Merawat Mahkota Anda

Apa saja yang dapat Anda kerjakan untuk mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut Anda?

5,900 views   |   shares
  • Pria maupun wanita memiliki mahkota kebanggaan mereka, rambut mereka. Pada masa ini siapa pun dapat membentuk rambut mereka dengan gaya apapun. Mau rambut tipis yang diberi garis-garis, bintang, atau lingkaran? Tinggal ke tukang pangkas di pinggir pasar, mereka jago "mengukir" kepala. Rambut Anda keriting dan ingin diluruskan? Gampang, ada obatnya. Mau rambut panjang? Tak usah menunggu bertahun-tahun, praktis ke toko saja, beli ekstension tinggal ditempel atau dijahit. Namun, bagaimanapun lebih enak (dan lebih murah) punya rambut sendiri, terutama kaum wanita, rambut yang tebal indah merupakan kebanggaan tersendiri. Hal ini tentu saja memerlukan perawatan yang teratur. Apa saja yang dapat Anda kerjakan untuk mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut Anda?

  • Sampo

  • Ada seorang anak usia kelas 1 SD yang mengerjakan tes pilihan ganda, mencuci rambut dengan.... Dia memilih sabun dan bukan sampo. Ketika ditanya alasannya, dia berkata di rumah neneknya rambutnya dicuci dengan sabun. Masuk akal juga, sampai sekarang rambutnya masih tebal sekali sehingga kalau ke salon dia selalu minta ditipiskan karena berat membebani kepala. Sebetulnya sampo hanya mengandung lebih banyak busa daripada sabun. Sekarang ini banyak dijual sabun mandi cair yang sekaligus dapat berfungsi sebagai sampo. Banyak sampo mengandung bahan kimia yang tidak cocok untuk kulit kepala maupun akar rambut Anda. Sebaiknya jangan suka berganti-ganti sampo seperti berganti-ganti baju. Bila Anda sudah menemukan sampo yang cocok, anggaplah seperti teman hidup Anda, setialah dengan yang satu itu. Jangan termakan iklan, mentang-mentang modelnya gadis cantik dengan rambut panjang melambai-lambai atau kemasannya bagus berwarna emas, belum tentu cocok bagi rambut Anda.

  • Krim perawatan

  • Di toko banyak dijual krim perawatan untuk rambut. Sebulan sekali Anda dapat memakai krim ini, membungkus rambut Anda dengan handuk yang sebelumnya dicelup dalam air hangat dan kemudian diperas, lalu biarkan selama satu jam. Di negeri kita yang kaya dengan pohon kelapa, Anda dapat membuat sendiri krim semacam ini. Ambil santan kental dari dua atau tiga kelapa tua, masak sampai keluar minyak dan ambillah minyak ini. Supaya kepala Anda tidak bau tengik, berilah bunga-bunga seperti cempaka, kenanga dan bunga lain yang harum, bisa juga vanili atau pandan. Oleskan di kepala Anda, bungkus dengan handuk hangat dan diamkan sejam sebelum keramas.

  • Cat rambut

  • Pilihlah cat rambut yang agak mahal tetapi tidak mengeringkan rambut. Sebetulnya rambut yang indah mengkilat adalah rambut yang asli alami, tetapi sebagai manusia kita selalu menginginkan sesuatu yang tidak kita miliki. Orang yang berambut lurus ingin keriting, yang berambut keriting ingin lurus. Begitu pula yang berambut hitam ingin pirang, yang pirang ingin berambut hitam. Pastikan Anda memakai banyak pelembab sesudah mengecat rambut.

  • Advertisement
  • Rambut bercabang

  • Untuk memberantasnya mudah saja, rapikan rambut Anda dengan menggunting ujungnya sebulan sekali. Untuk mencegahnya, hindari terlalu lama berada di bawah sinar matahari, pakailah topi atau payung untuk melindunginya. Sebelum berenang bilaslah rambut Anda supaya tidak menyerap kloroks yang ada di air, kalau perlu pakailah pelembab. Sehabis berenang segera cuci rambut Anda dan pakai pelembab. Jangan sering-sering menyasak rambut dan mengeringkannya dengan pengering rambut.

  • Ketombe

  • Ini musuh rambut nomor satu, selain kutu rambut yang lebih mudah dibasmi. Bila kutu rambut bisa diberantas dengan hanya menyelupkan rambut Anda ke minyak tanah atau memakai mayonnaise atau obat kutu, maka ketombe lebih bandel. Sampo anti ketombe sering kali malah membuat rambut kering karena mengandung sulfur, hasilnya semakin banyak ketombe. Bayangkan kalau Anda melihat gadis cantik berambut bak mayang terurai namun banyak titik-titik putih di bajunya yang kebetulan berwarna gelap, kurang afdol, kan? Kondisioner atau pelembab yang tepat dapat membantu Anda menghilangkan ketombe.

  • Jangan mempercayai obat penumbuh rambut, rambut yang rontok mungkin dapat dicegah dengan perawatan seperti di atas, tetapi rambut yang sudah terlanjur botak tidak dapat ditumbuhkan kembali kecuali dengan mencangkoknya melalui operasi. Jika ada obat rambut yang manjur, para selebriti dan orang kaya tidak ada yang botak.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Irma Shalimar graduated from BYU-Idaho in 2004 majoring in English Literature and minoring in Family Science and Spanish. She met her husband because of Superman and has 2 grown-up kids. You could know her better through

Situs: https://joojoo.com

Merawat Mahkota Anda

Apa saja yang dapat Anda kerjakan untuk mempertahankan keindahan dan kesehatan rambut Anda?
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr