5 Cara agar Selalu Merasa Dekat dengan Anggota Keluarga yang Jauh

Banyak orang tua dan anak yang harus berpisah dengan anggota keluarga lainnya disebabkan banyak hal, baik karena pekerjaan, sekolah maupun pernikahan.

4,526 views   |   6 shares
  • Banyak orang tua dan anak yang harus berpisah dengan anggota keluarga lainnya disebabkan banyak hal, baik karena pekerjaan, sekolah maupun pernikahan. Misalnya, sang ayah dipindahtugaskan ke kota yang berbeda, atau seorang anak harus berpisah dengan orang tuanya untuk menuntut ilmu ke negara lain, atau karena seorang anak yang telah dewasa lalu akhirnya menikah dan harus hidup dengan pasangannya di kota atau negara yang berbeda dengan keluarganya. Sebagai sebuah keluarga, walaupun jarak memisahkan Anda dan keluarga, hal ini tidak akan dapat mengubah keadaan bahwa Anda adalah sebuah keluarga. Kedekatan bagi setiap anggota keluarga sangatlah perlu, meskipun Anda dan anggota keluarga Anda yang lain tidak lagi satu rumah, namun Anda tetap perlu untuk saling peduli satu dengan yang lain. Ketika anak Anda telah menikah, bukan berarti Anda telah terbebas dari tanggung jawab dan tidak lagi mempedulikan anak Anda, atau ketika Anak menuntut ilmu ke negara lain komunikasi harus semakin meningkat agar Anda selalu tahu perkembangan anak Anda. Terkadang, ketika kita telah sibuk dengan dunia baru kita, kita menjadi tidak begitu menyadari kehadiran keluarga kita, meskipun jarak kita jauh dari mereka. Jangan biarkan jarak menjauhkan Anda dari keluarga Anda, berbagai cara dapat Anda lakukan untuk tetap merasa dekat dengan anggota keluarga yang jauh. Berikut adalah tipsnya.

  • Selalu Melakukan Kontak

  • Sebagai sebuah keluarga, Anda perlu untuk selalu melakukan kontak dengan anggota keluarga Anda setiap hari. Ketika Anda sibuk dan jauh dari keluarga, biasanya Anda akan jarang menghubungi keluarga Anda. Jangan menghubungi keluarga ketika Anda sedang ada masalah terlebih dahulu atau ketika membutuhkan solusi dari masalah yang Anda hadapi, tetapi hubungilah keluarga Anda setiap saat, meskipun hanya menanyakan kabar saja.

  • Video Call

  • Saat ini sudah sangat banyak aplikasi yang dapat memudahkan kita berbicara dengan bertatapan langsung menggunakan internet, seperti Skype, Facetime, Yahoo Messenger dan sejenisnya. Video call merupakan salah satu cara yang menarik yang dapat membuat Anda merasa dekat dengan anggota keluarga yang jauh. Anda tidak hanya dapat bertukar cerita melalui video call tetapi ini juga dapat sedikit mengobati rasa rindu Anda bagi anggota keluarga yang jauh.

  • Rencanakan Liburan Bersama

  • Mungkin terdengar biasa tetapi merencanakan liburan bersama dapat membantu meningkatkan kedekatan Anda dengan keluarga. Walaupun Anda dan keluarga tidak berada dalam satu kota atau negara, Anda tetap dapat merencanakan liburan bersama. Buatlah rencana tahunan bersama keluarga Anda, untuk berlibur atau hanya sekadar berkumpul dalam suatu acara spesial tertentu seperti Natal, Lebaran atau hari libur lainnya. Gunakan waktu itu untuk benar-benar menghabiskan waktu untuk keluarga, saling bertukar cerita dan pengalaman apa saja yang Anda alami selama kalian tidak bersama. Ceritakan pengalaman-pengalaman yang indah yang Anda alami yang dapat memberi pengaruh positif buat keluarga Anda. Dengan cara ini Anda akan selalu merasa saling membutuhkan dan tetap dekat.

  • Advertisement
  • Buat Visual Reminder

  • Buatlah visual reminder untuk keluarga Anda dalam momen-momen tertentu, baik ulang tahun, Hari Ibu, Hari Ayah, atau hari bersejarah lainnya bagi setiap anggota keluarga Anda. Misalnya saat Hari Ibu, buatlah sebuah kreasi video ucapan terima kasih untuk ibu Anda dengan memasukkan foto-foto Anda dan ibu Anda dari kecil hingga Anda besar. Atau ketika anak Anda berulang tahun, buatlah video nyanyian selamat ulang tahun untuk dia. Dengan membuat karya sederhana seperti ini, Anda dapat bersenang-senang sekaligus tetap menjaga kualitas hubungan Anda dengan keluarga Anda. Tidak perlu berpikir bagus atau tidaknya, yang terpenting adalah Anda dapat memberikan kesan yang istimewa untuk mereka.

  • Bernostalgia

  • Kenangan dapat selalu menjadi awalan dalam membuka obrolan bersama anggota keluarga Anda. Bahaslah sesekali kenangan saat Anda berkomunikasi dengan keluarga Anda baik ketika menelepon atau video call. Misalnya dengan bercerita bagaimana Anda dan saudara Anda semasa kecil bermain permainan favorit kalian, atau kejadian menarik bersama anak Anda waktu dia kecil. Kenangan-kenangan ini dapat selalu menjadi landasan kasih dan kepedulian kita kepada orang-orang yang kita kasihi.

  • Walaupun segalanya telah berubah dalam kehidupan kita di masa kini dan masa yang akan datang, keluarga tetaplah penting. Cintailah selalu keluarga Anda dan jagalah selalu hubungan erat keluarga Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Saya lulus dari Institut Kesenian Jakarta, dengan Jurusan Musikologi. Kebahagiaan saya adalah membangun rumah tangga harmonis bersama suami dan bersamanya membesarkan putra semata wayang kami. Menjadi guru musik dan dapat berbagi pengalaman hidup dengan menulis adalah kegemaran saya.

5 Cara agar Selalu Merasa Dekat dengan Anggota Keluarga yang Jauh

Banyak orang tua dan anak yang harus berpisah dengan anggota keluarga lainnya disebabkan banyak hal, baik karena pekerjaan, sekolah maupun pernikahan.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr