Membina Pernikahan yang Langgeng

Pernikahan terdiri dari tiga bagian: suami, istri, dan hubungan. Sewaktu satu pasangan menikah dan berjanji untuk mengabdikan hidupnya satu sama lain, mereka tetap saja dua orang terpisah yang terus tumbuh dan maju secara individu.

11,609 views   |   2 shares
  • Pernikahan terdiri dari tiga bagian: seorang suami, seorang istri, dan hubungan. Sewaktu satu pasangan menikah dan berjanji untuk mengabdikan hidupnya satu sama lain, mereka tetap saja dua orang terpisah yang terus tumbuh dan maju secara individu. Tidaklah menjadi masalah apakah mereka memiliki minat yang berbeda, seperti membaca buku yang berbeda atau menonton acara TV yang berbeda.

  • Dia [istri saya] senang membaca jurnal medis sementara saya sama sekali tidak memahami apapun dari jurnal itu. Saya suka menonton acara tentang mitos/kepercayaan atau film yang mengambil situasi kantor. Dia tidak suka nonton TV.

  • Terus berkembang sebagai individu sepanjang kehidupan Anda adalah baik namun ketika Anda menikah, Anda telah bertekad untuk membina hubungan yang mengikat Anda dengan orang lain. Seringnya orang yang telah menikah lama akan makin renggang hubungannya dan menemukan diri mereka berada pada tingkatan yang berbeda atau ide dan nilai yang berbeda dari saat awal pernikahan. Bagaimana saya memastikan bahwa segala hal dalam pernikahan berada di jalur yang benar?

  • Saya belajar bahwa tumbuh sebagai individu adalah lebih dari sekedar berfokus pada hal yang saya minati. Sejak saya menikah, saya telah mencoba makanan baru, mendengarkan musik baru, menghadiri berbagai macam pertemuan yang belum pernah saya hadiri dan berkunjung ke tempat-tempat yang tidak pernah terpikir sebelumnya untuk dikunjungi. Saya sepenuhnya telah meninggalkan medan nyaman saya dalam usaha menunjukkan minat pada apa yang istri saya sukai. Saya tidak selalu menikmati pengalaman baru saya, tapi saya telah tumbuh sebagai pribadi karena hal-hal itu dan telah menjadi lebih dekat dengan pasangan saya yang pada akhirnya memperkuat hubungan kami. Tindakan sederhana dan positif seperti menyukai hal-hal yang istri saya sukai telah membantu mempersatukan dan memperkuat pernikahan kami. Saya menemukan bahwa saya menyukai beberapa hal yang saya tidak pernah terpikir akan saya sukai.

  • Sementara melakukan apa yang istri saya sukai dapat mendekatkan kami, menghargai perbedaan dapat memelihara dan menjaga keharmonisan pernikahan kami. Memahami bahwa dia berbeda, dan bahwa dia tidak akan selalu melakukan hal-hal seperti yang saya lakukan telah menghindarkan kami dari banyak perdebatan. Dia datang dari budaya yang berbeda dan keluarga yang memiliki tradisi yang berbeda dari keluarga saya. Sementara saya tidak selalu memahami hal-hal itu, di luar dari penghargaan saya kepada istri saya, saya memiliki tanggung jawab untuk menghargai hal-hal itu. Kualitas unik istri saya adalah ciri khasnya dan jika saya mengabaikan atau mencoba mengubahnya, saya akan mengubah orang yang saya cintai.

  • Advertisement
  • Komunikasi yang efektif satu dengan yang lain akan memastikan bahwa kami saling memahami dan bahwa kami terus tumbuh bersama bukannya hanya salah satu dari kami. Setelah mengalami suatu pengalaman yang buruk, saya menanyakan kepada istri saya apakah dia baik-baik saja dan kami membagikan pikiran kami mengenai apa yang baru saja terjadi. Kami saling mengutarakan keprihatinan kami dan membahas cara kami dapat mengatasi masalah yang sedang kami hadapi. Kesalahpahaman, perdebatan, dan kesengsaraan dapat diatasi dengan komunikasi dan dapat menyediakan bagi Anda dan pasangan Anda kesempataan untuk mengambil jeda dan mengaji ulang tujuan.

  • Sementara tampaknya orang-orang melalui masa-masa pernikahan yang rutin, tidak berarti pernikahan Anda ditakdirkan untuk menjadi membosankan. Kerja keras, tekad dan memahami unsur dasar pernikahan membuat landasan yang kokoh untuk membangun hubungan dan akan menjadikan pernikahan Anda lebih berhasil.

  • Maka terbentanglah tahun-tahun penuh kebahagiaan.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Sandiakira L. Pagalla dari artikel asli "Making your marriage last" karya Marcus Bagley.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

I'm married to a wonderful woman who put her career as an M.D. on hold so she could look after our son. Her sacrifice has paid off as we have an amazing 21 month old in a three year olds body. My goal of writing is to help others remember that life is never perfect but we can always make it better.

Membina Pernikahan yang Langgeng

Pernikahan terdiri dari tiga bagian: suami, istri, dan hubungan. Sewaktu satu pasangan menikah dan berjanji untuk mengabdikan hidupnya satu sama lain, mereka tetap saja dua orang terpisah yang terus tumbuh dan maju secara individu.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr