Bagaimana Memberitahu Anak Anda Anak Pungut

Walaupun setiap adopsi ada ceritanya sendiri, kebutuhan dasar semua anak itu sama. Hakekatnya mereka perlu tahu bahwa Anda mengasihi mereka sepenuh hati.

3,472 views   |   14 shares
  • Kami mempunyai lima anak pungut, jadi kami punya pengalaman dalam hal ini. Kami juga belajar bahwa walaupun setiap adopsi ada ceritanya sendiri, kebutuhan dasar semua anak itu sama. Pada dasarnya mereka perlu tahu bahwa Anda mengasihi mereka sepenuh hati. Kedengarannya sederhana karena betapa dalam dan nyata kasih Anda kepada mereka. Namun semua ini dapat menjadi agak rumit ketika mereka makin besar dan mungkin agak bingung tanpa Anda sadari. Jika Anda membangun landasan dengan melakukan hal-hal berikut ini disertai hati yang penuh kasih, Anda memiliki kesempatan yang lebih besar untuk membantu mereka melewati saat-saat yang sulit.

  • Beritahu anak Anda bahwa dia anak pungut sejak awal. Bila anak itu masih bayi, selagi Anda menimang dan membelainya, secara berkala Anda dapat berkata dengan penuh kasih sayang, "Mama sangat mencintaimu. Mama dan Papa merasa beruntung sekali dapat memungutmu sebagai anak." Tentu saja mereka belum banyak mengerti namun mereka merasakan kasih Anda dan terbiasa dengan kata "anak pungut." Bila mereka besar dan mendengarnya kata ini terasa wajar. Menjadi anak angkat tidaklah mengagetkan seperti kalau Anda memberitahunya dengan mendadak ketika mereka sudah besar.

  • Jelaskan apa arti adopsi. Bila anak itu sudah besar dan mulai bisa mengerti, terangkan bahwa diadopsi artinya "Ada ibu lain yang membesarkan kamu di kandungannya, sebagaimana bayi-bayi lain dikandung, namun dia tidak dapat mengurusmu dan karena cintanya kepadamu dia mencari orang yang mampu mengurus dan menyintaimu selamanya. Dialah ibu kandungmu dan mama adalah ibu angkatmu."

  • Terangkan apa arti ibu angkat. Ibu angkat ialah ibu yang menganggapnya seperti anak sendiri yang selalu menyayanginya apa pun yang terjadi dan mengurusnya sejak kecil. Dia menginginkanmu dengan sepenuh jiwanya; seseorang yang dituntun Allah untuk menemukanmu, seperti Mama dan Papa menemukanmu.

  • Jawablah pertanyaannya namun jangan memberi info terlalu banyak sekaligus. Ada orang tua yang karena ingin memberitahu anak, memberitahu hal-hal yang belum siap diterima si anak. Sederhanakan saja. Mereka dapat belajar sedikit demi sedikit selagi si anak makin besar dan merasa nyaman untuk mengajukan pertanyaan yang sesuai dengan usianya.

  • Bersikaplah sabar. Hanya karena Anda tahu bahwa pengangkatan anak ini sudah semestinya terjadi, tidak berarti anak Anda berpendapat sama. Kadang-kadang diperlukan waktu bagi anak itu untuk memahami bahwa inilah hasil terbaik bagi dia—bagian dari rencana Ilahi.

  • Advertisement
  • Hormati hak mereka untuk mengetahui siapa orang tua kandung mereka. Walau pun dalam perjanjian disebutkan orang tua kandung tidak berhak bertemu dengan anak angkat, akan datang saatnya ketika anak Anda ingin mengetahui siapa orang tua kandung mereka. Sesudah anak perempuan kami dewasa dia memutuskan untuk mencaritahu tentang orang tua kandungnya. Kami berikan semua dokumen yang dapat membantunya. Beberapa minggu kemudian dia mengembalikan dokumen-dokumen itu dan berkata "Saya tak mau melakukan ini. Kalian orang tua saya dan cuma itu yang perlu saya ketahui." Tetapi anak-anak lain mungkin berbeda pendapat. Mereka berhak mencaritahu, kalau mereka mau.

  • Adopsi sangatlah bermanfaat. Sesudah anak-anak kami dewasa kami merasakan kasih dari penghargaan mereka terhadap kami. Kami merasa dekat dengan mereka dan menantu-menantu kami. Cara terbaik anak-anak pungut dapat menyatakan kasih mereka kepada orang tua mereka ialah dengan memberi cucu-cucu. Anak-anak kami memberi 20 cucu luar biasa yang kami sayangi. Sungguh upah yang setara!

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Irma Shalimar dari artikel asli "How to tell your children they are adopted" karya Gary dan Joy Lundberg.

Bagikan hasil Anda kepada teman..

Gary adalah terapis keluarga dan pernikahan berlisensi sementara Joy adalah penulis dan penyair. Mereka sering mengadakan seminar dan menulis buku tentang hubungan, salah satunya "I Don't Have to Make Everything All Better".

Situs: http://garyjoylundberg.com

Bagaimana Memberitahu Anak Anda Anak Pungut

Walaupun setiap adopsi ada ceritanya sendiri, kebutuhan dasar semua anak itu sama. Hakekatnya mereka perlu tahu bahwa Anda mengasihi mereka sepenuh hati.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr