang Taksi

Perkembangan dunia yang semakin modern dan serba kompleks memicu semakin meningkatnya kriminalitas yang mengkhawatirkan. Apalagi di beberapa kota atau negara besar yang mobilitas kehidupannya tinggi dan kesenjangan sosial yang tinggi.

1,319 views   |   shares
  • Perkembangan dunia yang semakin modern dan serba kompleks memicu semakin meningkatnya kriminalitas yang mengkhawatirkan. Apalagi di beberapa kota atau negara besar yang mobilitas kehidupannya tinggi dan kesenjangan sosial yang tinggi. Kriminalitas merupakan santapan hari-hari yang terjadi. Tak heran di stasiun-stasiun TV sekarang ini dipenuhi banyak berita kriminalitas, contohnya aksi pembunuhan, perampokan, penculikan, pemukulan, pemerkosaan, penyiksaan, tawuran dan sebagainya.

  • Hal-hal tersebut sudah pasti tidak Anda inginkan terjadi pada diri Anda sendiri, keluarga atau kerabat Anda. Semua kejadian tersebut bisa terjadi pada siapa saja, di mana dan kapan saja. Di jalan atau dalam keadaan ramai sekalipun kejahatan itu bisa terjadi.

  • Yang akan kita bahas saat ini adalah kejahatan yang marak terjadi di taksi. Taksi adalah salah satu transportasi umum yang difasilitasi dengan kenyamanan tertentu, sehingga penumpang taksi bisa memiliki privasi sendiri. Taksi merupakan salah satu pilihan masyarakat untuk bepergian. Apalagi sekarang ini musim penghujan, taksi akan sangat dibutuhkan oleh masyarakat yang tidak memiliki mobil pribadi.

  • Namun, banyak pula kasus kejahatan yang terjadi pada pengguna jasa transportasi ini. Walaupun kelihatannya aman dan nyaman, kita tetap perlu berhati-hati dan waspada terhadap apapun yang akan terjadi. Karena pada kenyataannya, banyak kasus kejahatan telah terjadi di taksi. Pemicu dan modusnya sangat beragam, yang jelas kejahatan tersebut sangat mengganggu dan meresahkan masyarakat. Kejahatan yang mungkin dapat terjadi berupa perampokan, penodongan, pemerkosaan, penculikan bahkan sampai pembunuhan. Ironisnya kejahatan tersebut dilakukan oleh sopir taksi tersebut dan biasanya dibantu oleh orang lain. Untuk itu, Anda perlu lebih cermat dalam menggunakan transportasi ini. Berikut adalah beberapa tips untuk menghindari kejahatan saat menggunakan jasa taksi.

  • 1. Pilih taksi yang memiliki kredibilitas tinggi

  • Walaupun banyak pilihan jenis taksi yang beroperasi di jalanan, Anda wajib memilih taksi yang telah memiliki kredibilitas tinggi. Carilah taksi yang sudah banyak dikenal yang sudah terpercaya atau yang sudah sering Anda pakai. Taksi yang sudah menjadi kepercayaan Anda atau taksi yang sudah mempunyai lisensi kinerja yang baik.

  • 2. Catat pelat nomor taksi, nomor ID taksi, nama sopir taksi

  • Untuk menjaga kejahatan yang tak diinginkan, mencatat identitas taksi juga perlu kita lakukan. Sebelum naik taksi, catat pelat nomor taksi. Sesudah berada di dalam taksi, catat nomor ID dan nama sopir taksi. Anda bisa mengirim semua identitas taksi tersebut ke orang terdekat Anda melalui pesan singkat di ponsel Anda, jadi kalau terjadi apa-apa dengan Anda, orang-orang terdekat Anda bisa melacak keberadaan Anda melalui informasi yang Anda kirimkan sebelumnya.

  • Advertisement
  • 3. Hindari memakai perhiasan yang berlebihan dan membawa uang yang banyak atau barang-barang berharga lainnya

  • Sesuatu yang berlebihan akan mengundang perhatian. Apalagi kalau yang berlebihan itu mengundang terjadinya kejahatan. Sering kali Anda tidak menyadari bahwa kejahatan itu kadangkala kita yang ciptakan. Contohnya adalah mungkin awalnya sopir taksi itu tidak berniat bertindak apa-apa terhadap Anda, namun ketika dilihatnya Anda memakai perhiasan yang berlebihan dan mencolok, atau menggunakan gadget yang mahal, membuat supir taksi berkeinginan untuk merampok barang-barang Anda. Untuk itulah Anda harus bisa menempatkan diri sesuai kondisi agar terhindar dari bahaya kejahatan yang mengancam keselamatan Anda.

  • 4. Berani, sok tahu, namun tetap sopan

  • Maksudnya adalah jadilah orang yang dapat bersikap tegas dan berani namun tetap sopan. Akan sangat mudah bagi sopir taksi untuk berlaku jahat kepada Anda yang dilihatnya penakut, lemah lembut, kurang gesit dan mudah tertipu. Makanya kebanyakan sasaran kejahatan yang terjadi di dalam taksi adalah wanita, karena wanita dianggap lemah dalam perlawanan. Saat Anda ingin bepergian sendiri, usahakan untuk mencari teman atau pasangan untuk menemani Anda, hindari berpakaian minim dan terbuka karena ini juga dapat memicu sang sopir bertindak jahat terhadap Anda.

  • 5. Segeralah turun jika ada hal yang mencurigakan

  • Jika dalam perjalanan terjadi kejadian yang Anda anggap aneh dan mencurigakan, segeralah untuk meminta berhenti. Contohnya, jika dalam perjalanan sang sopir menerima telepon yang terdengar janggal, segeralah turun, bisa jadi itu aba-aba yang sudah dipersiapkan untuk berbuat jahat. Atau jika dalam perjalanan supir taksi melewati jalan yang tidak biasanya Anda lewati, Anda bisa minta berhenti. Dan masih banyak lagi modus lainnya. Intinya, jika dalam perjalanan Anda terjadi kejadian-kejadian yang menurut Anda tidak wajar, segeralah minta berhenti.

Bagikan pada teman dan keluarga..

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Waspada Kejahatan Saat Menumpang Taksi

Perkembangan dunia yang semakin modern dan serba kompleks memicu semakin meningkatnya kriminalitas yang mengkhawatirkan. Apalagi di beberapa kota atau negara besar yang mobilitas kehidupannya tinggi dan kesenjangan sosial yang tinggi.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr