10 Tahun Tsunami di Aceh dan Sekitarnya

Tepat sepuluh tahun lalu, sehari sesudah Natal, Aceh, Thailand dan Srilanka dan beberapa negara lain dihantam tsunami.

637 views   |   shares
  • (Bila ada tulisan menutupi video ini gerakkan cursor ke tulisan sehingga terlihat tanda X, klik tanda itu dan tulisan akan hilang)

  • Tepat sepuluh tahun lalu, sehari sesudah Natal, Aceh, Thailand, Srilanka dan beberapa negara lain dihantam tsunami. Bencana alam yang meminta korban ratusan ribu orang ini masih membekas dalam ingatan kita seolah-olah baru terjadi kemarin. Suasana santai di hari libur itu membuat orang-orang lengah, terutama turis-turis di Thailand yang sedang menikmati keindahan alam di pantai. Mereka sama sekali tidak menyangka akan ada ombak setinggi pohon kelapa yang menyapu segalanya. Sebuah keluarga dari Eropa merayakan Natal mereka di tempat liburan di Thailand. Si ayah menghadiahi anaknya sebuah mainan yang berupa bahtera Nuh. Betapa ironisnya. Sebuah keluarga lain mempunyai anak remaja putra yang sudah bermimpi buruk selama tujuh hari. Sambil menangis dia berkata akan ada bencana di pantai, namun dia tidak tahu apa itu tepatnya.

  • Tujuh tahun kemudian kejadian serupa menimpa Jepang. Sebuah kota di Fukushima di tepi waduk yang membendung air laut habis disapu air bah. Rumah-rumah seperti rumah-rumahan kertas lenyap begitu saja. Untungnya sudah ada peringatan dari pemerintah supaya penduduk mengungsi ke tempat yang lebih tinggi. Namun begitu masih saja ada yang bandel dan tidak segera menyingkir. Mereka berpikir tidak mungkin bencana menimpa mereka. Tambahan lagi tsunami itu tidak berupa ombak setinggi gedung yang menyeramkan. Air di waduk itu mula-mula hanya beriak mengombang-ambingkan perahu yang diparkir di pinggirnya. Tetapi makin lama air makin banyak sampai tidak terbendung lagi oleh dinding waduk.

  • Kalau sudah ada peringatan sebaiknya kita mengikutinya. Bila ternyata tak ada apa-apa kita lebih bersyukur lagi. Tetapi jika bencana terjadi kita sudah ada di tempat yang aman. Kita tidak boleh menyepelekan kekuatan dahsyat alam.

Anda suka artikel ini? Bagikan dengan teman-teman

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

10 Tahun Tsunami di Aceh dan Sekitarnya

Tepat sepuluh tahun lalu, sehari sesudah Natal, Aceh, Thailand dan Srilanka dan beberapa negara lain dihantam tsunami.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr