Keberhasilan Seorang Anak adalah Cermin Keberhasilan Orang Tuanya

Berikanlah didikan yang terbaik dan penuh kasih bagi anak Anda sejak dini, kesuksesan mereka kelak adalah cermin dari keberhasilan Anda sebagai orang tua yang hebat.

6,244 views   |   21 shares
  • Salah satu kewajiban orang tua untuk membentuk pertumbuhan karakter anak adalah mendidik anak mereka sedini mungkin. Standar atau ukuran mendidik anak setiap orang tua pastinya berbeda-beda. Mungkin beberapa orang tua mendidik anaknya dengan cara lemah lembut dalam arti lain terlalu memanjakan atau mengikuti semua keinginan anak sehingga anak menjadi semena-mena atau bertindak semaunya, manja, sombong, tidak dapat bersosialisasi, dan tidak dapat mandiri. Ada juga orang tua mendidik anaknya secara otoriter dalam arti memperlakukan anak secara keras dan terlalu dikekang, sehingga dampak yang terjadi pada anak adalah timbul perasaan takut, pendendam, sulit diatur, dan pemarah. Ada pula orang tua yang sangat masa bodo dan terlalu santai dalam mendidik anak mereka, mungkin dikarenakan keadaan mereka yang sibuk dan tidak punya banyak waktu dalam mendidik anak mereka. Dan masih banyak lagi berbagai macam cara orang tua dalam hal mendidik anak mereka. Perilaku baik atau buruknya seorang anak tidak muncul dengan sendirinya, peran orang tualah yang paling banyak mempengaruhi karakter anak-anaknya. Artinya jika seorang anak melakukan hal-hal buruk atau hal-hal yang baik, itu terjadi karena mereka belajar dan melihat contoh dari orang-orang terdekat di sekitarnya termasuk Anda sebagai orang tuanya.

  • Dalam hal ini, apakah saat ini Anda sebagai orang tua kesulitan dalam mendidik anak Anda? Atau Anda kesulitan dalam mengatasi tingkah laku buruk anak Anda? Inilah tugas terbesar kita sebagai orang tua, karena anak adalah titipan yang sudah dipercayakan Tuhan kepada kita untuk kita jaga, rawat, beri kenyamanan lahir batin, besarkan dan didik sampai menjadi anak-anak yang lebih baik dan kelak tumbuh menjadi pribadi yang takut akan Tuhan, mengasihi serta menghormati Anda, keluarga dan sesamanya.

  • Kebanyakan orang tua sekarang ini salah dalam pola atau cara mendidik anak mereka. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat dilakukan oleh para orang tua dalam hal mendidik anak dengan baik dan penuh kasih.

  • 1. Jadilah pendengar setia dan sahabat bagi anak Anda

  • Sebagai orang tua sebaiknya Anda perlu untuk belajar menjadi pendengar yang baik buat anak-anak Anda, mendengar setiap keluhan, cerita, saran, bahkan kritikan dari anak-anak Anda, jangan menjadi pribadi yang merasa paling benar dan tidak mau kalah dengan anak Anda. Ada kalanya orang tua perlu meminta saran dari anak dalam memecahkan solusi jika itu diperlukan, sehingga anak merasa bahwa dirinya bisa diposisikan sebagai teman dan sahabat dari Anda walaupun Anda adalah orang tua mereka, sehingga mereka tidak sungkan-sungkan bertukar pikiran dengan Anda. Menjadi pendengar yang setia akan membuat anak Anda merasa bahwa Anda menghargai mereka.

  • Advertisement
  • 2. Tidak membanding-bandingkan

  • Ketika anak Anda tidak dapat menunjukkan prestasi atau tindakan yang sesuai dengan harapan Anda jangan pernah membandingkan anak Anda dengan orang lain yang Anda rasa lebih baik. Membanding-bandingkan apalagi sampai mengejek atau merendahkan anak Anda hanya akan membuat anak Anda merasa kecewa, tidak percaya diri, sedih, bahkan timbul rasa marah yang menggebu-gebu di dalam hati. Alangkah baiknya jika Anda sebagai orang tua memberi arahan dan selalu memberi semangat dan solusi agar ke depannya anak Anda bisa menunjukkan prestasi sesuai kemampuannya sendiri sehingga Anda bisa bangga melihat usaha mereka.

  • 3. Jangan mengeluarkan kata-kata ancaman atau kata-kata yang mengitimidasi

  • Kata-kata mengancam sering kali timbul ketika Anda sebagai orang tua dalam keadaan emosi yang tidak terkontrol diakibatkan si anak melanggar aturan atau larangan dari orang tua. Ancaman yang keluar dari mulut Anda, sering kali membuat anak Anda mengira bahwa Anda tidak sayang atau bahkan membenci mereka, walaupun sebenarnya tidak demikian. Oleh karena itu, daripada mengancam anak Anda dengan kata-kata yang menyakitkan lebih baik menjelaskan dan mengingatkan kembali kepada anak mengapa hal-hal tersebut dilarang.

  • 4. Beri penghargaan atau apresiasi

  • Setiap anak akan merasa bahagia dan bangga pada dirinya, jika Anda bisa menunjukkan rasa sayang Anda terhadap anak Anda dengan cara memberikan mereka penghargaan atau apresiasi, apabila mereka mendapatkan prestasi dalam bidang apapun. Misalnya ketika anak Anda dalam suatu lomba katakanlah anak Anda Anda mengikuti lomba mewarnai, dan ternyata anak Anda menjuarai perlombaan tersebut, Anda bisa memberikan sebuah hadiah atau kado atas usaha anak Anda dalam memenangkan lomba tersebut. Itu akan membuat anak Anda semakin percaya diri dan yakin akan berbuat lebih baik lagi, karena Anda sudah menghargai usaha mereka. Penghargaan atau apresiasi dapat juga berupa pujian atau sanjungan yang dapat meningkatkan rasa sayang terhadap Anda.

  • Berikanlah didikan yang terbaik dan penuh kasih bagi anak Anda sejak dini, kesuksesan mereka kelak adalah cermin dari keberhasilan Anda sebagai orang tua yang hebat.

Klik pilihan berbagi di bawah ini

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

Keberhasilan Seorang Anak adalah Cermin Keberhasilan Orang Tuanya

Berikanlah didikan yang terbaik dan penuh kasih bagi anak Anda sejak dini, kesuksesan mereka kelak adalah cermin dari keberhasilan Anda sebagai orang tua yang hebat.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr