Tips Mengatasi Gangguan Asam Pencernaan (Heartburn)

Kebanyakan orang pernah mengalami rasa sesak dan sensasi terbakar seperti terkena serangan jantung di sekitar dada dan kerongkongan yang sering dikenal dengan sebutan heartburn atau acid reflux (asam lambung berlebih).

35,559 views   |   108 shares
  • Kebanyakan orang pernah mengalami rasa sesak dan sensasi terbakar seperti terkena serangan jantung di sekitar dada dan kerongkongan yang sering dikenal dengan sebutan heartburn atau acid reflux (asam lambung berlebih). Heartburn adalah gejala utama dari penyakit GERD (Gastroesophageal Reflux Disease) atau penyakit gastroesophageal refluks.

  • Heartburn umumnya disebabkan oleh naiknya asam dari lambung menuju kerongkongan. Hal ini terjadi ketika otot sfingter (otot yang menghubungkan kerongkongan dan perut) berelaksasi atau terbuka ketika seharusnya berkontraksi atau tertutup dalam waktu yang lama. Hal inilah yang menyebabkan asam lambung mengalir naik ke atas menuju kerongkongan. Akibat yang dirasakan adalah sensasi sesak dan terbakar pada bagian dada dan kerongkongan, sulit menelan makanan dan minuman, dada terasa sesak, mual, serta nafsu makan berkurang.

  • Wanita lebih berisiko terkena heartburn dibanding pria karena heartburn sering kali terjadi pada wanita hamil karena wanita cenderung mengalami peningkatan berat badan drastis ketika hamil. Obesitas juga dapat memicu terjadinya heartburn karena berat badan yang berlebih dapat meningkatkan tekanan pada otot sfingter sehingga memicu naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Jika tidak diobati segera, heartburn dapat menyebabkan luka dan infeksi pada kerongkongan atau memicu kondisi sejenis kanker yang disebut dengan Barret Esophagus. Oleh karena itu, pengobatan dan pencegahan heartburn perlu dilakukan sesegera mungkin.

  • Cara mengobati heartburn adalah dengan meminum antasida dan obat resep dokter lainnya. Antasida adalah obat yang berfungsi untuk menetralisir asam lambung dan mengatasi penyakit maag. Antasida bersifat basa, sehingga dapat dengan segera menetralisir keasaman dan mengurangi sekresi asam lambung yang berlebihan. Merek antasida yang biasa Anda temukan antara lain: Alka-Seltzer, Pepto-Bismol, Rolaids, dan Mylanta.

  • Selain itu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah heartburn Anda kambuh, antara lain:

  • Hindari tidur dengan perut penuh

  • Heartburn terjadi ketika asam dari lambung merembes naik melalui otot sfingter menuju dada dan kerongkongan Anda sehingga menyebabkan rasa sesak dan terbakar. Apabila Anda langsung berbaring tidur malam setelah makan banyak, maka asam lambung Anda akan dengan cepat merembes naik ke atas menuju dada dan kerongkongan. Tunggu sekitar dua jam agar makanan dapat dicerna dengan baik sebelum Anda pergi tidur.

  • Advertisement
  • Tinggikan posisi kepala Anda ketika tidur

  • Gravitasi adalah teman Anda. Ketika posisi kepala Anda lebih tinggi daripada perut Anda, ini akan mencegah naiknya asam lambung menuju kerongkongan. Anda juga dapat memiringkan seluruh tubuh ke bawah ketika tidur untuk menurunkan asam dari kerongkongan Anda.

  • Kurangi konsumsi alkohol, kafein, dan soda

  • Minuman yang mengandung alkohol (bir, anggur, minuman keras), kafein (kopi, teh, minuman energi), dan soda menambah sekresi asam lambung. Minuman ini juga menimbulkan sensasi panas yang akan semakin menyiksa dada Anda ketika sedang terkena heartburn. Jika Anda tidak dapat berhenti total dari minuman semacam ini, setidaknya usahakan untuk menguranginya.

  • Berhentilah merokok

  • Sama halnya dengan alkohol, nikotin yang terkandung di dalam rokok menyebabkan otot sfingter berelaksasi dan mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan. Merokok juga mengurangi produksi air liur yang berfungsi untuk membersihkan asam lambung dari kerongkongan.

  • Kurangi berat badan

  • Jika Anda tidak sedang hamil, ada baiknya untuk mengurangi berat badan Anda. Sebaiknya jangan menurunkan berat badan secara drastis, namun lakukanlah perlahan tapi pasti. Kelebihan lemak perut dapat menekan esophageal sphincter (cincin otot yang terletak di antara kerongkongan bawah dan lambung) sehingga mengakibatkan asam lambung merembes naik menuju kerongkongan.

  • Selain itu, baju ketat juga menekan perut Anda sehingga mendorong asam lambung naik ke kerongkongan. Sementara Anda berusaha menurunkan berat badan, hindari menggunakan ikat pinggang dan pakaian yang terlalu ketat.

  • Kurangi konsumsi makanan pemicu heartburn

  • Apa saja makanan pemicu heartburn? Segala buah yang mengandung asam (vitamin C) perlu dihindari untuk sementara ini, misalnya jeruk, lemon, mangga, dan tomat. Selain itu, bahan makanan yang menimbulkan sensasi panas juga perlu dikurangi ketika Anda sedang mengalami heartburn, misalnya bawang merah, bawang putih, lada, dan cabai. Hindari juga mengonsumsi makanan berlemak, seperti makanan yang digoreng, daging merah, kacang-kacangan, keju, mentega dan coklat, karena makanan berlemak cenderung menumpuk di perut dan menyebabkan sensasi panas di saluran pencernaan Anda.

  • Susu rendah lemak adalah pilihan aman ketika Anda sedang mengalami heartburn. Selain itu, permen karet bebas mint dan gula juga dapat membantu Anda meringankan gejala heartburn dengan membantu meningkatkan produksi air liur untuk membersihkan kerongkongan dari asam lambung.

  • Advertisement
  • Konsumsi buah apel secara teratur

  • Buah apel terkenal mampu menetralisir asam lambung. Anda dapat memakannya begitu saja atau Anda dapat membuat jus apel segar. Ungkapan "An apple a day keeps the doctors away" memang sangat tepat, maka konsumsilah buah apel secara teratur untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan Anda.

Bagikan kepada teman-teman Anda!

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Tips Mengatasi Gangguan Asam Pencernaan (Heartburn)

Kebanyakan orang pernah mengalami rasa sesak dan sensasi terbakar seperti terkena serangan jantung di sekitar dada dan kerongkongan yang sering dikenal dengan sebutan heartburn atau acid reflux (asam lambung berlebih).
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr