Bagaimana Mengajar Anak-Anak tentang Para Leluhur Mereka

Permainan ini akan menjadi sebuah tradisi yang baik dari generasi ke generasi terutama jika permainan ini melibatkan informasi tentang latar belakang budaya, musik, makanan dan sifat-sifat dari para leluhur mereka.

626 views   |   shares
  • Warisan leluhur keluarga yang melibatkan pembelajaran mengenai susunan etnis dari sejarah nenek moyang adalah sangat penting bagi anak-anak agar mereka peduli terhadap tanah air mereka atau dari mana mereka berasal.

  • Jika Anda ingin anak-anak menghargai para leluhur mereka, Anda bisa menciptakan serta mengadakan sebuah permainan tentang asal-usul keluarga bersama anak-anak Anda. Permainan ini akan menjadi sebuah tradisi yang baik dari generasi ke generasi terutama jika permainan ini melibatkan informasi tentang latar belakang budaya, musik, makanan dan sifat-sifat dari para leluhur mereka.

  • Bagaimana cara memulai permainan tersebut

  • Dengan mengikuti contoh dari teman saya, saya membuat beberapa kartu tentang para leluhur saya yang mana anak-anak biasanya pernah mainkan, tentunya dengan peraturan permainan yang sama persis seperti “Memori”, “Go Fish”, “Old Maid”, dan “Bingo”. Anda juga dapat melakukan hal yang sama dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Kumpulkanlah foto dari kakek dan nenek kita, foto-foto buyut, atau bahkan jika ada ayah dan ibu dari buyut kita. Memindai / scan masing-masing dari foto dan ubah ukurannya menjadi cukup untuk 9 foto perhalaman (ukuran tiap foto sebaiknya 3 inch x 4 inch), selanjutnya tulis nama leluhur dan nama para cucu di bawah masing-masing foto tersebut. Serta tambahkan pula asal dari para leluhur tersebut, Sebagai contoh, di bawah foto ada nama dari kakek kami James, kami menulis “James G. Widdison, Scotland, Buyut dari Jelean.” Buat dua salinan dari masing-masing leluhur untuk digunakan dalam permainan. Cetak disebuah kertas foto. Setiap halaman dilaminating kemudian potong masing-masing foto tersebut. Gunakan kartu-kartu tersebut didalam permainan dan ajarlah anak-anak Anda untuk mengingat siapa saja para leluhur mereka.

  • Anak-anak dan cucu-cucu kita akan menyukai permainan ini. Cucu kami Eva dapat mengingat banyak dari para leluhurnya pada usianya yang baru menginjak 4 tahun. Dia telah diajarkan untuk bisa mengingatnya. Permainan ini bila dimainkan dalam keluarga dapat menjadi cara terbaik untuk mencocokkan nama dari para leluhur dengan melihat wajah mereka.

  • Berikut adalah beberapa cara lain untuk mengajar anak-anak tentang para leluhur mereka:

  • Pasang sebuah peta di dinding dan suruhlah anak-anak untuk menempelkan bendera-bendera kecil pada negara asal para leluhur mereka dan bahaslah dengan mereka tradisi mereka, bahasa yang mereka pakai dan nilai-nilai penting lainnya. Carilah seluruh data yang dapat Anda temukan, kemudian bicarakan dengan para anggota keluarga yang lebih tua tentang informasi yang Anda dapatkan. Mungkin mereka tahu beberapa tradisi, kesukaan, pekerjaan dan ciri-ciri leluhur mereka. Kemungkinan ada juga anak Anda yang memiliki ciri-ciri yang sama dengan leluhur mereka. Anda juga dapat mencari tahu apa makanan kesukaan mereka. Kami menemukan salah satu leluhur kami tinggal di Star Valley Wyoming. Puding dari daerah Star Valley adalah yang terlezat dan paling disukai. Resep masakan kesukaan juga telah diturunkan dari generasi ke generasi dan sekarang hal itu sangat berarti bagi keluarga kami.

  • Advertisement
  • Mengunjungi negara asal para leluhur. Judy menemukan catatan tentang keluarganya di Inggris. Dia mengunjungi pemakaman, rumah-rumah, gereja-gereja dan lain sebagainya. Dia juga memiliki foto yang dia ambil dari berbagai situs milik leluhurnya. Dia membagikan hal-hal yang dia temukan, foto-foto dan pengalamannya dengan anak-anaknya.

  • Setelah melakukan riset, sarankan anak-anak untuk menulis sebuah puisi atau cerita tentang salah satu dari leluhur mereka. Mintalah mereka untuk menuturkan laporan mereka kepada para anggota keluarga.

  • Pergilah berkendara dengan kakek atau buyut, kemungkinan mereka bisa menunjukkan bekas rumah lama keluarga, perusahaan tempat bekerja, pemakaman dari para leluhur yang telah meninggal.

  • Diterjemahkan dan diadaptasi oleh Agung Candra Setiawan dari artikel asli "How to teach your kids about their heritage" karya Jelean Reynolds.

Baca, hidupkan, bagikan!

Jelean Reynolds is an accomplished author. She is a mother to 5 children and a grandmother to 18 beautiful grandchildren.

Bagaimana Mengajar Anak-Anak tentang Para Leluhur Mereka

Permainan ini akan menjadi sebuah tradisi yang baik dari generasi ke generasi terutama jika permainan ini melibatkan informasi tentang latar belakang budaya, musik, makanan dan sifat-sifat dari para leluhur mereka.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr