Putri Kesayangan Ayah

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan kepada putri Anda untuk memulai percakapan dan membuat dia membuka dirinya kepada Anda.

3,689 views   |   shares
  • Seorang ayah menyesalkan hubungannya yang semakin jauh dari putrinya yang beranjak dewasa dengan berkata, "Seandainya saja saya tahu cara berbicara dengannya." Seorang ayah lainnya berkomentar tentang putri remajanya, "Sekarang kami tidak berbicara sesering dahulu. Dia tidak lagi mau duduk di pangkuan saya dan saya rindu untuk memeluk gadis kecil saya." Seorang ayah menyimpulkan, "Ketika mereka masih kecil, mereka sangat mencintai kita dan menganggap kita adalah pahlawannya. Ketika mereka menjadi remaja, mereka berubah menjadi putri es yang tidak sudi berbicara lama-lama dengan kita." Pengalaman para ayah ini sangat umum terjadi dalam hubungan seorang ayah dan anak perempuannya.

  • Satu cara untuk membalikkan tren menyedihkan ini adalah untuk terus berusaha terhubung dengan putri Anda. Anda harus mencari tahu cara-cara agar dia mau membuka diri tentang kehidupannya, kekhawatirannya dan cita-citanya untuk menjembatani hubungan Anda berdua. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan kepada putri Anda untuk memulai percakapan dan membuat dia membuka dirinya kepada Anda.

  • 1. "Apa kabar?"

  • Pertanyaan ini akan membuka pintu percakapan dengan putri Anda. Mudah-mudahan saja dia tidak menanggapi dengan jawaban singkat, "Baik." Jika dia menjawab dengan singkat, jangan menyerah. Ajukan pertanyaan tambahan seperti, "Bagaimana sekolah hari ini?" atau "Apa yang kamu lakukan di sekolah tadi?" Mengajukan pertanyaan yang bersifat umum seperti ini adalah pembuka percakapan yang baik.

  • 2. "Bagaimana kehidupan percintaanmu?"

  • Mungkin ini adalah pertanyaan yang agak memalukan untuk diajukan oleh seorang ayah. Putri Anda juga akan merasa kaget mendengarnya. Namun, ini adalah pertanyaan penting dan mungkin dia sudah lama ingin curhat tentang kehidupan percintaannya dengan Anda. Lagi pula, Anda adalah seorang lelaki dan Anda pasti punya pemikiran tentang cara kaum pria berpikir yang mungkin saja dia butuhkan. Anda juga adalah sosok pelindung bagi putri Anda, jadi memang sudah kewajiban Anda untuk memastikan bahwa putri Anda tidak menerima perlakuan semena-mena dari teman-teman prianya. Apabila putri Anda belum memiliki kekasih, Anda dapat meyakinkannya bahwa dia adalah seorang gadis muda yang cantik dan menarik dan dia hanya harus bersabar dan menjaga kemurnian dirinya untuk pria yang layak menjadi pasangan hidupnya kelak.

  • 3. "Apa cita-citamu?"

  • Anak perempuan mungkin merasa bingung dengan apa yang dunia harapkan dari mereka. Mereka tahu bahwa pendidikan adalah penting bagi masa depan mereka, tetapi mereka juga menghadapi pengaruh dari teman-teman mereka untuk mengutamakan hal-hal duniawi (misalnya berpenampilan modis dan bergaul dengan orang-orang populer) atau tekanan dari masyarakat untuk mencari pasangan hidup. Membahas cita-cita mereka, baik jangka pendek maupun jangka panjang, dapat membantu putri Anda berpikir jernih dan tetap fokus pada apa yang dia inginkan untuk dirinya sendiri. Anda juga dapat memberi masukan kepadanya untuk menanggapi tekanan dan pengaruh dari luar dan menentukan cita-cita mana yang harus diprioritaskan dan bagaimana cara mencapainya.

  • Advertisement
  • 4. "Apa yang telah Ayah lakukan yang membuat kamu malu?"

  • Ini adalah pertanyaan penting terutama apabila Anda memperhatikan bahwa putri Anda merasa canggung atau malu ketika sedang bersama dengan Anda di depan umum. Memulai percakapan ini memang tidak menyenangkan bagi Anda, tetapi ini dapat memberikan peluang bagi putri Anda untuk mengemukakan pendapatnya tentang Anda. Anda kemudian dapat menyikapinya dengan positif dan memperbaiki hal-hal yang Anda lakukan yang memalukan menurut putri Anda.

  • 5. "Apa keputusan terbaik yang pernah kamu buat?"

  • Jawaban atas pertanyaan ini akan sedikit banyak menunjukkan tingkat kematangan putri Anda. Membahas tentang cara membuat keputusan yang baik adalah salah satu tugas utama orang tua. Anda dapat mengajarkan putri Anda cara mempertimbangkan pilihan-pilihan hidup yang tersedia baginya dan konsekuensi dari setiap pilihan tersebut.

  • 6. "Jika kamu memiliki banyak uang, apa yang akan kamu lakukan?"

  • Ini adalah pertanyaan pengandaian yang terkesan main-main tetapi sebenarnya sangat mendalam. Jawaban atas pertanyaan ini akan menunjukkan apa prioritas hidup putri Anda. Apakah dia akan menjawabnya dengan menghambur-hamburkan uang dengan berbelanja atau menabung untuk bisa pergi kuliah? Bantulah putri Anda untuk belajar membuat keputusan keuangan secara bijaksana sedini mungkin.

  • 7. "Apakah kamu tahu bahwa Ayah sangat mengasihimu?"

  • Para ayah sering kali kesulitan menyatakan rasa sayangnya kepada anak-anaknya, padahal putri Anda sangat ingin mendengarkan ungkapan rasa sayang Anda kepadanya. Pertanyaan ini mungkin akan ditanggapi dengan jawaban pasti, "Iya, Ayah!" atau mungkin juga, "Saya tidak begitu yakin lagi, Ayah." Perhatikan jawaban putri Anda dan bahaslah hubungan Anda berdua serta tunjukkan betapa pentingnya dia dalam kehidupan Anda.

Luangkan waktu sejenak dan bagikan!

Natalia Sagita is a mother, a professional translator and editor, a teacher, and an International Relations student in Jakarta, Indonesia.

Putri Kesayangan Ayah

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda ajukan kepada putri Anda untuk memulai percakapan dan membuat dia membuka dirinya kepada Anda.
Advertisement
Beritahu kami opini Anda
 

Terima kasih telah berlangganan. Silakan nikmati artikel-artikel terbaru kami

tumblr