Alasan Seseorang Menjadi Pecandu

Tidak ada seorang pun memiliki cita-cita atau goal menjadi pecandu apalagi kesakitan karena withdrawal akibat ketagihan.

2,674 views   |   1 shares
  • Tidak ada seorang pun memiliki cita-cita atau goal menjadi pecandu apalagi kesakitan karena withdrawal akibat ketagihan. Sama seperti seseorang tidak ada yang bercita-cita mau menderita penyakit kanker dan kesakitan karenanya. Jadi, sebenarnya hasrat yang dimiliki oleh pecandu pada awalnya adalah justru kebalikannya, yaitu ingin memperoleh kelegaan sesaat.

  • Hasrat memperoleh kelegaan sesaat, terbebas dari tekanan kesulitan hidup adalah milik setiap orang. Alkohol dan narkoba serta obat-obatan anti depresan yang diresepkan dokter adalah jalan alternatif yang sederhana dan mudah. Oleh karena itu, menggunakan minuman beralkohol, narkoba dan penyalahgunaan obat-obatan yang diresepkan dokter ini bukan hanya milik orang-orang kaya atau di negara makmur. Alasan mereka menggunakan bahan tersebut mungkin dapat dikelompokkan di bawah ini.

  • Desakan ekonomi

  • Di negara-negara miskin dan menengah, seperti buruh bangunan di Thailand (mungkin juga di Indonesia), sering menggunakan ekstasi atau crystal meth agar dapat bekerja terus selama 24 jam untuk mengejar kebutuhan ekonomi. Misalnya, tukang cat bangunan yang digaji hanya Rp5.000,- per hari (8 jam kerja), tentu memperoleh hasil yang lebih banyak bila bekerja lebih dari 8 jam sehari. Atau pekerja borongan, makin cepat menyelesaikan pekerjaannya, akan memperoleh upah yang sama dalam waktu yang jauh lebih sedikit, sehingga dapat melanjutkan dengan pekerjaan lainnya. Sopir taksi yang kerja 12 jam memperoleh upah Rp10.000,- misalnya akan memperoleh upah 2 kali lipat bila kerja 24 jam dan seterusnya.

  • Iseng

  • Di samping desakan ekonomi, ada beberapa pengguna narkoba yang iseng. Mereka sekadar ingin tahu atau coba-coba, tetapi kemudian menjadi kecanduan.

  • Kemudahan untuk memperolehnya

  • Mudah memperolehnya, misalnya tinggal menelepon kemudian barang diantar ke rumah. Layanan seperti ini sudah banyak dipraktikkan di Amerika, karena pengecer narkoba khawatir masuk ke dalam jebakan, sehingga dengan mengantar barang dagangan mereka, maka dapat menyelidiki sekitar kampung lebih dahulu, kalau mencurigakan, maka barang tidak jadi diantarkan.

  • Tidak memiliki waktu santai

  • Tuntutan kerja yang berlebihan seperti pulang kerja sampai di rumah sudah pukul 10.00 malam, padahal berangkat kerja pukul 6.00 pagi, menyebabkan seseorang kehilangan waktu untuk dirinya, sehingga dia menggunakan ekstasi untuk mendongkrak energinya agar dapat bersenang-senang dengan teman-teman tanpa harus merugikan waktu kerjanya.

  • Advertisement
  • Ingin melupakan

  • Masalah yang timbul karena tuntutan ekonomi, pekerjaan, keluarga, gugatan pengadilan dan yang lain membuat seseorang tidak mungkin begitu saja melupakannya. Manusia bukan seperti tombol lampu. Masalah yang dialaminya dalam hidup seseorang tidak dapat dimatikan ketika dia sedang sendirian dan kesepian. Otaknya mempermainkannya sehingga dia merasa depresi dan ingin melupakannya, sehingga seseorang menderita insomnia, maka digunakannya berbagai cara untuk mematikan perasaannya dan pikirannya. Salah satu jalan pintas adalah menggunakan narkoba dan minuman beralkohol.

  • Mencari solusi mudah

  • Semua orang ingin mendapatkan solusi yang cepat dan singkat. Kadang-kadang masalahnya menyakitkan. Bayangkan saja kalau Anda menderita sakit kepala sedangkan di hadapan Anda setumpuk pekerjaan yang harus selesai hari itu, apa yang akan Anda lakukan? Pulang dan tidur? Tidak mungkin. Kalau pun Anda punya 'keberanian' untuk pulang dan tidur Anda juga tidak akan mampu untuk tidur. Oleh karena itu, Anda pergi ke almari obat, mengambil beberapa butir aspirin atau yang lain dan meminumnya dan berharap dalam waktu semenit obat tersebut bekerja dan sakit kepala Anda pun hilang dan Anda dapat fokus menyelesaikan pekerjaan Anda. Setiap orang butuh ganjaran yang segera dan mudah. Itulah peran narkoba. Seolah-olah narkoba dan alkohol adalah pil ajaib yang akan menghilangkan masalah Anda dalam sekejap.

  • Peredaran narkoba

  • Penyebaran narkoba ini sekarang bukan hanya terbatas kepada penjahat dan gelandangan yang tidak punya pekerjaan, tetapi sudah menyangkut segala lapisan masyarakat, termasuk kadang-kadang penegak hukum, hakim, polisi, demikian pula dokter, guru sekolah, kepala sekolah, menteri negara, dan yang lainnya. Semua ini terjadi karena keuntungan yang sangat menggiurkan. Mereka bukan kerja santai. Menurut pengakuan salah satu pengecer narkoba, mereka harus kerja 24/7, karena pecandu tidak kenal waktu dalam memenuhi kebutuhan mereka. Di samping itu, mereka juga harus selalu waspada terhadap pengintaian polisi.

  • Akhirnya, dua saran berikut mungkin dapat menolong:

  • Untuk mereka yang iseng

  • Sebelum menggunakan bahan-bahan berbahaya tersebut, pelajari dulu pengaruhnya dan efek sampingnya. Seperti setiap kali Anda ingin meminum obat, bukankah Anda baca keterangan tentang kegunaannya dan efek sampingnya dan keterangan lain, terutama peringatannya?

  • Untuk mereka yang berada di bawah tekanan masalah hidup

  • Belajarlah cara mengatasi masalah hidup tersebut dan mengambil keputusan yang baik. Masalah hidup manusia tidak dapat dihapus dari muka bumi. Masalah adalah kodrat manusia. Itu harus disadari kita semua. Kita tidak mungkin menghilangkan masalah dengan menggunakan alkohol atau narkotik atau bahan barbiturasi (barbiturate substance), atau pil anti depresan atau stimulan, atau halusinogen. Yang perlu diperbaiki adalah sikap kita terhadap masalah tersebut sehingga kita ikut menyumbang kepada pengurangan akan permintaan pasar terhadap narkotik dan alkohol.

  • Advertisement
Anda suka artikel ini? Bagikan..

Sebagai penulis, Effian sangat terinspirasi dengan karya-karya John Grisham, Michael Creighton, David Baldacci, James Patterson dan Dan Brown. Kegiatan favoritnya selain menulis adalah memasak dan melukis.

Alasan Seseorang Menjadi Pecandu

Tidak ada seorang pun memiliki cita-cita atau goal menjadi pecandu apalagi kesakitan karena withdrawal akibat ketagihan.
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr