Menjaga Keamanan dan Kebersihan Rumah Sebelum Anda Bepergian

Keamanan rumah harus sangat diprioritaskan, terutama apabila kita akan meninggalkannya dalam jangka waktu yang cukup lama.

1,565 views   |   shares
  • Seberapa pentingkah rumah bagi Anda? Rumah adalah istana Anda, tidak peduli ukurannya besar atau kecil, atau bentuknya mewah atau sederhana, itu sifatnya sama bagi setiap pemiliknya. Menghargai rumah tidak jauh beda seperti menghargai diri sendiri, kebersihan, keutuhan, keamanan haruslah tetap terjaga. Tanpa rumah tempat keluarga dan teman dapat bertemu, di mana kita akan beristirahat, bermalam, dan beraktivitas bersama keluarga? Orang lain pun juga bisa menilai karakter pemiliknya dari melihat kebersihan atau terawatnya rumah yang mereka datangi.

  • Jadikanlah rumah itu seperti diri kita sendiri, yang hendaknya benar-benar kita jaga serta pelihara. Menghargai rumah hendaknya tidak hanya sebatas memelihara saja, tetapi juga harus menjaga keamanan rumah beserta segala isinya, karena rumah dan isinya seperti layaknya satu rangkaian yang harus kita jaga keamanannya. Tanpa isi dari rumah tersebut apalah arti rumah itu?

  • Keamanan rumah harus sangat diprioritaskan, terutama apabila kita akan meninggalkannya dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak cukup hanya dengan mengunci rumah atau pagar saja karena perampokan, pencurian bisa terjadi kapan saja apabila keamanan rumah tidak terjaga dengan baik. Selain itu, hal lain pun bisa saja terjadi seperti kebakaran atau kerusakan barang dikarenakan rumah yang bocor saat hujan. Maka dari itu, mulailah menjaga keamanan dan kebersihan sebelum meninggalkan rumah dengan beberapa cara berikut ini.

    1. Pastikan lampu menyala pada saat malam hari, bila perlu memakai lampu otomatis bisa padam sendiri pada siang hari. Hal ini bertujuan untuk mempermudah pengawasan bagi pihak keamanan setempat pada malam hari.

    2. Periksa setiap bagian rumah yang harus dikunci, ganti segera bila kunci sudah tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak akan mudah untuk dibongkar secara paksa oleh orang lain. Buat duplikatnya bila perlu untuk sekadar berjaga-jaga apabila tiba-tiba salah satunya hilang.

    3. Pastikan tidak ada pipa-pipa air atau selang tabung gas yang bocor. Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi kerusakan barang dikarenakan genangan air atau kebakaran.

    4. Hindari hal-hal yang bisa menyebabkan bahaya kebakaran yaitu kabel dan barang elektronik yang masih tersambung di stop kontak supaya mengurangi terjadinya risiko korsleting listrik.

    5. Buang segera makanan yang sudah dekat tanggal kedaluwarsanya atau yang tidak tahan lama serta berbau dari dalam lemari es. Jadi ketika pulang dari perjalanan, Anda tidak perlu lagi kerepotan membersihkan kulkas dan membuang makanan yang sudah berbau dan busuk.

    6. Jangan meninggalkan barang yang berharga seperti perhiasan dan uang meskipun sudah dipastikan aman. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian karena perampokan dan pencurian.

    7. Pastikan tidak meninggalkan jemuran dan pastikan tidak ada pakaian yang kotor.

    8. Bersihkan terlebih dahulu taman, ruangan-ruangan dan barang-barang yang ada di dalam rumah, supaya ketika pulang suasana di luar maupun di dalam rumah masih tetap kelihatan bersih.

    9. Beritahukan pihak RT setempat atau tetangga terdekat yang bisa dipercaya dan tinggalkan nomor telepon Anda bila sewaktu-waktu ada tamu hendak ke rumah Anda supaya Anda mudah untuk dihubungi oleh mereka.

    10. Beri tanda bahwa rumah masih terlihat berpenghuni dengan meletakkan sandal di teras rumah dekat keset.

    11. Kosongkan tempat-tempat sampah di dalam rumah, pastikan sudah terbuang semua ke bak sampah, supaya bau sampah tidak sampai menyebar di dalam rumah.

    12. Pada waktu hari keberangkatan lakukan pengecekan sekali lagi dan pastikan semuanya telah pada kondisi yang seharusnya.

  • Advertisement
  • Akhir kata, keamanan yang sudah dipersiapkan dengan baik akan membuat perjalanan tenang tanpa ada beban yang tertinggal di rumah. Begitu pula ketika pulang dan mendapati kondisi rumah masih dalam keadaan bersih, hal itu akan sangat menyenangkan sekali karena kita bisa langsung beristirahat.

Anda suka artikel ini? Bagikan..

Berbuat baik saja tidak cukup bila tidak didasari atas kasih dan kebenaran. Anonim

Menjaga Keamanan dan Kebersihan Rumah Sebelum Anda Bepergian

Keamanan rumah harus sangat diprioritaskan, terutama apabila kita akan meninggalkannya dalam jangka waktu yang cukup lama.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr