Gagasan untuk Menemukan dan Mengembangkan Bakat Anda

Masing-masing dari kita memiliki bakat individu yang dirancang untuk membantu kita tumbuh menjadi orang-orang luar biasa yang telah ditakdirkan Tuhan.

8,527 views   |   11 shares
  • Hampir tujuh miliar orang yang hidup di dunia ini. Masing-masing dari tujuh miliar orang itu memiliki kualitas dan karakteristik tertentu yang membuat mereka individu yang unik. Sama seperti atribut fisik yang membedakan kita sebagai manusia, kita masing-masing memiliki bakat individu yang dirancang untuk membantu kita tumbuh menjadi orang-orang luar biasa yang telah ditakdirkan.

  • Mengapa banyak orang bergumul untuk mengenali bakat mereka dan berpikir bahwa mereka tidak memiliki bakat unik tersendiri? Salah satu alasannya adalah bahwa banyak orang menyalah-artikan makna dari kata bakat itu sendiri. Menurut kamus Merriam-Webster, definisi dari bakat tidak hanya sekedar di bidang atletik, bakat kreatif atau artistik seseorang. Definisi lain yang dapat digunakan untuk menggambarkan bakat sesorang bisa meliputi karakteristiknya, kecerdasannya, atau kemampuan alaminya.

  • Alasan lain mengapa orang merasa mereka tidak berbakat adalah karena mereka membandingkan diri mereka dengan orang lain. Ya, mungkin dari luar tampak sepertinya seseorang lebih berbakat daripada Anda. Namun, pikirkan tentang dedikasi dan pengorbanan yang mereka berikan untuk mengembangkan bakat mereka. Saat kita berpikir tentang orang-orang yang berbakat, biasanya kita tidak mempertimbangkan seberapa banyak waktu yang telah mereka korbankan dalam latihan ataupun belajar untuk menjadi yang terbaik.

  • Masih berusaha untuk mencari bakat dan karunia Anda yang unik? Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda menemukan bakat dan karunia Anda.

  • Langkah 1: Buatlah catatan mengenai hal-hal yang menarik minat dan perhatian Anda

  • Hal-hal yang menarik perhatian Anda adalah pintu gerbang untuk membantu Anda menemukan bakat tersembunyi Anda. Catatan Anda dapat mencakup apa saja! Beberapa saran mungkin termasuk berkebun, menulis, memasak, bepergian, memainkan alat musik, belajar bahasa asing atau menjadi orang tua yang baik.

  • Langkah 2: Periksa catatan Anda dan lingkari hal-hal yang Anda rasa paling penting

  • Hal-hal yang Anda lingkari adalah hal-hal sangat ingin Anda lakukan. Hal-hal itu harus membuat Anda merasa senang dan bahagia. Jika tidak, Anda harus menghapus hal-hal itu dari catatan Anda.

  • Langkah 3: Fokuskan diri pada pengembangan hal-hal yang paling penting bagi Anda

  • Mengembangkan bakat memerlukan komitmen, dedikasi dan kerja keras Anda. Ini adalah salah satu alasan mengapa Anda harus bersemangat dalam memfokuskan diri untuk mengembangkan minat Anda. Jika Anda tidak merasa bergairah dan bersemangat untuk mengembangkan minat Anda, Anda akan kehilangan motivasi untuk melakukan hal-hal yang diperlukan untuk mengembangkan bakat Anda.

  • Advertisement
  • Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bakat Anda dapat mencakup mengambil kelas, bergabung dengan tim atau klub, atau menyewa seorang pelatih. Ingatlah untuk tetap fokus dan meluangkan waktu yang diperlukan untuk belajar dan mengeksplorasi minat Anda lebih dalam. Apakah Anda merasa seperti kekurangan waktu dan mungkin tidak dapat mendedikasikan waktu yang cukup untuk mengembangkan bakat Anda seperti yang Anda inginkan? Maka Anda harus memprioritaskan hidup Anda dengan menata kembali cara Anda meluangkan waktu Anda. Banyak orang menghabiskan waktu berjam-jam di internet, menonton televisi, mendengarkan radio, dan berbicara di telepon. Dengan membatasi kegiatan ini, Anda akan benar-benar takjub dengan seberapa banyak waktu yang Anda luangkan dengan melakukan hal-hal yang tidak berguna.

  • Langkah 4: Bagikan bakat Anda dengan orang lain

  • Jangan menunggu untuk membagikan bakat Anda sampai bakat Anda sempurna! Saat Anda mengembangkan dan menyempurnakan bakat Anda, carilah kesempatan untuk menggunakan bakat Anda untuk memberkati kehidupan orang lain. Dengan melakukan hal ini, Anda membantu melipatgandakan bakat Anda yang akan membawa Anda ke kehidupan yang lebih sehat dan bahagia.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Bobby Dapalangga dari artikel asli “What am I good at? Tips for discovering and developing your talents” karya Charles Machinski.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Charles Machinski is the founder of The Coaching Box, LLC. He is also a published author, distinguished speaker and self development expert. For info regarding his workshops, seminars and keynote topics, he can be contacted at Charlie@thecoachingbox.

Gagasan untuk Menemukan dan Mengembangkan Bakat Anda

Masing-masing dari kita memiliki bakat individu yang dirancang untuk membantu kita tumbuh menjadi orang-orang luar biasa yang telah ditakdirkan Tuhan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr